AMALAN SEGALA HAJAT

Amalan

UNTUK MEMENANGKAN TENDER BISNIS, MENANG PERKARA DI PERSIDANGAN DAN MEMENUHI SEGALA KEBUTUHAN

*

Amalan berikut ini mendayagunakan fadhilah Asma Al Lathif. Dimana menurut para ulama terdahulu, wirid Asma Al Lathif secara garis besar memiliki 4 fadhilah, yaitu untuk kerejekian, keselamatan dari orang dengki & pendendam, melindungi diri dari pandangan mata orang jahat, dan pemenuh segala kebutuhan.

Tatacara :

1. Pada malam harinya bacalah “Ya Lathiif” sebanyak 16.641 X.

2. Setiap selesai 129 x, membaca ayat :

 أَلَا يَعْلَمُ مَنْ خَلَقَ وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِي

اَللَّهُمَّ اقْضِ حَاجَتِيْ مِنْ…فُلَانٍ… اِنَكَ عَلٰى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرُ

 ALAA YA’LAMU MAN KHOLAQO WAHUWAL LATHIIFUL KHOBIIRU.

ALLAAHUMMAQDI HAJATII MIN ………. (SEBUT NAMA ORANGNYA)… INNAKA ALA KULLI SYAI’ING QODIIR

Artinya : Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan atau rahasiakan); dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui?
“Ya Allah penuhilah hajatku dari si …., Engkau sungguh Mahakuasa atas segala sesuatu”

 3. InsyaAllah, jika Allah meridhoi maka kemenangan ada dipihak anda. Dari pengalaman selama ini amalan tersebut banyak terbukti nyata. Sungguh Dahsyat!!

***

Ki UmarJogja
Blog: rasasejati.wordpress.com

Responses

  1. pertaMAX

  2. Subhanallaaah … ini ada di ebook kan guru? Karena terus terang saya masih memegang petuah guru, bahwa ilmu satu di-istiqomahi akan lebih manstap daripada mengkoleksi banyak ilmu tapi hanya di-save di dalam komputer.

    Saya masih belum beranjak dari indahnya menikmati Sholawat Nuuridz Dzaat. Dan terima kasih sekali guru atas bimbingannya selama ini.

    Terima kasih,
    Satrioaji

    • Assalamu alaikum wrwb
      Yth.Mas Deri & Mas Aji

      Betul, dawamkan satu-dua ilmu saja, hal itu lebih baik daripada banyak ilmu tapi tidak ada yang betul-betul dikuasai dengan sempurna. Jangan terbuai dengan Ilmu-ilmu yang katanya “Wah”, “Dahsyat”, “Heboh” Bisa ini-itu,

      Amalan ilmu hanya merupakan sarana bagi kita untuk menumbuhkan kesadaran sejati, jalan untuk mengenali potensi diri pribadi, sarana untuk memohon pertolongan kepada sang penguasa alam semesta, sarana untuk semakin mengimani kebesaran gusti Allah. Pokoknya bukan untuk mencari khodam apalagi sekedar ingin kesaktian fisik “Ora tedhas tapak paluning pandhe sisane gurindo” (kebal). Bila niat tidak lurus maka yang terjadi malah nanti diperbudak Khodam. Hidup jadi tidak tenang, tidak tentram, gelisah, “brangasan” (emosi-an) dan tidak pernah merasa merdeka (selalu dirudung masalah).

      Maka hati-hati dalam niat dan memilih ilmu. Sebaik-baik amalan ilmu hikmah adalah yang bisa mendekatkan diri kepadaNYA. InsyaAllah Asma Al-Lathif cukup bagus untuk diamalkan, selain juga amalan Asma Allah dan Sholawat Nabi SAW.

      Semoga bermanfaat.

      • Hmmm… Benar adanya apa yang guru katakan diatas, karena saya sendiri sempat merasakan demikian…

        Tetap semangat semuanya…!!!

      • assalamualaikum,wr,wb. ky umar mohon iji mengamalkan ilmunya semoga bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain..trimaksi ky,,,,

  3. mantapz

    • assalamu’alaikum wr wb…
      ki selama ini saya slalu jd hinaan org, dicela n seolah betapa rendahnya diri saya. bahkan dlu sy pernah diperlakukan mantan pacar saya semena2, bahkan ninggalin sy dgn wanita lain.dianggap sy ga bisa apa2 tp skrg sy buktikan dgn bisa krja, slama ini sy slalu mengalah tp sy ingin kemenangan dlm hal sy bisa buktikan sy bisa mapan n ga terpuruk krn ditinggalin dia. mohon bimbingan n do’a restu sy ingin amalkan asma lathief ini supaya bermabfaat bagi khdpn masa depan dunia akhrat sy. trims.

  4. MIKUM
    WEJANGAN YANG BENAR2 SEJATI.
    MOGA YANG NGAMALIN,,,,,BERHASIL MAKSUD DAN CITA CITANYA ,,AMIN

  5. asalamuailaikum ki umar saya dari malaysia ,tidak semena-mena saya membuka blog ki,saya rasa kagum dengan ilmu yang ki turunkan.dan dengan rasa hormat saya ingin memohon keizinan untuk mengamalkan ilmu yang ada buat diri sendiri dan keluarga.saya juga jika ada rezekinya nanti insyaallah ingin mengambil pengijazah terus dari ki umar.minta keizinan yang tulus iklas dari ki umar.sekian wasallam.

  6. Salam buat Yth Bpk Guru.
    Dengan redho Allah SWT betapa Indahnya Alam ini dan sungguh sempurna kehidupan ini bila ada jalan penyelesaian / solusi permasalahan. Akan saya hafalkan dulu bacaanya / rafalanya. Saya akan maklumkan bila / kapan saya akan mempraktikanya (tentunya di bulan Syawal nanti).
    Doa saya ke hadrat Illahi untuk kesejahteraan Yth Bpk Guru Ki Umar agar terus membimbing kami semua. InsyaAllah.
    Terima kasih.

  7. ke- 8…………………

  8. Ass.Wr.Wb ki umar, mohon ijin untuk mengamalkannya ki. Semoga ki umar mendapatkan berkah dari Allah S.W.T , amin. . .

  9. assalamuk alaikum guru….

  10. asalamuaaikum ki

    saya pernah bermimpi didatangi teman saya yang jga ahli himah,di mimpi saya disuruh baca

    ALAA YA’LAMU MAN KHOLAQO WAHUWAL LATHIIFUL KHOBIIR

    saya hanya mengamalkan setelah isyak,tpi bilanganya tak tetap.
    harus dibaca brapa ali ya ki ?

  11. assalamualaikum wr wb ki ijin mengamalkan ki

  12. assalamualaikum wr wb ki ijin mengamalkan nya ya..
    jazakalllahu khoiron khatsiron…
    salam ki..

  13. Wa alaikum salam wrwb

    Kpd Yth :
    @Sheeda, @Sudinwak, @Bahtiar, @Deddy, @Neval, @Khaerul.S : Silahkan diamalkan. Teriring doa dari kami untuk kesuksesan anda semua.

    Nuwun

  14. assalamualaikum wr wb ki ijin mengamalkan nya ya..
    jazakalllahu khoiron khatsiron…
    salam ki..

  15. Wa alaikum salam wrwb

    Kpd Yth :
    @Sheeda, @Sudinwak, @Bahtiar, @Deddy, @Neval, @Khaerul.S, @Iman : Silahkan diamalkan. Teriring doa dari kami untuk kesuksesan anda semua.

    Nuwun

  16. assalamu ‘alaikum wr. wb.
    izin mendawamkan do’a dan amalan yang ada di blog ini, Ki …
    semoga bermanfaat untuk kita semua, amin.
    terima kasih,
    hormat saya..

  17. mohon ijin mengamalkan Asma Al-Lathif (4) moga bermanfaat n bawa berkah.a,iin

  18. assalamualaikum wr wb
    mohom ijin mengamalkan asma al lathif

    terima kasih
    lukman susanto

  19. Wa alaikum salam wrwb

    Kpd Yth :
    @Amin M, @Didi, @Lukman S : Silahkan diamalkan. Teriring doa restu dari kami untuk kesuksesan anda semua.

    Nuwun

  20. Ki Umar saya barusaja kehilangan barang berharga dicuri orang. Amalan apa sekiranya barang tersebut bisa kembali dan tahu pencurinya. mohon dikirim ke email saya . terima kasih

    • Salam

      Dapat dengan mengamalan bacaan S. Yasin, dibaca 7 kali ulangan lalu tutup dengan berdoa permohonan.

      Semoga barang anda lekas kembali atau diganti dengan yang lebih baik.

  21. Assalamualaikum wr wb
    Mohom izin untuk mengamalkan asma al lathif ni..

  22. assalamualaikum ki…bisa sy bagitahu sama saudara saya yg dilanda masalah supaya mengamalkan doa ini?mohon izin bagi sy dan keluarga mengamalkannya…syukran

  23. Assalamu”alaikum
    saya sangat senang menemukan blok ini, begini ki saya ini pemain poli tapi saya tidak bisa seperti kakak kelas saya yg selalu di andalkan oleh guru olahraga dalam bermain poli, itu semua karna saya tidak bisa lomcat tinggi walaupun saya sering berlatih, saya mau bertanya ki ” kalau boleh tau amalan atau puasa apa saja yg bisa membuat loncat tinggi” saya hanya ingin membuktikan bahwa saya juga bisa di andalkan
    mohon di jawab ki

  24. Ass wr Wb,

    Yth, Ki Umar.
    Mohon maaf saya mau tanya, bolehkah kalau kita sedang wirid yang membutuhkan waktu yang lama seperti wirid Yaa Latif 16.641 x tidak terus-terusan duduk bersila, kadang-kadang sambil berjalan di kamar tempat wirid atau senderan ke tembok untuk menghindari rasa pegal dan ngantuk. Karena saya dapat iJazah wirid ini dari seorang Kyai dan sekarang saya sedang mengamalkannya. Atas jawaban Ki Umar saya haturkan banyak terima kasih. Oya Ki Insya Allah kalo ada rezeki saya mau jadi pewaris.

    • Wa alaikum salam wrwb

      Boleh duduk dikursi, atau duduk bersila atau sandaran di tembok. Boleh diiringi dengan wudhu (sesekali waktu), Sebenarnya wirid panjang diijazahkan bila murid sudah kuat untuk menjalani “tapa brata” (duduk untuk semedi). Wirid asma Al Latif 16.641 memakan waktu 5 jam.

      Selamat mengamalkan.

  25. Assalamu’alaikum wr wb!
    Yth Bpk Guru Ki Umar semoga sihat sejahtera dan diberkahi kehidupan oleh Allah SWT. Saya ingin bertanya kepada Yth Bpk Guru berkaitan: (ALLAAHUMMAQDI HAJATII MIN ………. (SEBUT NAMA ORANGNYA)… INNAKA ALA KULLI SYAI’ING QODIIR). Kalau yang pemberi kontrak / tender itu adalah sebuah syarikat atau jabatan kerajaan, bagaimana ya Bpk Ki Umar? Maksudnya, boleh kah diganti dengan nama syarikat atau jabatan pada SEBUT NAMA ORANGNYA itu?
    Mohon jawapan dari Yth Bpk Guru, sebelumnya terima kasih dan saya mohon maaf kalau ada yang kurang menyenangkan pada pertanyaan saya ini.
    Wasalam.

    • Wa alaikum salam wrwb

      Jika memang hanya diketahui nama syarikat, maka boleh saja.

  26. Assalamu’alaikum Wr Wb!
    Yth Bpk Guru Ki Umar semoga dalam perlindungan Allah SWT.
    Ingin saya bertanya: semasa mewiridkan “Ya Lathiif” adakah dibolehkan untuk berhenti untuk minum air atau ke “kamar kecil” atau terus menerus diwiridkan sehingga selesai 16,641 kali?
    Sebelumnya terima kasih dan maaf kalau ada keghilafan dalam pertanyaan ini.

    • Wa alaikum salam wrwb

      Hindari makan-minum selama membaca wirid. Jika berhadast, lalu ambil wudhu lagi.
      Wirid ini memakan waktu sekitar 5 jam.

      Nuwun,

      • Assalamu’alaikum Wr Wb!
        Ribuan terima kasih atas jawaban Yth Bpk Guru Ki Umar, semakin jelas dan semakin rasa kangen pada Yth Bpk Guru. Moga Yth Bpk Guru Ki Umar sentiasa dalam rahmat Allah SWT. InsyaAllah suatu waktu saya punya rejeki dan waktu, kita akan ditemukan dengan izinNYA. InsyaAllah (Terlalu teringin untuk bertemu muka dengan Yth Bpk Guru Ki Umar)

  27. Assalammaulikum, Ki Umarm, terimaksih untuk ilmunya, malam ini saya mau amalin . mohon ijin dan doa restuya KI

  28. ass? ki mohon ijin untuk ngamalin asma latif . mhon doa restu nya

  29. assalam mualaikum
    saya boleh tau nomer telp yg bisa di hubungi ki, saya pinginn konsultasi
    terimakasih

  30. selamat malam ,keberadaan saya cukup jauh yaitu sy ada diEropa Timur suami org asing ( bule). saya mau bertanya apakah bisa membantu saya yg saat sekarang sy py masalah rumah tangga berantakan bahkan sdh putusan cerai yg sangat menyakitkan, sblm cerai suami sdh kumpul kebo dgn pacarnya, diskriminasi, suami sy menghina didepan hakim sungguh harga diri terinjak-injak,perasaan dendam dan benci campur baur krn rasa malu .dan sampai sekarang blm juga selesai masalah. sampai sy ingin balas dendam agar dia kembali merengek-rengek didepan hakim minta kembali dan minta maaf. mohon saranya dan tolong dibalas Ki Umar terima kasih
    Nyoman

  31. nyuwun agenging pangestu ki umar dherek amalken ilmu panjengan, mugi GUSTI ALLOH tansah paring kawilujengan dumateng ki Umar sekeluargo, donga pangestunipun mugi manfaat kangge gesang kulo KI Umar.

  32. Asalamualaikum. Ma’afkan saya Ki Umar jika ada nada dan ucapan yg kurang baik selama meminta izin mengamalkan amal di blog ini. Ki, saya berencana akan memberikan amalan ini kepada istri saya, sebab sekarang ini istri saya sedang memiliki hajat yg besar yaitu ingin mendapatkan pekerjaan yg diidam-idamkanya, yaitu PNS. kemudian pada saat ini saya dan istri berniat ingin membangun rumah pada bulan februari 2012(Maklum KI Umar, kami perantau. uangnya pas-pasan), agar diberikan kemudahan rezeki, izinkan istri saya dan saya mengamalkan amalan Ya Latif. selain itu juga saya meminta izin untuk mengamalakn ilmu wirid kerezekian. mohon doa dan restunya ki Umar. Teriring doa dan Al-fatiha untuk Kiumar saya panjatkan kepada Allah. dan diucapkan terimakasi.

  33. ki nama saya olihsolahudin saya asli orang sunda tapi saya di beri nama oleh orang jawa karena saya anak bungsu saya di lahirkan hanya 7 bulan yang di sebut bayi prematur, saya tidak pernah punya guru saya selalu berfikir logis saya selalu berfikir positif namun kadang berfikir negative tetang hidup saya orangnya jujur saya tau kelemahan saya maka saya ingin menghilangkan kelemahan saya, namun sulit dulu saya selalu mengaji dan berdzikir saya tidak ingin menjadi kaya raya karena saya tau saya bukan dari golongan orang kaya,saya sekarang jadi jarang ibdah setelah saya ditinggal menikah oleh kekasih saya, kekasih saya menikah dengan lelaki beristri beranak 1. saya seorang yatim kk saya sudah enggak membantu saya untuk mencari kerja bukan saya malas tetapi saya bersifat egois saya berusaha untuk mencari rezeki saya tapi saya tidak menemukannya saya hanya berfikir pantaskah saya menikah saya menangis ketika saya di beri ujian seorang wanita yang ortunya ingin saya menikah dengan wanita itu tapi saya bingung saya hanya penjaga warnet saya tidak mampu menafkahi wanita itu mohon pencerahannya ki

    • Salam

      Dari ulasan diatas anda termasuk orang yang sebenarnya dominan berpikiran negatif tentang diri sendiri :
      – saya tidak pernah punya guru
      – saya tau kelemahan saya maka saya ingin menghilangkan kelemahan saya, namun sulit
      – saya selalu mengaji dan berdzikir saya tidak ingin menjadi kaya raya karena saya tau saya bukan dari golongan orang kaya
      – saya sekarang jadi jarang ibdah setelah saya ditinggal menikah oleh kekasih saya
      – kk saya sudah enggak membantu saya untuk mencari kerja
      – bukan saya malas tetapi saya bersifat egois
      – saya berusaha untuk mencari rezeki saya tapi saya tidak menemukannya
      – pantaskah saya menikah
      – saya hanya penjaga warnet saya tidak mampu menafkahi wanita

      Semua ini negatif thingking, kata Tung Desem Waringin: orang sulit sukses disebabkan oleh pola pikirannya sendiri yang keliru dalam memandang sesuatu hal. Itulah yang menjadi penghalang kesuksesan hidup anda.

      Seharusnya :
      – Bila tidak punya guru, mengapa tidak mencari? Bila sudah ketemu, bersyukurlah berapapun ilmu yang telah anda dapatkan. Dulu saya berguru sampai ujung timur pulau Jawa, pada saat itu usia saya baru berumur 18 tahun merantau sendirian dengan uang saku hasil menabung (saya bukan dari keluarga kaya). Bagaimana dengan anda, usaha seperti apa yang sudah anda lakukan untuk menuntut ilmu???
      – Tidak yang mudah didunia ini, tapi tidak ada yang mustahil untuk dilakukan bukan?
      – Kaya raya itu bukan masalah keturunan / golongan. Setiap orang berhak kaya dan dapat meraih kekayaan, tinggal bagaimana usahanya.
      – Seharusnya niat ibadah itu LURUS karena Allah ta’ala bukan karena manusia (kekasih). Sehingga apapun yang terjadi, meskipun dunia akan kiamat tetap beribadah kepadaNYA.
      – Jangan mengharapkan bantuan orang lain, belajar mandiri itu jalan yang terbaik. Saya pribadi tidak memiliki kakak, sebagai anak pertama malah berkewajiban membantu adik-adik saya, jika saya berpikir seperti anda harus mengandalkan kakak lalu kepada siapa saya meminta pertolongan??? Berhenti merengek, Bangkit dan Mandirilah secepatnya
      – Setiap orang memiliki sifat egois, hanya kadarnya berbeda-beda. Jangan dijadikan alasan untuk berhenti berbenah diri.
      – Rejeki dapat ditemukan dimana saja. Sampah pun bisa menjadi ladang rejeki.
      – Setiap orang berhak menikah dan mendapatkan kebahagiaan, begitupula dengan anda.
      – Tetangga saya cuma tukang parkir tapi tetap bisa menafkahi 3 orang anaknya. Seharusnya anda lebih banyak bersyukur dan memiliki mental berani.

      Semoga dapat menjadi bahan renungan.

      Nuwun

  34. terimakasih banyak ki umar menjadi bahan renungan saya untuk lebih berani lagi dalam hidup sejak saya posting saya mendapatkan rekan bisnis yang mau membantu saya, forum ini sangat bermanfaat bagi saya.

  35. bisakah ki amalan ini saya gunakan untuk bersaing mendapatkan jabatan dipekerjaan??? htr nhn.

  36. assalamualaikum wr wb. sy ingin bertanya tentang :
    1. ALLAAHUMMAQDI HAJATII MIN ………. (SEBUT NAMA ORANGNYA)… INNAKA ALA KULLI SYAI’ING QODIIR. perlu tidak menyebutkan nama orangnya,jabatan, & nama perusahaan?
    2. apakah perlu sholat hajat sblm membaca amalan ini? niatnya apa ki?
    mhn maaf ki umar apabila sy bertanya agak detail. terima kasih

  37. Assalamualaikum Wr Wb…
    Punten Ki perkenalkan nama saya Siti Fauziah,lahir 15 Juli 1993.Saya dpt web ini baru hari ini sekitar jam 22.00 wib dan saya telah membaca tulisan2 dr Ki Umar dan isi nya sgt bermanfaat untuk petunjuk hidup.Saya mohon ijin ijazahnya ki,semoga bermanfaat………
    Ada yg saya mau tanyakan ki,bulan juni mendatang saya akan ikut ujian SNMPTN dan saya pilih jurusan favorite saya yaitu pendidikan sastra inggris dan pilihan ke 2 sy pilih pendidikan sosiologi di UNJ(Universitas Negeri Jakarta),tahun 2011 saya sudah ikut SNMPTN dan pd saat itu sy hnya memilih UI,tidak ada satupun yg lolos ki dan sbnernya saya sadar kalau masuk UI bukan perkara mudah karena persaingan yg cukup ketat,tp sy tahun ini mau fokus ambil UNJ saja ki.Yg sy mau tanyakan apa do’a yg hrs sy baca agar sya mendapat ketenangan hati,dimudahkan dlm ujian,dan di loloskan dlm jurusan yg sy pilih ki.Mohon maaf jika ada kesalahan kata dlm brtanya.Mohon pencerahan nya ya ki.Karena ini keadaan sulit bagi saya karena jika sy tidak masuk negeri tahun ini sy tidak di kuliahkan sm org tua sy karena alasan klo kuliah di PTS mahal biaya nya.Saya haturkan terimakasih banyak sebelumnya,hatur muwun …..

    • Salam

      Biasakanlah membaca Doa ini : “Allahuma Nawwir qulubana kamaa nawartal ardho bi nuuri syamsika abadan abadaa” selepas sholat fardhu, sebelum belajar dan sebelum tidur.

      Semoga hajat anda untuk masuk universitas negeri dapat tercapai atas ridho Allah ta’ala.

  38. Hatur muwun ki umar…..
    Saya akan mencoba mulai hari ini ki,baca do’a sbelum mulai belajar dan sebelum tidur ya ki?Itu di baca berapa kali ki?
    Mudah-mudahan ki umar sekeluarga selalu di berikan kesehatan dan perlindungan oleh Allah SWT.Al fatihah…

  39. Ass,ki apakh amalan doa ini bs diamalkn untuk ksuksesan dan klancaran dlm bisnis/usaha,apa yg hrs dsebutkan dlm doanya?

  40. As. Ki saya mau tanya, kalo bukan pewaris apa boleh pesan kitab RS. Dan berapa harganya

    • Saat ini kitab RS hanya khusus untuk Pewaris saja.

  41. Assalamualaikum, wr.wb
    ki, saya mohon ijin untuk mengcopi amalan ini untuk kami sendiri dan akan untuk diberikan kepada ayah kami,untuk kebutuhan hajatnya… mohon untuk diijinkan/ ijasahnya…
    terima kasih, wassalamualaikum

  42. Qobiltu, ijin mengamalkan asma ya latif dan asma sir, semoga berkah dan manpaat amin.

  43. Assalamu alaikum.
    Mohon izinmengamalkan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi saya dan mendapat pahala bagi ki.

  44. Qobiltu

  45. maaf ki saya mau tanya untuk menyebutkan namanya…
    itu kepada nama orang yang kaya dan dermawan/contohnya “gubernur” atau nama orang yang lagi membutuhkan/kesulitan ???

  46. Ijin mengamalkan Ki,,sy benar2 dlm kesulitan ekonomi,,kerja serabutan,buat makan pun susah,,,amalan yg mana yg cocok buat sy Ki Umar,,Nuhun

  47. Assalamualaikum ki umar..saya ibu rumah tangga umur 45 anak 5mohon ijin amalan mana yg pantas saya kerjakan mengingat kebutuhan yg begitu besar utk anak anak yg sedang mondok sedangkan suami sedang di uji dgn sepinya proyek..saya sekarang berjualan nasi utk kehidupan kami..saya ingin istiqomah dlm amalan agar Allah bukakan pintu rejeki bagi kami yg barokah..mohon bimbingannya ki umar..jazakallah khair

  48. Qobiltu.. terima kasih ki umar

  49. qobiltu

  50. Qobiltu Guru Ki Umur mohon ijin untuk mengamalkannya, mudahan bermamfaat . wassalam.

  51. qobiltu ki..mohon ijin mengamalkan..terima kasih


Silahkan Bertanya & Berdiskusi dengan Sopan :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: