ASMA’ SURYANI

ASMA’ SURYANI

Beberapa minggu terakhir ini saya sering mendapatkan konsultasi tentang Wafaq dan Rajah. Salah satunya mengenai Rajah Asma’ Suryani. Dalam tulisan kali ini saya hendak menerangkan Asma’ Suryani dari sudut pandang yang berbeda dengan web atau blog lain. Tanpa bermaksud menyalahkan siapapun, dan tanpa bermaksud merasa benar sendiri. Tulisan ini dimaksudkan untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai Asma’ Suryani.

Apa itu Asma’ Suryani?

Yang dimaksud Asma’ Suryani adalah nama-nama Allah yang berbahasa Suryani. Yaitu bahasa kuno yang pada jaman dahulu pernah digunakan di Timur Tengah (Suriah dan sekitarnya). Di jaman Rasulullah saw bahasa ini masih dipakai di masyarakat, oleh sebab itu Rasulullah saw memerintahkan sekretarisnya (Zayd ibn Tsabit) untuk mempelajari bahasa Suryani.

Bagi para ahli ilmu hikmah sejati, tentu sudah tidak asing dengan Asma’-asma’ Suryani, atau lebih tepatnya Asma’ Suryaniyah. Mengapa demikian? karena hampir semua ahli ilmu hikmah pasti pernah mempelajari Kitab Mamba Ushul Hikmah, dimana didalam kitab inilah yang membabar tentang Asma’-asma’ Suryani.

Ilmu Asma’ Suryani di Google

Apabila kita searching di Google, ketik ILMU ASMA’ SURYANI ternyata yang muncul adalah amalan ilmu yang lafadznya berbunyi : “wamang kana wa innahu akau tau tau kausi wa kana Rasulihih akau tau tau tin tusidan ada yang menambahkan versi ini-itu.

Kemudian ilmu ini dinisbahkan kepada Pangeran Diponegoro, seorang pejuang dari Jawa (Jogjakarta) pada tahun 1825 M. Wallahu a’lam, saya tidak bisa menilai sanad tersebut benar atau salah, tetapi sepengetahuan saya tidak ada lafadz Asma’ Suryani yang berbunyi seperti itu dalam kitab-kitab klasik (CMIIW). Asma’ Suryani yang saya pelajari (tahun 1999) dan saya amalkan selama ini tidak berbunyi seperti itu. Akan saya jelaskan dalam tulisan dibawah ini.

Asma’ Suryaniyah Asli

Asli dalam artian merujuk kepada kitab klasik peninggalan para Hukama jaman dulu, bukan sekedar konon katanya. Ada beberapa amalan Ilmu Hikmah terkenal yang memakai Asma’ Suryaniyah, antara lain : Asma’ Barhatiyah (birhatin), Asma’ Qomar dan Asma’ Jaljalut. Bunyinya Asma’ Suryaninya : Ahuujin (Maha Esa), Jallajalyutin (Maha Indah ciptaanNya), Jaljalat (Maha Kuasa), ada lagi : Ahyan, Sarohiyan, Barhatiyah, Karirin, Tatliihin, Thauraanin, Mazjalin, Bazjalin, Tarqabin, Barhasyin, Ghalmasyin, Hauthiirin, Qalnahaudin, Barsyaanin, Kadhahiirin, Namuu syalahin, Barhayuula, Basykailakhin, Qazmazin, Anghalulaithin, Qabraatin, Ghayaahaa, Kaidahuuala, Syamkhaahir, Syamkhahiirin, Syamhaahiirin, Bikahthahuuniihin, Basyaarisyin, Thuunasyin, Syamkhaa baaruuhin. Dan seterusnya.

Itu hanya beberapa saja dari Asma’ Suryani. Masih banyak lagi lafadz Asma’ Allah dalam bahasa Suryani yang rata-rata bunyinya hampir sama / mirip seperti itu. Asma’ Suryani tersebut adalah peninggalan sejak jaman Nabi Sulaiman as, yang diwariskan kepada Ashif bin Barkiya. Asma’ yang semacam inilah Asma’ Suryani yang dulu saya pelajari dan amalkan dan akan kita bahas dalam artikel ini. Jadi BUKAN yang berlafadz “Waman kana wa … dst” itu.

Khasiat Asma’ Suryani

Syech Al Buuni telah menjabarkan khasiat-khasiat luarbiasa dari Asma’ ini. Antara lain untuk mahabbah, Kerejekian, keselamatan badan, tolak musuh, dan sebagainya. Asma’ Suryani memang wingit, berdaya magis tinggi yang dipatuhi oleh para penghuni ghaib, penakluk bangsa ruhaniyyah / makhluk halus / JIN / Khodam. Itulah mengapa Asma’ Suryaniyyah begitu populer dikalangan Ahli Ilmu Hikmah jaman dulu.

Asma’ Suryaniyyah sering sekali digunakan dalam Qosam (doa) para Hukama jaman dulu. Dalam kitab ilmu hikmah mereka, Asma’ Suryani  sering digunakan saat menaklukan Khodam-khodam ghaib dari golongan atas (tingkat Raja JIN), Ifrit, A’wan dan semua makhluk Ruhaniyyah akan tunduk patuh. Mungkin ini karena pengaruh perjanjian dari Nabi Sulaiman as, yang diberi kuasa atas para JIN. Untuk membantu hajat-hajat pengamal Asma’ ini dibidang yang tidak bertentangan dengan agama.

Saya jadi ingat, dalam budaya mistik Nusantara untuk mencari atau mengangkat harta karun dari alam ghaib membutuhkan berbagai macam jenis pusaka, mulai dari Merah Delima sampai Jenglot. Tetapi tidak demikian dengan mistik Timur Tengah, mereka tidak memakai pusaka namun mendayagunakan Asma’ Suryani.

Asma’ ini memang kategori ilmu Sepuh (Tua), tetapi untuk menguasai ilmu Asma’ Suryani tidak semudah yang dibayangkan. Tanpa bermaksud meremehkan, jika hanya untuk menaklukan JIN lokal menggunakan sugesti atau Mantra biasa pun bisa, tetapi jika yang akan ditaklukan adalah Raja JIN / Khodam berumur ribuan tahun, sebaiknya kuasai ilmu Asma’ Suryani ini.

Rajah Asma’ Suryani

Selanjutnya Syech Al Buuni menerangkan dalam kitabnya, bahwa jika Asma’ Suryani dirajah di kulit Kijang, lalu dibacakan Asma’ Suryaninya sebanyak 1000 kali, kemudian Rajah tersebut dibawa, maka seluruh khodam Asma’ Suryani akan datang dan membantu memperoleh apa yang diminta. Dan semua khodam tidak akan meninggalkan anda selama membawa Rajah tersebut.

Setelah membolak-balik kitab-kitab, sepengetahuan saya, ternyata tidak ada satu pun bentuk Rajah yang memuat semua Asma’ Suryani. Dalam kitab Mamba Ushul Hikmah sendiri, penggunaan Asma’ Suryani dalam bentuk Rajah secara terpisah-pisah per Asma’, yang disesuaikan dengan hajat (Mahabbah, Kerejekian, Kewibawaan, Penakluk musuh, Pengusir JIN, dsb). Gambar dibawah ini contoh bentuk Rajah salah satu dari Asma’ Suryaniyyah (Asma’ Jaljalut : Aajin) :

Bunyi Qosamnya : “Tawakkaluu ya khuddama hadzal ismil jaliili bihaqqihi alaikum wa thoatihi ladaikum wajlibuu wajdzibuu qolba kadza wa kadza ila…” dan seterusnya.  Dilanjutkan membaca Asma-nya 453 kali sambil diasapi. Khasiatnya untuk menundukan / menaklukan musuh.

Dan dibawah ini bentuk pola Rajah Asma’ Suryaniyah yang pernah saya buat. Setelah melewati beberapa kali eksperimen untuk menyusun bentuk Rajah dari Asma’ Suryaniyyah yang diijazahkan Syech Al Buni diatas. Saat perajahan pertama boleh dikatakan gagal. Kemudian pada minggu depannya riyadhoh lagi dan merajah lagi, tetapi belum berhasil juga. Di percobaan selanjutnya mulai bisa dipahami polanya.

Sebenarnya kesulitan / kegagalan terjadi dalam pembuatan suatu Rajah disebabkan harus membuat pola bentuk yang tepat, sesuai antara Asma’ yang akan dirajah dengan hajat tujuan. Pola / bentuk persegi, segitiga, lingkaran dan lain sebagainya memiliki maksud masing-masing. Pola ibarat seperti rumah bagi rajah. Kesulitan kedua, karena tidak adanya Qosam yang menyertainya dalam pembuatan Asma’ Suryani kubro ini. Tanpa Qosam, rajah dan wafaq tidak akan aktif. Ibarat Bola lampu tanpa aliran daya listrik, sampai kapanpun tidak akan menyala. Namun Alhamdulillah, melalui ketekunan saya diberikan petunjuk (Qosam) untuk menyelesaikan Rajah Asma Suryani Kubro ini.

rajah asma suryani asli

InsyaAllah, lain kesempatan saya akan memposting tentang cara pembuatan Rajah Asma Suryani Kubro tersebut. 

Cara Mempelajari Asmak Suryani

Yaitu dengan belajar kepada Guru yang telah mengamalkannya. Jangan sekedar mengambil dari internet, saya khawatir akan memberikan efek yang tidak bagus bagi diri anda. Saya serius mengatakannya.

Bagi anggota Pewaris Sanggar Maya Rasa Sejati ilmu Asmak Suryani ini diijazahkan setelah pewaris mencapai HARKAT Tingkat 1. Yaitu telah mengamalkan pondasi / wadah ilmu (Wirid Al Hikmah), kemudian menyelesaikan amalan Nurul Ghaibiyyah, dan Ilmu Patrap Meditasi (belajar fokus, pasrah dan hening). Dalam kondisi badan bersih lahir dan batin, diawali dengan Ruwat diri, kemudian dilanjutkan dengan proses Ijazah Asmak Suryani. Semua dilakukan dalam waktu yang berkat (baik) pula.

prosesi ijazah ilmu hikmah

Bi’idznillah, dengan melalui adab belajar ilmu hikmah yang baik seperti ini (bukan mencuri-curi), Asmak Suryani akan terasa bermanfaat dalam kehidupan para Pewaris.

 

—o0o—

Ki Umar Jogja

rasasejati.wordpress.com

 

Responses

  1. Sugeng anjing Ki guru.matur nuwun atas penjabaran yg komplit​ sekali mengenai asma Suryani

    • Salam. Semoga ada manfaatnya Kangmas. Maturnuwun

  2. Assalamualaikum, salam takdzim Ki..
    Apakah asma suryani bersifat multi fungsi seperti asma sungai rajeh?
    Dengan adanya rajah/ wafak tsb sebagai kunci booster? Maturnuwun

    • Wa alaikumsalam wrwb.
      Iya Asma’ Suryani berkhasiat multifungsi.
      Rajah bisa juga menjadi booster energi, membuka segel ghaib, penarik khodam dan lain sebagainya. Dan pada umumnya Rajah diberikan kepada murid/orang yang tidak mampu riyadhoh ilmu, jadi cukup membawa Rajahnya tanpa harus belajar ilmunya.

      • Sugeng enjing Ki Guru, Salam Takdzim
        Saya belum mengamalkannya Ki Guru, masih jalan di Alhikmah, InsyaAllah masih Istiqomah.

      • Wirid Al Hikmah itu sudah bagus. Pondasi dari segala amalan ilmu hikmah. Semakin kuat pondasinya, insyaAllah akan semakin mudah mempelajari ilmu-ilmu hikmah lainnya.

      • Berarti seperti wafak2 yg di letakkan dalam sabuk dll nggeh Ki, dan otomatis mendapatkan khasiat kaifiyahnya asma tsb dgn menyimpan wafaknya…

      • Iya begitulah salah satu fungsi Rajah & Wafaq.

      • Didawamkan setiap habis dzikir Al hikmah, atau hanya pada waktu-waktu tertentu Ki Guru?

  3. Assalamualaikum, salam takdzim Ki Guru…
    Ngapunten, apakah asma suryani ini multi fungsi seperti ASR? Dan saling bergantung/ berkaitankah asma suryani tsb dgn wafaknya..maksut saya, tidak sempurna asma tsb jika tanpa wafaknya? Maturnuwun

    • Tidak demikian. Amalan Asma’ Suryani tetap sempurna walaupun tanpa Rajahnya.

      • Maturnuwun Ki Guru…

  4. alhamdulillah penjabaran yang sangat sempurna dari ki guru…..salam takdzim ki..🙏🙏

  5. Dalam mengamalkan asma Suryani apa bisa berbarengan dengan mendawamkan keilmuan yang lainnya?

  6. Alhmadulillah, maturnuwun Ki guru….mugi dadosaken ilmu ingkang berkah lan manfaat.._/\_

    • Alhamdulillah, Kang Wanoko. Semoga bisa menjadi tambahan wawasan.

    • Tintusi apah tau tau kausi aph thou-thou kausi
      Yg bner yg mana?

  7. Assalamulaikum wr wb..
    Salam Takzim Ki Guru dan salam hormat untuk para sedulur Rasa Sejati,..
    Ijin nyimak pembabaran Asma Suryani..

  8. Assalamualaikum wrwb Ki Guru…
    Mohon maaf Ki Guru, saya ingin bertanya. Membaca penjabaran Panjenengan berarti ada 2 fersi asma suryani, dan arti dari sebagian kalimat asma suryani kayak ada kemiripan dengan ismul a’dzom. Yang saya tanyakan :
    1. Apakah berarti asma suryani itu sejenis ismul a’dzom (cuma menggunakan bahasa suryani) Ki?
    2. Dari 2 versi asma suryani itu, apakah Fadhilah dan powernya sama?
    Saya pernah mendapatkan ijazah yang versi “wamangkana…” sudah riadhoh 2x tapi belum bisa merasakan powernya…
    Demikian Ki Guru, terima kasih atas jawabannya. Wassalamu ‘alaikum wrwb.

    • Wa alaikum salam wrwb.
      Jika dicermati amalan ilmu2 hikmah apapun yang beredar di masyarakat kita memang banyak versi. Apalagi jika itu amalan yang sedang tenar, dicari banyak orang. Seperti Asma Sunge Rajeh, Hizib Maghrobi, Asma Suryani, dsb.
      1. Boleh jadi demikian. Dalam kitab2 ilmu hikmah klasik, para Hukama telah menstranslate Asma Suryani kedalam bahasa Arab dan tulisan abjad Hijaiyah.

      2. Saya tidak dapat menjawabnya. Sebab saya belum pernah mengamalkan yang itu.

      Jika merasa belum berhasil, sebaiknya dikonsultasikan dengan Guru pengijazah ilmu tersebut. Tak elok jika saya yang menjawabnya.

      • Terima kasih Ki Guru 🙏🙏🙏

  9. Salam ki guru, pewaris rasa sejati dan pengunjung blog rasa sejati… Saya mau tanya Untuk pewaris yg telah melaksanakan harkat 1, boleh langsung mengamalkan atau melalui proses ijab kabul keilmuan guru0? Terima kasih

    • Seperti adab yang sudah menjadi kebiasaan di Sanggar kita saja. Bila hendak mengamalkan mohon doa restu kepada Guru pengijazah. Siapa tahu nantinya ada saran (wejangan) dalam mengamalkannya.

      • Kalau mau belajar tentang asma suriyani apa bisa pak… Kira2 dimana alamat nya pak? Saya tinggal di aceh…

      • Ilmu Asma Suryani hanya saya ajarkan kepada para anggota Pewaris Sanggar Maya RasaSejati saja. Info selengkapnya dapat dibaca di MENU halaman PROFIL.

      • Mau bertanya… Apa bisa pak saya mendaftar menjadi anggota atau pewaris rasa sejati pak… Krn saya tertarik dgn wejangan yg bapak sampekan… Trimakasih…

      • Bisa jika memenuhi persyaratannya. Selengkapnya dapat dibaca di Menu halaman PROFIL. Atau WA no saya 085858599757

  10. Rahayu Ki umar jogja

    Alhamdulillahirobbil alamin penjabaran di atas bisa menambah wawasan kami,,,,

    Menurut sepengetahuan kami,,, asmak suryani yg di gunakan dalam keilmuan tersebut merupakan salah satu nama nama Allah,,,,
    Nama nama Allah tidak hanya yg ada dalam asmaul husna 99 itu saja, itu hanya sebagian kecil dari nama nama Allah.
    Ada 1.000 nama nama Allah, dan asmaul husna 99 adalah nama nama allah yang ada di Al Qur’an,,,, belum lagi yg ada di Kitab Taurot nabi musa 300 asmak … kitab zabur nabi dawud 300 asmak , kitab injil nabi isa 300 asmak ada 1 asmak yg di rahasiakan, dan asmak suryani termasuk di antara 1000 nama nama tersebut,,,

    Kalau asma suryani merujuk pada asmak yg di gunakan nabi sulaiman, maka kemungkinan besar asmak tersebut juga ada di kitab zabur nabi dawud, karena nabi sulaiman adalah putra nabi dawud

    Suwun

    • Leres, 👍

      • Alhamdulillahirobbil alamin

  11. Assalamualaikum ki guru, pertanyaan saya kenapa harus memakai bahasa suryani? Apa setiap bahasa mempunyai ‘energi’ juga?

    • Salam.
      Tidak ada yang mengharuskan.
      Berdoa itu boleh memakai bahasa apa saja. Orang Indonesia memanggil Allah dengan sebutan Tuhan Yang Maha Esa. Orang Jawa memanggilNYA dengan sebutan Gusti Ingkang Murbeng Dumadi, dan lain sebagainya. Begitu juga dalam bahasa Suryani pun juga ada.

      Asma’ Suryaniyah menjadi menarik sebab sudah banyak Ahli Hikmah yang menjabarkan daya faedahnya beserta tatacara pengamalannya yang diabadikan dalam kitab2 ilmu hikmah keghaiban.

      Adapun Ilmu Suryani yang berlafadz “Wamang kana… dst” saya belum menemukan literatur kitabnya / kaifiyyah / khasiatnya. Jika mengikuti literatur di mbah Google, malah jadi bingung sendiri, banyak versi dan terkesan lebih ditambah-tambahi.

  12. Alhamdulillah, salam baktos Ki Guru. Semoga Ki Guru, dan sedulur Rasa Sejati selalu ada dalam kemulyaan dan kebahagiaan. Aamiin. 🙏🙏🙏

  13. Salam rahayu Guru,

    Alhamdulillah kajian asma suryani akhirnya di babar juga, sempat beberapa pekan mbathin tentang asma ini,

    Alhamdulillah sy ucapakan terima kasih kpd Guru yg tdk pernah bosan membimbing para pewaris, semoga dgn adanya kajian ini memperkaya wawasan dan pengetahuan bg para pewaris khususnya dan para pemerhati pd umumnya, mnjd bekal dzikir sarana keselamatan lahir bathin dan mendekatkan diri kpdNYA,semoga membawa manfaat dunia wal akhirat.

    Aamiin

    Nuwun

  14. Assalamualaikum Bopo Guru salam takdzim , alhamdulillah telah bertambah wawasan tentang keilmuan berkat penjabaran yg komplit saking panjenengan , mugi dados ilmu ingkang barokah Bopo , nuwun

  15. assalamualaikum ki guru.
    al hamdulillah semakin mantep dg keilmuan RASA SEJATI.
    pembabaran Asma’ suryani yg sangat manfaat. semoga manfaat dan berkah bagi pengamalnya. amin 3x yarobbal alamin

  16. Assalamualaikum..
    Sangat jelas dan gamblang uraian tiap bab ke ilmuan RS,semoga memberi manfaat bagi pecinta ilmu dan ngelmu terkhusus bagi pewaris semua RS dan ki guru umar semoga sehat selalu dan senantiasa dalam lindungan dan anugrah Nya..

  17. Salam Ki guru Umar, semoga sehat selalu dan tambah sabar dalam menasehati dan membimbing kami

  18. Tes..
    ini yg kemarin ijazah di parangkusumo pas acara harkat ya..

    • Salam kenal kang jagoer,

      Ikut jawab,mngkin Ki Umar lg sibuk,

      yg di parang kusumo kemarin penyelarasan ASR kang.

  19. Salam ta’dzim Ki Guru…
    Penjabarannya lengkap & sangat gamblang ttg Asma Suryani..
    Insya Allah, entah kapan waktunya, saya ingin mengamalkannya dg seizin Ki Guru..
    Maturnuwun…

  20. Monggo Dilanjut diskusine

  21. asalam mu’alaikum wwk
    saya didik sulaksono malang/Tumpang/poncokusumo setelah baca artikel ..AS di atas saya sangat tertarik dan ingin belajar lagi lebih jauh lagi…
    apakah di AS ini ada tingkatanya seperti di ASR mohon petunjuk
    trims …salam rahayu

    • Wa alaikum salam wrwb.
      Setahu saya di kitab ilmu hikmah klasik tidak disebutkan adanya tingkatan Asma Suryani. Hanya saja Asma Suryani itu banyak jenisnya, seperti halnya Asmaul Husnah 99.

      Dalam Rajah Asma Suryani yang saya gambar diatas, saya tulis sekitar 30-an Asma Suryani.

  22. Assalamuallaikum ki umar…
    Salam salam rahayu.

    Ki umar kalau saya mau bergabung atau jd pewaris bagaimana caranya ?
    Untuk ijazah asmak suryani?
    Matur nuwun

    • Wa alaikum salam wrwb.
      Syarat menjadi Pewaris dapat dibaca di halaman Profil.

      1. Berumur minimal 20 th
      2. Berakal sehat
      3. Biaya Rp.1,5 juta.

      • Terima kasih Ki Umar

        Saya ucapkan juga

        تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَمنِْكُمْ صِيَامَنَا وَصِيَامَكُمْ,
        كُلُّ عَامٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ. اَللّهُمَّ اجْعَلْنَا وَإِيَّاكُمْ مِنَ العَاءِدِيْنَ وَالفَاءِزِيْنَ  وَالمَقْبُوْلِيْنَ.

        _Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1439 H_

        *Saya dan keluarga mohon maaf dhohir maupun batin*

        Insya allah saya ingin bergabung.
        Semoga Ki umar selalu diberi kesehatan.

  23. Assalamualaikum bagai mana caranya saya mau di ijazah asma Suryani dari jarak jauh.atau saya minta idzin untuk mengamalkan nya.

  24. Pengen belajar ki.
    Apakah saya bisa belajar asmak suryani ki umar,

  25. apakah harus di ijazah dulu untuk bisa mengamalkan asma suryani ustad ? dan kpan seseorang hrus mengamalkan asma suryani ? stiap habis sholatkah ? berapa kali AS dibaca. suwun

    • Sebaiknya memang ijazah dari seorang Guru yang mengamalkan Asma ini. Agar anda mendapatkan keterangan yang lengkap mengenai tatacara pengamalannya.

  26. Assalamualaikum mf kiai mau tanya kalau asma nuroniah itu apa dan dalam kitab apa terima kasih

    • Wa alaikum salam wrwb. Yang ada adalah Huruf-huruf Nuroniah. Ada di kitab Mamba Ushul Hikmah.

  27. Nyimak den

  28. Assalamualaikum Ki Guru…Bagaimana untuk saya mempelajari melalui jarak jauh.

  29. Assalamu’alaikum wr.wb ki umar..sy mau bergabung di sanggar maya rasa sejati..alamatnya jogja dimana..bgmn caranya..? Mks..Wassalamu’alaikum wr.wb.

  30. Waduh berarti saya dapat asma suryani yg palsu,bisakah saya memiliki asma suryani nya lengkap dengan rajah nya..???
    jujur,entah kenapa saya sangat tertarik dengan asma itu tp lagi2 masalah materi yg menjadi dinding besar saya..

  31. qobiltu ki

  32. Lumayan powernya panas…

  33. Asalamualaikum ustd . Saya mau nanya kalau ada nomor hp mungkin bisa di cantumkan . Terimakasih

    • Sudikah kira nya akhi memberikan lafaz ASMA SURYANI kepada saya,saya hanya untuk sebagai bahan kajian.. Terimakasih..

      Pada tanggal Min, 19 Jul 2020 05.05, RASA SEJATI menulis:

      > Zahied commented: “Asalamualaikum ustd . Saya mau nanya kalau ada nomor hp > mungkin bisa di cantumkan . Terimakasih” >

  34. Ass.mhn maaf mas saya melihat di youtube Ujang Busthomi mengijazahkan dgn lafad Waman kana dst dan terbukti di pengetesanya.mhn penjelasan.mtr nwn.

    • Wa Alaikum salam wrwb.
      Begini, saya tahu ilmu asma “Waman Kana” dst itu sudah lama sekali. Dan spiritualis era tahun 90-an pasti banyak yang tahu ilmu ini.

      Setelah saya saya pelajari, buka kitab² ilmu hikmah klasik. Hasilnya memang tidak saya temukan Asma Suryani yang bunyinya seperti itu.

      Kalau kalian ngotot mengatakan bahwa itu adalah Asma Allah yang berbahasa Suryani, lalu menyebutnya Asma Suryani, ya _monggo_ silahkan saja.

      Tapi siapkanlah sebuah jawaban jika kelak muridmu bertanya apa arti Asma tersebut??

      Jika Asma Allah : Ar Rohman artinya Yang Maha Pengasih. Ar Rohmin artinya maha penyayang/ pemurah. Lalu Asma : “Akau Tin Tusi” itu artinya apa coba?

      Oleh sebab itu saya lebih cocok jika itu disebut bukan Asma tapi Mantra Suryani (meskipun saya juga tidak yakin itu adalah bahasa Suryani).

      Saya menuliskan Artikel diatas itu untuk menambah pengetahuan, boleh saja didiskusikan agar kita menjadi lebih pandai. Itulah gunanya Blog.

      Semoga dapat dimengerti.

  35. Assalamualaikum pak…boleh bantu untuk sarannya dimana bisa mendapatkan guru yg mampu mengajarkan ilmu hikmah yg sebenarnya..
    Makasih pak,semoga sukses dan sehat selalu…🙏

  36. Assalamu alaikum ki, sya mau bertanya asma suryani jika dawamkan tanpa guru apakah berbahaya, contohnya dibaca habis melakukan sholat fardhu ?? Apakah berbahaya untuk ai pengamal sendiri ??


Silahkan Bertanya & Berdiskusi dengan Sopan :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: