ILMU HURUF

Kaidah Abjadiyyah

Untuk mempelajari huruf hijaiyah tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu huruf-hurufnya. Huruf hijaiyah terbagi menjadi 28 makhraj (pengucapan huruf). Jika selama ini kita mengenal susunan huruf Arab dari ALIF sampai YA (A-Ba-Ta-Tsa), itu adalah urutan huruf Arab yang disusun dan dikelompokkan menurut kemiripan bentuknya. Namun sebenarnya urutan huruf Arab yang sesungguhnya adalah dari ALIF sampai GHAIN (A-Ba-Ja-Dun atau disingkat ABJAD).

Perhatikan susunan huruf hijaiyah dibawah ini.

Dalam ilmu hikmah yang akan kita pelajari, tentu saja urutan huruf Hijaiyah yang dipakai adalah Susunan Abjad atau disebut juga dengan istilah Kaidah Abjadiyyah. Dimana dalam kaidah Abjadiyyah ini, setiap huruf memiliki nilai numerik (angka).

Apa itu nilai numerik?

Angka yang kita kenal sekarang yaitu angka 1, 2, 3 dan seterusnya sebenarnya dikenal belum lama oleh manusia. Sebelum ada angka-angka tersebut (1,2,3 dst) orang melakukan penghitungan berdasarkan simbol atau karakter yang merepresentasikan sebuah angka.

Pada awalnya dijumpai angka-angka yang diucapkan dan angka-angka yang disimbolkan dengan jari tangan (diindikasikan oleh posisi tangan dan jari-jari). Bahkan sampai sekarang masih ada segolongan suku di Indonesia yang masih menggunakan metode ini, misalnya cara jual beli sapi di Madura.

Selanjutnya untuk pencatatan secara permanen dan penghitungan diperlukan apa yang disebut sebagai “NUMERAL” yang merupakan sebuah simbol atau karakter yang digunakan untuk mewakili sebuah bilangan. Misalnya, dalam sistim Romawi angka “SATU” disimbolkan (ditulis) dengan huruf “I”. Angka “LIMA” disimbolkan “V”, Sepuluh=X, Limapuluh=L, Seratus=C, Limaratus=D, dan Seribu=M. Bila kita menemukan tulisan Romawi misalnya “MCMLXXV” itu maksudnya adalah angka “1975”.

Jadi Nilai numerik adalah nilai yang melekat pada huruf-huruf atau simbol. Nilai numerik dari setiap huruf Arab dapat dilihat pada table di bawah.

Jika kita memperhatikan sistem angka tersebut.

  • Angka-angka itu adalah 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan 9.
  • Maka kita perlu mengulang angka-angka itu lagi untuk menjadi 10 (puluhan), 100 (ratusan), 1000 (ribuan).
  • Misalnya, untuk membuat angka 10, kita memilih 1 dan 0 dari deretan digit tunggal (0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9).
  • Sehingga, angka 9 adalah angka digit tunggal terakhir.
  • Sistem per-angka-an normal adalah tak terbatas. Kita seringkali menyebut angka ratusan, ribuan, jutaan, milyaran, dan seterusnya. Namun tidak terdapat “satu angka besar ” yang dapat disebut sebagai angka terakhir yang setelah itu tidak ada lagi angka lain.
  • Dari sinilah angka 9 digunakan sebagai digit terakhir, tanpa ulangan.

Kaidah Abjad dan nilai numerik ini dipergunakan untuk menghitung nilai suatu nama, Asma Allah dan ayat-ayat Al-Quran. Misalnya dalam bacaan wirid-wirid Asmaul Husnah kita sering menemui jumlah angka wiridnya.

Contoh:  Asma Allah “AL KHOBIR” dibaca “Yaa KHOBIR” sebanyak 812 kali. “AL LATHIIF” dibaca  “Ya Lathiif” sebanyak 129 kali, Kalimat Basmalah dibaca 786 kali dan sebagainya. Angka-angka tersebut didapat dengan cara dihitung (hisab) dengan kaidah Abjadiyyah. Simak penjelasan berikut ini.

Cara Menghitung (Hisab) Huruf Asma Al Husna dan Ayat-ayat Suci

Misalnya: Asma AL KHOBIR :

Kata Asma AL KHOBIR dipisahkan perhuruf, yaitu: alif – lam – kho – ba – ya – ro.

Huruf alif dan lam pada AL tidak dihitung, jadi yang dihitung kata dasarnya (KHOBIR = KHO – BA – YA – RO).

Dari tabel Nilai Numerik Huruf Arab (Abjad) didapatkan:

kho nilainya = 600
ba nilainya = 2
ya nilainya = 10
ro nilainya = 200 +
Jumlahnya = 812

Contoh 2 : Asma AL LATHIIF :

Contoh Lain: Bismillahirrohmanirrohim :

Inilah rahasia bacaan Bismillahirrohmanirrohim secara masyhur dibaca 786 kali. Para ulama terdahulu menghitungnya berdasarkan Kaidah Abjadiyyah ini.

Demikianlah salah satu kegunaan dari Ilmu Huruf Kaidah Abjadiyah ini, dan tentu saja dalam ilmu hikmah, kaidah ini masih banyak aplikasi pemakaiannya, misalnya sebagai dasar ilmu menulis wafaq (rajah).

—oOo—

Ki UmarJogja
rasasejati.wordpress.com

Responses

  1. Assalaamu’alaikum Ki,
    Alhamdullilah bertambah pengetahuan saya atas penjelasan Aki diatas, terima kasih banyak, semoga Aki menjadi orang yg diRidoi Allah SWT, amiin.
    Wassalamu’alaikum.

  2. Wa alaikum salam wrwb

    Semoga ada manfaatnya untuk kita semua.

    Nuwun,

    • askum,knpa huruf alif dan lam tidak di hitung tolong diperjelaskan ,ngapunten geh………….?

      • Wa alaikum salam wrwb

        Sepertinya pertanyaan ini pernah saya jawab. Silahkan simak kembali di kolom komentar disini.

        Nuwun,

  3. Alhamdulillah atas keridoan aki yg telah dgn iklash memberikan ket mengenai kaidah abjadiyah, mudah2an menjadikan kebarokahanbagi kita semua amin

  4. ini penjelasan yang benar2 mantap… terimakasih Ki atas Ilmunya… mohon idzin untuk mengamalkan Ilmu Hikmah yang aKi iJazahkan,,,

    Jazakumullah khoiron katsiron….

    • Salam pamuji rahayu

      Silahkan amalkan ilmu-ilmu ini bila dirasa bermanfaat.
      Teriring doa dari kami untuk kesuksesan anda.

      Nuwun,

  5. Ass. mas mau tanya nilai, kalau total hisab surat Al-Faatihah berapa ya, tolong jabarkan cara menghitung seluruh ayatnya dan tolong ayat kursi juga, makasih

    • Wa alaikum salam wrwb

      Coba nanti saya bantu menghitungnya.

      Nuwun,

  6. bisa diajarkan ilmu huruf

  7. Ass,ki gimana cara menghitung kalau pengen tau hari lahirnya seseorang (naktunya).terima kasih semoga Allah merahmati ki Oemar

    • Wa alaikum salam wrwb

      Ada rumus dan tabelnya. Saya rasa telah banyak ditulis di internet, cari saja melalui Google.

      Nuwun

  8. Asslkm, mf ki, sy mau tanya…
    1. kenapa alasannya alif dan lam pd awal asma Allah pd cnth di ats tidak di ikut di hitung..?
    2. kenapa pula dlm conth hitungan basmallah diatas, pd kata arrohman dan arrohim, huruf RO nya di hitung satu, pd hal kan sabdu, mestinya RO nya di hitung dua, jd kesemua R0 dlm basmallah bernilai 800 kenapa jadi bernilai 400..sedang dlm lafaz bismillah LAM nya di tulis double, mestinya bernilai 30 saja, tp jadi bernilai 60..?
    3. bagaimana pula dgn asma Allah yaitu ALLAH, ARROHMAAN, ARROHIIM, apakah alif dan lam di awal ALLAH tidak di hitung jg, dan bagaimana jg lafaz ARROHMAAN DAN ARROHIIM nya, apakah huruf RO nya di hitung satu juga atau double..? trima kash ki, wasslm

    • Wa alaikum salam wrwb.

      1. Yang dihitung adalah kata dasarnya. Sebab dalam dzikir awalan “AL” bisa juga diganti “YA” (nida). Maka jika demikian bisa berubah-ubah Hisab-nya, oleh sebab itu yang dipakai perhitungannya adalah kata dasarnya.

      2. Yang dihitung adalah Hurufnya bukan Lafal Bacaannya.

      3. Lafal ALLAH adalah kata dasar. Memang bisa ditarik asal kata murni (“al ilah”) tetapi itu terdapat 2 suku kata, hisab juga berbeda. Tergantung yang ingin anda hisab hurufnya itu yang mana (Allah atau al-ilah).

      Nuwun,

  9. asslkm, trima ksh penjelasnya ki umar, sy yg msh awam ini, ingn blajar sedikt demi sedikt, penjelasn ki umar sangat berharga bagi sy, dpt menambah pengetahuan sy, sekali lg trima ksh bnyk ki, wasslm

  10. Assalamualaikum kang….
    paparan yang anda jelaskan diatas merupakan masih ilmu pengetahuan yang jarang sekali bahkan tidak pernah dibahas dalam ilmu-ilmu pengetahuan di perkuliahan.
    dan sangat kebetulan dalam skripsi saya ingin sekali mengangkat tema tersebut tentang makna simbolik dalam huruf-huruf hijaiyah.
    akan tetapi saya sangat merasa kekurangan dan kesulitan dalam mendapatkan refrensinya kang…
    tolongza kang dikasih tau belinya dimana? judul bukunya apa? penulisnya siapa? apabila njenengan punya refrensi tentang buku-buku yang membahas itu.
    dimohon bantuan nya kang…
    demi lancarnya saya menyelesaikan skripsi….
    wasssalamualaikum..

    • Wa alaikum salam wrwb

      Ilmu seperti ini biasanya ada di kitab-kitab klasic kuno. Monggo, silahkan kunjungi web kitabklasik.co.cc disana banyak yang mengulas ilmu kajian seperti ini. Misalnya karya Al-Buni. Anda bisa juga mengunjungi web Syekh Hisyam Kabbani.

      Nuwun,

  11. terima kasih atas ilmu yang telah anda berikan….semoga dapat bermanfaat….Amiin

  12. Tidak semua asma di hitung sesederhana contoh diatas, masih banyak asma lain yg hitungannya saya gk tau gimana kaidah ilmu hurufnya. Ki ad penjelasan gk? … 🙂

    • Salam pamuji rahayu,

      Setiap tarekat dalam tasawuf hampir memiliki metode yang berbeda-beda. Jadi bila ragu-ragu lebih baik tanyakan saja kepada pengijazah amalan dzikir tersebut. Tanyakan kepada beliau mengapa harus dibaca sekian kali dsb.
      Nuwun,

  13. bener Ki, … hihihiy tapi saya gk tau tanya siapa bis cuma baca dibuku aj Ki. jadi dari buku buku wirid asmaul husna dihitung sekian sekian, ktemu abajadun … ya hanya beberapa asmaul husna saja yg kaidahnya sesederhana itu, yg lainnya gk nyambung dengan buku itu, saya coba buku lain ya podo wae ki. Ki maaf ya saya klo bahasa saya campur aduk, maklum cirebon mah banyak yang bilang jawa murtad sunda munafik hihihihiy 😀

  14. wow terima kasih ki jadi bertambah wawasan saya terjawab sudah pertanyaan saya apa dan mengapanya

  15. assalamu alaikum , penjabaran kaidah abjadiyyahnya sangat menarik , dan begitu juga amalan- amalan yang lainnya. terima kasih atas penjelasannya ki..kalau boleh ane mohon izin untuk menyimpannya di blog ane . mudah-mudahan dapat bermamfaat buat para sedulur muslimin semua. amin .

    • Wa alaikum salam wrwb

      Segala copy mohon sertakan link blog Rasa Sejati. Mari budayakan menghargai karya orang lain apapun itu bentuknya, agar menjadi manusia yang bermatabat.

      Segala ilmu yang diamalkan tanpa ijazah dari kami, saya terlepas tanggungjawab atas segala konsekuensi ghaib, karma dunia dan perhitungan di akherat. Ikuti tatatertib semoga ilmu ini menjadi berkah dalam kehidupan anda, bukan malah membawa mudharat.

      Nuwun,

  16. Ki sepuluh thn yang lalu saya mimpi melihat huruf alif.nun (tiga kali) dan haamiiim (dua kali) .mohon pencerahannya ki.apa maksudnya

  17. Assalamu’alaikum ki Umar.
    Terima kasih ki atas ilmu nya yang sangat bermanfaat, banyak pengetahuan yang saya dapat dari tulisan ini.
    Mohon izin copy ya ki.
    Terima kasih….

  18. Assalamualaikum, wr,wb

    Hmm..jadi semakin jelas guru kalau memang dalam membuat Rajah tidak bisa sembarangan dan banyak yang harus ditentukan… Saja jadi tertarik untuk belajar ilmu Rajah Guru,, hehehe

    • Wa alaikum salam wrwb

      Sebenarnya tidak terlalu sulit, tetapi juga tidak bisa disepelekan. Bila mau belajar niscaya bisa juga. Tunggu saja, bila memang jalur kemampuan spiritual anda mengarah ke bidang ilmu huruf nanti kami kirimkan kitab Wafaq Rasa Sejati. Semoga bermanfaat.

      Nuwun

      • Hmmmm….
        Terima kasih guru, hehehe
        Btw, saudara saya Q’debleng sama R kemal jg dikasih, kami udah buat janji biar punya ilmu yg sama rata, hehehe

  19. assalamu’alaikum,saya diijazahkan guru bismillah 786 setiap habis shalat dan saya tidak tau khasiatnya. seberapa penting saya baca wirid ini?alhamdulillah numeralnya baru saya ketahui melalui web ini. saya tidak minta apa2 mohon do’a aja biar jadi orang bener.

    • Wa alaikum salam wrwb

      Teriring doa dari kami untuk kesuksesan anda.

      Amiin ya rabbal alamin.

  20. assalamualikum sedulur semua saya anggota baru disini mohon bibingannya untuk orang yg awam ini dan saya juga minta ijin untuk mengamalkan ilmu bissmillah terima kasih salam sejahtera

  21. Assalamualaikum,

    kalau pengalaman saya, bila metode hisab diterapkan pada wirid maka konsentrasi lebih banyak ke jumlah hitungan, bukan pada apa yang diwiridkan. Tapi saya yakin para sesepuh punya alasan tersendiri mengenai jumlah bacaan.
    Nah kalo wirid dengan penuh kesadaran dan keihklasan lebih condong menimbulkan “rasa”.Namun barangkali metode hisab lebih cocok bila diterapkan pada penulisan wafaq.
    Bagaimana menurut pendapat Ki Umar?
    0h iya bagaimana caranya supaya ketika wirid dengan menggunakan metode hisab, pikiran tidak disibukkan dengan jumlah hitungan?
    Maaf kalo saya salah, saya hanya murid bodoh yang sok tahu, hehe..

    Terimakasih
    Wassalam.

    • Wa alaikum salam wrwb

      Tujuan utama dalam metode hitungan wirid adalah melatih kedisiplinan. Boleh saja anda membaca wirid tanpa hitungan, tetapi bila berubah-ubah (hari ini banyak, besok sedikit dan seterusnya) hal itu tidaklah bagus. Sebaiknya diawali dari jumlah sedikit, semakin hari semakin meningkat. Atau setidaknya setiap hari hitungan tetap (konstan) sesuai hisab wirid, lalu lebih menekankan segi kualitas dzikir. Yaitu mencapai kedalaman rasa yang sejati.

      Anda jangan terjebak kepada dzikir lisan, sehingga hitungan itu dianggap mempengaruhi hati. Guru kami mengajarkan dzikir lisan itu dilafalkan sesuai dengan tuntunan ilmu saja, setelah itu dilanjutkan kepada dzikir hati atau lebih dikenal dengan istilah tafakur atau semedi (meditasi). Dzikir lisan ibarat seperti air penyiram kerasnya tanah hati. peluluh segala nafsu angkara murka, pikiran jahat dan angan-angan. Dzikir lisan itu baru pembuka pintu pertama saja. Itulah fungsi dzikir lisan. Itu belum menyentuh rasa yang sebenarnya.

      Saya bukanlah orang jenius yang bisa membagi pikiran. Dimana disaat yang bersamaan lisan berdzikir kemudian disisi lain hati menginginkan masuk kekedalaman rasa. Yang bisa dilakukan adalah setahap demi setahap. Dzikir lisan diselesaikan dulu kemudian dilanjutkan dengan dzikir hati. Dzikir lisan diselesaikan sesuai dengan jumlah wirid (hisab), atau dengan parameter kondisi jiwa (bagi yang sudah berpengalaman). Setelah itu mulai memasuki dzikir hati mencapai rasa sejati dalam kondisi raga diam. Disinilah pintu dimensi ruhani itu ada.

      Sedangkan orang awam menggambarkan dzikir itu dilakukan dengan mulut melafadzkan wirid, pikiran konsentrasi hitungan lalu disaat bersamaan mengharapkan ada sensasi rasa atau berharap tembus alam ghaib. Berhasilkah??

      Pahamilah baik-baik.

      Nuwun,

  22. Assalamu alaikum…buat ki umar jogya dan sodara semua,wabil khusus buat ki umar, saya pribadi terima ijazahnya ilmu hurup kaidah abjadiyah.semoga barokah untuk saya didunia dan akherat,semoga pengijazahan ini menjadi amaliah buat ki umar Amiiin.. Al-fatihah….wassalam.

  23. Salam ta’dzhim Ki Umar,,
    Terima kasih atas paparan ilmu hurufnya
    Smoga b’manfaat & barokah Amiin…

  24. Wa alaikum salam wrwb

    Kpd Yth:
    @Aldy, @Chepi : Semoga bermanfaat, menambah pengetahuan & wawasan kita.

    Nuwun

  25. Assalamu’alaikum,,,,,,,,,,,,Wr.Wb. wahai ikhwanul ki Umar,,,,, bgmn basmallah saya baca 786x di amalkan tiap hari ????!, saya minta pendapat anda !!!

    • Wa alaikum salam wrwb

      Boleh saja, tidak ada larangan bagi seorang hamba untuk berdzikir kepada Tuhannya.

      Nuwun,

  26. Terimaksih Ki UmarJogja, saya minta izin, tadi saya menulis nilai kaidah huruf abjad tuk saya pelajari, coz saya mau buat wifik lom tau nilai kaidah huruf ijaiyah seluruhnya,,,smga amal ibadah Ki Umar di ridhoi Allah SWT. amin

    • Selamat belajar. Semoga bermanfaat.

  27. makasih ki…….baru tahu nih

  28. assalamualaikum ki… saya minta izin untuk menulis khaidah huruf hija iyah dan ingin saya pelajari … saya mau nanya ki… saya di kasih amalan ya latif baca nya 1000 x maksudnya paedahnya tuh apa ki… mohon penjelasan… dengan segenap kerendahan hati ku haturkan terima kasih atas bimbingan yg berharga… semoga Allah meridhoi amal ibadah ki umar jogja … amin..

    • Wa alaikum salam wrwb

      Silahkan simak di halaman Asma Al Lathif.

      Semoga dapat menjawab pertanyaan anda.

  29. Salam dan jutaan terima kasih untuk Yth Bpk Guru Ki Umar, mohon untuk disalin sebagai rujukan saya Yth Bpk Guru.

  30. askum,, klo mau bikin nama dari bahasa arab ( ely ) dan ( galih ) itu pakek huruf apa aja ya ? wassalam ,, nuwun

  31. astaghfirulloh, saya baru tahu.
    terimakasih Ki Umar atas penjelasannya.

  32. aslkm..,
    kii.. sy ingin penjelasan jawaban anda di atas yakni zikir lisan dulu baru zikir hati, nah maksud ipun setelah 1 zikir misal yaa lathiif, lalu berusaha zikir hati atau setelah 129x baru zikir hati? maturswun

    • Lebih baik selesaikan hitungan dzikir barulah beranjak kepada fase zikir hati.

  33. assalamualaikum wr wb.
    mo nanya masalah memberi nama anak dengan huruf abjadiyah gimana hitungannya ki
    sekian terimasih
    wassalamualaikum wr wb

  34. Assalamu’alaikum wr wb,
    maaf ki saya mau belaja menghitung,,, hehe
    nama saya kan budiman, kalau di arabkan menjadi beberapa huruf arab yg terdiri dari Ba’ Wa’ Dun’ Ya’ Ma’ Nun’ jadi hitungannya begini ya Ki
    Ba = 2
    Wa = 6
    Dun = 4
    Ya = 10
    Ma = 40
    Nun = 50
    jumla = 112

    bener gak Ki cara saya berhitung ini,, mkasih ki sebelumnya.

  35. assalamualaikum ki…mohon ijazah nya dan terima kasih atas penjelasan nya,tp ada yg ingin saya tanyakan mengenai rujukan hadist atau alqur’an nya tentang hitungan abjad tersebut, sebab saya sering di pertanyakan dalil nya dari mana perowinya siapa,begitu ki, mohon bantuan nya ki, maaf kalau bisa kirim di malangcoy@yahoo.com se kali lg trima kasih wassalam

    • Wa alaikum salam wrwb

      Ilmu hikmah adalah hasil budaya manusia yang beragama. Termasuk ilmu abjadiyah ini. Jadi memang tidak ada hadist secara langsung dari nabi saw. Ini adalah ajaran bijak dari alim ulama terdahulu untuk memudahkan murid / santri dalam berdzikir. Dari pada bingung, dzikir tidak istiqomah atau malah cenderung menurun baik kualitas maupun kuantitas dzikirnya, kadang banyak-kadang sedikit, maka dipakailah kaidah Abjadiyah ini.

      Saya kira selama tidak menyimpang dari subtansi ajaran Rasulullah yaitu ajaran mengesakan dan mengagungkan Allah, maka cara dzikir dengan kaidah abjadiyah seperti ini boleh saja dipakai.

      Sering saya katakan: Bila anda yakin, silahkan diamalkan, Bila anda ragu maka tinggalkan. Tidak ada paksaan ataupun unsur wajib.

      Nuwun,

  36. assalamualaikum,…
    sebelumnya saya mohon maaf ,krn kelancangan meng copas tanpa permisi.
    semoga Allah menjaga,menyayangi dan memuliakan ki umar sekeluarga,
    dan mohon ijin nya untuk meng copas,artikel ilmu huruf sebagai pencerahan.
    terima kasih ,
    wassallam
    Haji.arif

    • Wa alaikum salam wrwb

      Bila sudah terlanjur, mau bagaimana lagi. Iya diikhlaskan saja, semoga ada manfaatnya bagi yang membacanya.

      Nuwun

  37. saya awam sekali tentang rajah atau apapun namanya dan saya tidak pernah mau cari tahu, tapi tatkala ada seseorang yang memiliki pengetahuan tentang itu mengatakan bahwa di belakang pundak saya ada rajah yang bertuliskan alif, sin dan titik titik. dan bertanya apakah saya pernah membuat rajah di tubuh saya,dan menyuruh saya untuk mencari tahu tentang itu, sedangkan seingat saya, saya tidak pernah membuat rajah di tubuh saya. Tolong jelaskan Ki tentang rajah tersebut apa makna dan hubungannya dengan saya kalo memang ada karena tidak kasat mata.
    Terimakasih.

    • Salam pamuji rahayu,

      Hmm…kasus yang sering saya dapati. Kalau saya lebih baik tidak perlu dipercayai, sebab anda sendiri mengatakan tidak pernah merajah tubuh. Opini seperti itu hanya membuat hidup anda sebagai orang awam hanya akan dirundung rasa penasaran yang tak berujung.

      Bila anda tertarik dengan ilmu rajah, maka pelajarilah. Kelak bila rajah ditubuh anda itu memang benar ada, niscaya anda akan mengerti. Begitulah mekanisme perjalanan menapaki dunia supranatural.

      Nuwun

  38. QOBILTU KI..

    ijin menggunakannya utk keperluan…

  39. Ya allah segala puji bagi …. terima kasih ki dengan ilmunya

  40. Assalamu’alaikum Ki Umar…
    Maaf saya mau tanya, lebih utama mana antara ijazah ilmu hikmah sama mempelajari ilmu hikmah tersebut, bila seseorang mempelajari ilmu hikmah bisa kah orang tersebut mengijazahkan ilmunya pada orng lain terutama pada keturunannya, bila pembelajaran ilmu hikmah jarak jauh apakah bisa mendapatkan hasil seperti kita datang langsung…
    dan saya mohon ijazah ilmu abjadiyah, boleh kah…

    • Wa alaikum salam wrwb

      – Antara Ijazah dan Amaliyah sama-sama pentingnya, jadi keduanya harus didapatkan.
      – Selama Guru yang mewariskan ilmu ridho, maka boleh saja kita menurunkan ilmu kepada anak cucu atau bahkan siapa saja.
      – Jarak tidak menjadi penghalang, masalah yang sebenarnya biasanya dari sisi diri pengamal sendiri (faktor internal).

      Nuwun

  41. kapan Ki Umar bisa seminar di jakarta?

    • Salam kenal yth.Suryono

      Seminar mengenai apa ya?

  42. Two thumbs for Ki sanak

  43. mohon ijin belajar dan copy paste artikelnya..

  44. hatur nuhun pisan kang informasi na,,
    mudah mudahan tiasa manfaat khusus na kanggo abdi, umum na kanggo sadayana,,
    amiiiinnnn

  45. Assalam’mualaikum Ki Umar,saya peminat baru dari blog rasa sejati ini!saya mau tanya bagaimana menjadi sebagai pewaris? dan saya menjalankan puasa untuk mendapatkan ilmu pembangkit penyembuhan, apa yg akan saya rasakan pd diri saya jika saya tlh menyelesaikan puasa tersebut? mohon bimbingannya Ki Umar terima kasih

  46. artikel yg bagus….

  47. Ki,saya kok nggak mudeng ya.kenapa harus sesuai hitungan dg amalannya,maksudnya bagaimana trus apa manfaatnya?

  48. saya minta ijin utk mempelajari ya ki.,trimakasih

  49. ass.wrwb. mohon ijin copas ki moga manfaat.amin.terimakasih

  50. Subhanallah…Alhamdulillah . . .begitu luas ilmu yg ada pda ki umar dan dgn ikhlas membeberkan serta mngjarkan kpd sdlur smua, smga ki umar snantiasa dlm rahmatNYA. . .dan ilmunya brmanfaat bg kita smua. Amin

  51. Alhamdzulillah
    Selama hidup saya, saya baru mendapatkan penjelasan selengkap ini.
    Ki Umar saya mohon ijin untuk mempelajari dan menamalkan Kaidah Abjadiyyah
    Mudah mudahan kesehatan dan keselamatan menyertai kita semua,
    Amien Yaa Robb.

  52. Salam mualaikum,

    Saya kepegin tahu ya, apakah kelebihannya huruf itu dan rahsianya.mohon jelaskan ya!

    • Syech Hisyam Kabbani pernah mengulasnya. Silahkan kunjungi situs beliau.

  53. mantap

  54. assalamualaikum
    tolong jabaran dr kajian huruf ba’

  55. angka sdh di jabarkan dng jelas..u/waktunya kayak apa ki….

  56. Assalamualaikum, wr. wb. Ki UmarJogja, saya sangat berminat untuk mempelajari “Ilmu Huruf”, apa yang harus saya persiapkan untuk bisa belajar langsung dari Ki UmarJogja, langsung email saya ya ki herm4n72@yahoo.com

    Terimakasih sebelumnya

  57. Assalaa mua’likum wbt
    Yaa ki Omar
    Nama saya Samsubahrim Bin Kasmanee Dan Isteri saya
    Salina Bte Ali.
    Bagaimana saya bolih mengamalkan dzikir seharian dengan bilangan huruf hijaiah
    Saya MOHON idzin Dan tolong ajarkan saya.
    Sekian wassalaam.

  58. Bagaimana mahu mengira nama suami Dan Isteri Dan bakinya mengikut bilangan huruf ya Dan bolih diamalkan.

  59. Assalamuallaikum wrwb.
    Saya ingin bertanya pada bapak Umar,
    1. Apa arti dari huruf hijaiyah “Lam Alif” ?
    2. Apa arti rajah huruf hijaiyah Lam Alif tersebut jika di tulis pada tubuh manusia sejak kecil, dan hanya dapat di lihat oleh orang tertentu melalui kebatinan?
    3. Apakah rajah hijaiyah itu dapat di kunci oleh dalam waktu lama dengan bacaan dan keris secara gaib? Dan jika bisa bagaimana cara mengeluarkan keris ghaib tersebut.
    Terimakasih, semoga Alloh SWT tetakan Iman dan ISLAM dalam hidup kita semua di Rublik ini. Amin YA robbal allamin.

  60. Alhamdulillah…

  61. bagaimana cara menggunakan…dan apa fungsinya..?

  62. Subhanallah….
    ternyata begitu to,saya baru tau, dzikir asmaul husna memang beda beda hitunganya
    ternyata ada maksudnya,
    terus terang saya belum pernah belajar yg kaya gini
    terimakasih banyak Guru….
    pengetahuan saya bertambah
    bisakah saya belajar ilmu rajah
    Guru ?

  63. Assalamualaikum wr.wb

    sebelummnta maaf ,aku mau tnya tentang tali roso dengan aksara jawa yang di gunakan untuk penymbuhan suatu penyakit pada tubuh manusia itu gmana dan jelaskan ?
    terimah kasih

  64. Assalamulaiakum…wr wb
    Mohon ma’af sebelumnya,
    1. Saya mau bertanya dimana saya bisa sowan Ki Umar?
    2. Apa, bagaiman, dimana saya bisa belajar muara muaranya ilmu?
    terimaksish ..

    Fuad di Sewon

    • Salam
      Apa yang hendak anda pelajari dari “muaranya ilmu”??

  65. terima kasih ki, jadi tambah pengetahuannya

  66. bagaimana menulis nilai numerik huruf latin 6487

  67. Salam…mohon amal. terima kasih

  68. Allahu Robbal’alamiin semoga hal itu menambah pengetahuan

  69. assalamualaikum wr wb,
    salam sejahtera bagi kita semua, amiin ya robbal alamin,
    semoga kita semua di kasih kesehatan lahir dan bathin serta di kuatkan iman dan islam
    salam silaturahmi pangersa sepuh, mohon maaf saya mau tanya kalau cara membuka kunci huruf hijaiyah dan mendawamkannya bagaimana ?

  70. matur nuwun ki….atas ilmunya

  71. assalaamualaikum wr.wb
    saya mo tanya kenapa hurup hijaiyah cuma 28 hurup kan ada lam’alip sama hamzah, mohon penjelasannya, terima kasih
    wassalaamualaikum wr.wb

  72. assalamualaikum..
    sy mau nanya’, huruf hijaiyah yang tidak ada di surat al fatihah itu apa saja..???
    mohon dijawab..
    wassalam

  73. sagat membantu.mudah2an di mudahkan urusan ki umar sekeluarga dunia akhirat oleh allah swt.amin

  74. asslkm…. ki mohon ijin utk meng copas artikel ki umar yg bermanfaat ini….
    terus ki saya mau nanya klo nulis 2000 keatas memakai abjadiyah ini caranya bagaimana ki?sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  75. Kyai kalo Hamzah masuk di bilangan mana Misal nama لولؤ /Luluk huruf Hamzah dihitung berapa? Syukron

  76. Assalamualaikum..Alhamdulillah terimakasih atas penjabarannya ki. Jadi bertambah pengetahuan
    Barokallah


Silahkan Bertanya & Berdiskusi dengan Sopan :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: