Kajian Ritual Pantang Nasi

KAJIAN RITUAL PANTANG NASI

 *

Ritual Lelaku Pantang Nasi biasanya dilakukan apabila seseorang hendak mencapai tingkatan kehidupan yang diinginkan, atau sedang memiliki hajat yang sangat penting, mendesak dan menginginkan keberhasilan tanpa takut gagal. Orang Jawa beranggapan perlunya sebuah lelaku prihatin bila menginginkan sesuatu agar dapat berhasil dengan baik dan selamat. Salah satu jenis lelakunya adalah ritual pantang nasi.

Pengertian ritual pantang nasi yang sebenarnya adalah ritual yang berpantangan “wohing dhamen” (hasil yang keluar dari tanaman jerami), maksudnya menghindari makanan dari padi, ketan dan gandum. Jadi selama ritual yang boleh dimakan hanyalah buah-buahan dan sayuran. Adapun tentang daging, telur dan susu (yang keluar dari hewan) dinilai tetap diperbolehkan untuk dimakan namun dalam batas yang sangat sedikit. Dan ritual ini tanpa disertai puasa, artinya boleh makan-minum kapan saja.

Hakekat ritual pantang nasi adalah pengekangan diri untuk tidak bermegah-megahan, hidup rendah hati dan bersahaja. Sebagaimana kita ketahui bahwa tanaman padi, ketan dan gandum adalah jenis tanaman yang membutuhkan pemuliaan untuk dapat panen. Mulai dari awal pembajakan tanah, pengaturan irigasi, penyemaian benih, perawatan harian & berkala sampai akhirnya pemanenan, tanaman tersebut selalu mendapatkan perlakukan khusus dan istimewa. Oleh sebab itu ritual menghindari wohing dhamen dimaksudkan agar dapat menyugestikan diri untuk lebih hidup bersahaja dan tidak berlebih-lebihan.

Dalam budaya Cina, orang Cina melakukan lelaku dengan tidak makan nasi, hanya makan bubur sebelum mencapai kesuksesan. Walaupun sebenarnya bisa jadi itu sama saja masih berbahan beras (hehe..) tapi bubur memang banyak macamnya tak hanya berasal dari beras. Pada intinya dalam ajaran budaya Jawa maupun Cina menekankan bahwa saat meniti jalan kesuksesan kita harus mampu menahan diri untuk tidak bersenang-senang secara berlebihan dan tidak mudah tergoda untuk segera “menikmati hasil”. Dalam ilmunya Robert Kiyosaki, kita tidak boleh tergoda untuk memiliki Liabilitas, sebelum Asset kita benar-benar bekerja menghasilkan kekayaan.

Demikian kajian tentang ritual pantang nasi, semoga dengan lebih memahaminya dapat meningkatkan penghayatan anda selama menjalankan ILMU SEDULUR SEJATI untuk menarik harta kekayaan. Teriring doa restu untuk kesuksesan hidup anda sekalian para sedulur RASASEJATI.

—o0o—

Ki UmarJogja
rasasejati.wordpress.com

Responses

  1. alhamdulilah…….
    terima kasih ki guru umar.wawasan sy jd bertambah.

    • Itu sih tidk ada referensix dalam Quran dan Sohih Rasulullah yang ada itu puasa… dasar pengamalan ibadah: Lakukan sesuai dengan Quran dan Sohih Rasulullah, selama tidak di Perintahkan jangan lakukan karna itu bi’dah dan bisa jadi membuat kita masuk dalam golongan orang orang kafir

      • mohon maaf, kalo menurut saya, ini bukan masuk kategori ibadah mahdoh yg harus ada tuntunannya.. hanya sekedar istiqomah untuk prihatin menjalankan suatu muamalah seperti halnya anda bekerja di pemerintahan jadi pns misalnya, ndak perlu dicari dalilnya, asal tidak haram/melanggar syariat.. hehehe..mohon maaf, sepertinya komentar anda benar tapi ndak tepat. kata orang jawa, bener tapi ra pener.. kalo kata orang kaskus, salah kamar.. silahkan pahami hakikat hidup orang jawa…kalo anda masih bilang bidah di blog ini, tolong perdalam kembali ilmu agama anda..maaf kalo tidak berkenan atas komentar saya… mohon maaf ki umar dah lancang koment di sini.. kalo ada salah mohon diluruskan…

      • Saya ndak ngerti maksudnya ini apa. Hanya dalam agama Islam juga ada yang namanya Riyadhoh (pantang makan/minum sesuatu meskipun itu halal. namun tidak mengharamkannya).

        Berikut salah satu referensi yang saya temukan (pernah saya sharing juga di group facebook sedulur sanggar rasasejati, sebagai jawaban sebuah pertanyaan puasa bathin):

        Sebuah riwayat yang disampaikan Aisyah RA perihal tersebut.

        “Dari Aisyah berkata kepada Urwah: Hai anak laki-laki saudara perempuanku, kita selama waktu dua bulan lamanya sama riyadloh tidak menyalakan api dapur.

        Kemudian Urwah menyahut: Lantas apa yang engkau sekalian makan dan demikian juga Rasulullah

        Aisyah menjawab: Yang kita makan hanya dua perkara yang hitam yaitu kurma dan air sumur tanpa dimasak dan tanpa makan daging.” (H.R.Bukhori).

        Puasa bathin/riyaadloh adalah puasa dengan menahan diri tidak memakan jenis makanan tertentu. Biasanya daging-dagingan dari hewan.

        Namun pada hakikatnya, puasa bathin adalah menahan diri dari nafsu memakan/meminum hal-hal yang umum (meskipun itu halal).

        Leluhur kita banyak mengajarkan jenis-jenis puasa bathin. Termasuk ritual puasa pantang nasi ini.

        Demikian, semoga membuka cakrawala wawasan dan bermanfaat untuk kita semua. Aamiin….

      • Alhamdulillah saya menemukan teman sesama muslim yg mengingatkan kesesatan melakukan amalan2 yg tidak ada tuntunan alquran dan sunnah.sungguh suatu amalan yg sia2 dan hanya akan membuat pelakunya terjatuh dlm perbuatan bidah,syirik akbar.puasa tidak makan nasi baik utk penderita diabetes dan bagi yg pgn menurunkan berat badan 🙂

  2. Guru, mohon do’a,.. Mulai malam ini saya niat mengamalkan Ilmu “sedulur sejati”.. Sengaja saya loncat guru, maksudnya supaya ‘jongjon’ / tenang. rejeki lancar akhirnya belajar ngelmu pun tidak terganggu,.. Amiiin..

    • Semoga dilimpahi manfaat Kang Mas. Aamiin… 🙂

      • aamiin ya Robbal’alamiin…

      • nah itu Guru, kang ipul gambar avatarnya kyknya bagus utk jadi logo RasaSejati,,,, 🙂

      • @Kang Mas Deri: bukankah saya sudah mengirimkan link download materi mentahannya untuk disampaikan kepada Ki Guru Umar melalui email Kang Mas beberapa hari lalu?

        belum di cek ya? 🙂

  3. Assalamualikum Wr Wb.
    Buat Yth Bpk Guru ku Ki Umar semoga dalam lindungan Allah SWT untuk terus membimbing kami semua dalam menuju jalan yang terbaik menangani kehidupan di dunia dan di akhirat.
    Mohon doa restunya Yth Bpk Guru, kerna saya akan memulai lagi ritual pantangan nasi bermula pada 13 Disember 2011 (Selasa Keliwon dan InsyaAllah akan berkahir sehingga 19 Disember 2011 (Isnin Legi).
    Terima kasih atas doa restu Yth Bpk Guru dan mohon maaf sekiranya ada tulisan yang terkhilaf.

  4. Kata Simbah Saya dulu ” Nyirik Wohing Dami Kinukus”

    • ” nyirik wohing dami kinukus ” apa’an tu khang,…”
      kok gk di jelasin,…

      • Nyirik = menghindari ( bukan syirik / menyekutukan Allah), Wohing= buah, Dami = damen / jerami / pohon padi, Kinukus (yang dikukus). Jadi artinya ya pantang makan nasi / yang terbuat dari pohon padi / jerami termasuk gandum.

  5. Sugeng Enjing Ki.
    Mugi2 Ki sekeluarga dipun Paringi kelimpahan rejeki sehat wal’afiat.
    Nyuwun pangapunten Sakderengipun Ki.

    Saya baru tadi pertama kali mengamalkan Ilmu Tarik Kekayaan.Sewaktu membaca do’anya ada yang kelupaan Ki,dan saya ulangi dari awal lagi.Apakah boleh Ki?
    Matur Sembah Nuwun

  6. salam pamuji rahayu… alhamdulillah semakin bertambah wawasan dan pengetahuan saya guru.kita nantikan kajian2 berikutnya hehe…

  7. assalamu’alaikum wr wb
    salam sejahtera utk guru dan semua keluarga besar sanggar RS

    qobiltu…ijin menyimak kajian2 yg bermanfaat ini

  8. Assalamualaikum Ki Umar..saya orang baru dalam blog ni mohon ijazah dan tunjuk ajar daripada Ki ke atas semua ilmu yang terkandung dalam blog ini..semoga memberi manfaat seadanya,insyallah…

  9. Sugeng enjing ki guru,mugi2 guru umar sekeluargo dipun paringi kesehatn dening gusti alloh,apakah kalau ktduran siang gk boleh guru?kang mas@ wahono selamat pagi,kalau saya tak betah ngantuknya jd ktiduran siangnya,jd aku batalin insaalloh mau saya ulangin bulan depan,@wahono ntar tolong di share ya pengalaman selanjutnya..

  10. assallamualaikum Ki Umar
    sugeng tetepangan kalian dhalem..
    Ki bade nyuwun perso..sakmeniko dalem lagi ngelampahi lelaku pantang nasi,sehubungan kalian ilmu tarik kekayaan,.kolowingi keleresan dalem di sukani konco jajanan bakpo,…lha lajeng nggih dalem pangan.pripun Ki ..dipun lanjut menopo dipun batalaken…ateges dhalem mboten mangertos..dhalem wastani namung beras.pripun Ki Umar..
    Nuwun

  11. assalamualaikum Bpk Umar,sbelum nya saya mohon maaf…saya ingin sekali mendapatkan kehidupan yg tentram dan sejahterah…karna itu saya mohon izin untuk menjalani wiridan yg bpk ajarkan…smoga brmanfaat bagi saya dan keluarga kecil saya,.skali lagi mohon maaf dan minta izinnya,..saya ucapkan banyak trima kasih…

  12. assalamualaikum kiumar , saya bertnya amalan mmbuka mata bathin bgaemna caranya

  13. aslkm, ki sy mo sumbang saran. mhn maaf jk kurang brkenan. bgmn jk utk pewaris disediakan alamat email khusus yg baru utk pewaris, agar bs brkonsultasi & dapat blsn lebih cpt. krn sptnya klo cm 1 almt, trlalu mnumpuk krn brcampur dg yg blm pwaris. agar pwaris tdk trlalu lama mnunggu mndpt blsn..

    • Wa alaikum salam wrwb

      Terimakasih atas usulannya. Permasalahannya saat ini adalah setiap online saya sudah harus membuka 2 alamat email sekaligus (mengecek email konsultasi di rasa.sejati.yahoo.com dan mengecek email khusus penerimaan formulir pendaftaraan pewaris). Keduanya sama-sama di yahoo, jadi harus memakai 2 browser yang berbeda.

      Tambahan pula saat ini kita sedang dalam langkah untuk berpindah domain dari wordpress ke domain pribadi (www.rasasejati.org) dan ini ada alamat email baru memakai google, Milis dan rencana memakai konsultasi via YM.

      Bila ditambah dengan mengecek koment blog, maka sekali online saya saat ini membuka 4 browser untuk menyaring & membalas koment, email dan chat. Saat ini saya belum menemukan cara yang lebih efisien. Mohon dimaklumi, masih bodoh dalam hal IT.

      Untuk layanan email Pewaris & donatur akan tetap kami prioritaskan. Bila terlewat lama, anda dapat mengirim email lagi dengan judul konfrimasi. Secepatnya kami akan membalas email anda para Pewaris.

      Saran anda tetap menjadi pertimbangan kami untuk menentukan langkah kedepan. Saya berharap dengan adanya saran seperti ini dapat meningkatkan kualitas layanan kami di Sanggar RasaSejati.

      Nuwun,

  14. sy sdh 2bln tdk mkan nasi putìh.btw ap bs mkan nasi jgung asli,mohon petnjukx..

  15. assalamualaikum ki umar..
    apa ritual ini beda dengan ngowot atau mutih ya..
    nuwun..

    • Tentu berbeda dengan Mutih. Tapi serupa dengan Ngrowot.

  16. Assalam mualaikum.ki saya pegen nuntun ilmu goib.saya lagi banyak lawan ki,bisa kah ki nolong saya.atau gasih saya ilmu goib,saya mohon ki..

  17. ki UMAR saya orang awam,mau tanya tentang “AMALAN WIRID HARIAN” setelah TAWASUL lalu baca AMALAN WIRID+ASMA’ SIRR+DOA PENUTUP kira kira bisa ga???,atau karna emang sprti itu urutannya? Karna saya pengin ngamalke ASMA’ SIRR skaligus minta ijjinn,trima kasih moga kita smua dipermudah & dalam lindungan ALLAH SWT,

  18. Assalamu’alaikum Guru…
    Apakah termasuk pantangan mengkonsumsi kelapa sawit (minyak goreng), utk menggoreng sesuatu dsb guru, masalahnya saya melihat jangjang sawit mirip jerami guru …

    • Tidak, Wohing dami hanya ditujukan untuk tanaman padi, gandum dan ketan saja.

  19. assalamualaikum wr wbr.absen dan menyimak,,,,,,,,

  20. assalamualaikum wr wb dan menyimak

  21. assalamualaikum wr wb…. guru

  22. assalamualaikum wr wb…. trmksh guru,atas bimbinganya……………….

  23. Makasih ki Umar atas ilmu wawasannya.doa da doanya.putra pemalang

  24. pengen tau…

  25. Barokallah……
    semoga dapat bermanfaat untuk kita dan semua. amin

  26. semua tuh menurut sya ad benernya emng sih tak ad dlm ajran agama islam dengan masalh puasa kyk itu.tp sebgai orng jawa kitajg harus saling menjaga kebudayan.selaen itu puasa nasi itu jg mengajarkan kita kehidupan yg lebih arif n berfikir secar bijak .krna puas itu bisa dilkukan kapn aj bukan berarti melkukan puasa semcam itu kita berbuat sirik kepada ajaran agam yg telh ditentukan.bukan sekedar menahan lapar atau haus semta tp puasa kyk itu menhan semuanya baek lahir n batin.dan merasakan gimna rsanya sebgai orng tak punya n tertidas dlm kemjuan teknologi.semoga apa yg sya ungkapkan ini bisa kalian terima wasalm.

  27. assalamuu’alaikum salam mulia untuk sedulur semuanya,khusus ki umar jogja dengan sangat saya mohon saya minta nomornya mohon ki karna saya ada perlu ki???

  28. Ki sebenarnya sy udah lama mengunjungi blog ini dan sy tertarik tuk menyimaknya sekaligus mempelajarinya,Ki sy pernah puasa mutih 3hari dan puasa ngapit,terus saya wirid sedulur papat,yang tujuanya mohon gampang rizji,gimana ki apakah lelaku sy udah benar

    • Salam

      Alangkah lebih baik bila anda konsultasikan dengan guru pemberi ijazah amalan yang anda lakukan tersebut.

      Nuwun

  29. Assalamu’alaikum wr wb.

    Maaf guru, mau tanya.
    sebenarnya yang jadi pantangan itu yang terbuat dari padi saja atau gandum dan ketan juga ikut?
    soalnya kalau penjelasan dan komentar di kolom “Ilmu Tarik Kekayaan” yang jadi pantangan itu cuma Nasi atau makanan yang terbuat dari beras(padi). gandum dan ketan tidak termasuk(itu kira2 menurut pemahaman saya).
    So, mana yang harus jadi pantangan? Padi saja, atau Gandum+ketan juga jadi pantangan?

    Sekian, mohon maaf kalau ada kata yang tidak berkenan

    Wassalamu’alaikum

    • Wa alaikum salam wrwb

      Sebenarnya dasar lelaku – tuntunan Ilmu Tarik Kekayaan mengikuti pengertian dalam Kajian diatas.
      Dalam ilmu Tarik Kekayaan hanya disebut pantang nasi, sebab pada umumnya makanan dari tanaman jerami yang biasa kita makan sehari-hari hanyalah beras (nasi). Oleh sebab itu hanya ditulis pantang nasi saja. Namun bila ingin lebih sempurna dalam menjalankan amalan pantang nasi maka lebih baik berpantangan juga ketan dan gandum, sebab termasuk dalam “wohing damen” (tanaman jerami).

      Nuwun,

  30. ass.wr.wb..ki umar..salam kenal..sy senang msh bnyk yg peduli ttg ilmu jawa,klo ndak kita siapa lg?mari kita lestarikan kabudayan jawi..yg luar biasa…byk khazanah yg tersembunyi..

  31. assalamualaikum
    KI UMAR
    sy mau tanya apakah ini tdk musyrik…….

  32. maaf ki.apa ritual tsb bener manjur.apa udah ada bukti.saya pingin mencoba ki.wasallam…

  33. wah ini cocok bagi penderit diabet, ngindari nasi gitu, jan cocoklah

  34. mohon ma’af ki umar,sya menjelajah mana2 ilmu hingga sampai ke rasa sejati dan saya membaca hingga habis tentang ajaran ilmu tarik kekayaan karna sampai sa’at ini hidup saya masih kesusahan,saya mohon tunjuk ajar aki dan mohon ijin akan menjalani ilmu tarik kekayaan moga bs bermanfa’at bagi keluarga dan orang lain yg membutuhkanya….terima kasih sebelumnya

  35. Assalamualikum Ki..
    Bisa minta tlg ki sy lg terbelit masalah keuangan….gimana keuangan say bisa cepet dapat kaya….karena sy sudah bersaha pontang panting cari kerjaan selalu gagal…tlg ki balas lewat email saja..terimakasih,
    Wassalamualaikum
    Hartini jogya

  36. asllmlkm ky..sy skarang sedang melakukan puasa pantang nasi..untuk mendapatkan ridho dr alloh supaya lancar segala usaha yg d lakukan oleh sy maupun suami sy agar terlepas dr cobaan hidup,terutama hutang yg menumpuk.mohon petunjuknya ky.weton saya jum’at legi.suami saya senin kliwon
    wassalamualaikum

  37. ass.seger kwarasan,salam knal lwt dunia maya mdh2an kta slalu dalam lindunganya,amin ki umar sahabatku sengaja sya tidak tulis guruku krana orang pinter masih banyak yg pinter sperti diatas langit mash ada langit.allmdlah sy menmukn blok ini.cuma sy bingung apa yg sy mau tanyakan trus kira2 sebaiknya saya hrus tanya apa ya? mturswun

    • ass.wr wb…..mas bambang kalau bingung mau tanya apa,…ya udah nyimak aja….berarti mas Bambang sedang tidak membutuhkan sesuatu, sedang “tidak lapar dan haus”…..disini para penanya pastilah orang orang yang sedang membutuhkan “sesuatu”…begitu mas….. Jadi monggo ndak usah bingung nggih . !!!!

  38. guru saya sudah melaksanakan pantang nasi untuk ilmu sedulur sejati kerejekian ijazah dari guru. tolong scan saya guru dimana pencapaian saya.

  39. Ki maap mau tanya klu mkn mee goreng blh kg

  40. ki umar,saya mohon ijin untuk mengamalkan doa tentang kerejekian.moga allah meridohinya,untuk ki umar semoga mendapat rahmat tuhan

  41. Saya tertarik kenjalani ilmu rasa sejati, mohon petunjuk supaya saya bisa mmenjalani dg mudah, terimakasih . . .

  42. assalamu ‘alaikum wr.wb
    salam hormat tuk ki umar
    saya mohon doa restu tuk mengamalkan ritual pantang nasi.
    alfatehah

    • Teriring doa restu dari kami untuk riyadhoh anda, semoga apa yang anda hajati mendapat ridho Allah ta’ala. Aamiin

  43. Ass…Ki Umar,
    mau tanya Ki…pd saat ritual pantang nasi..di saat pagi/siang/malam…bolehkan sambil merokok?….maaf Ki sdh trbiasa dg merokok…
    Nuwun

  44. salam ki umar, saya seorang yang suka memburu dan memancing, ada gak ilmu yang sesuai untuk diamalkan..nyuwon..

  45. mohon izin untk mengamalkan ki
    buat ppara sesepuh sedoyo,nyuwun pangestunipun

  46. Ass…. Ki Umar,
    kami mohon doa restu, kami melakukan puasa mulai besok pagi Ki umar,
    perlu juga km tanyakan ini dlm bulan Rejeb ada puasa rejeban, apa tdk salah Ki umar.. kami puasa dlm bln tersebut …… wasalam…..

  47. assalamualaikum ki umar,
    setelah saya baca roa tarik rezeki sepertinya saya tertarik, karena keadaan saya yang sangat mendesak, tapi apa saya ragu apa ini tidak menyimpang dari syariat islam? mohon penjelasannya sebelum saya melaksanakan ritual ini.
    terima kasih.
    wassalam.

  48. Assalamualaikum
    ki sya mhon restunya

  49. Assalamualaikum ki,
    nyuwun pangestu badhe ngamalaken.

  50. Assalamu’alaikum WR.WB.
    Ki guru,saya mau tanya ni,sebaiknya pada hari apakah di mulai pantang nasi?
    Skian trima kash.
    Wassalam.

    • Saya lebih suka memulai saat memasuki weton atau hari Selasa dan Kamis.

  51. assalamu’alaikum ki…! sugeng rawuh ki…. nama saya lutfaturohman saya buka warung kopi plus sate hasil buat bayar hutang bank luar negri tapi gak nyampai buat bayar hutang ki….. saya sangat ter belit hutang bank dan htang saya ada di mana mana. saya minta tolong ki…. bantu saya gimana cara menarik kekaya’an ki….. tolong aki ber welas asih sama saya. kalau saya bener bener ber hasil saya akan ke rumah aki apa yang harus saya per buat untuk menebus semua wasalam dari saya lutfaturohman jawa timur malang

  52. Assalamualaikum wrwb ki umar, semogga sehat dan selalu dalam ridho dan rahmat Allah SWT…Amin…
    ki tadi malam senen wage saya mulai menjalankan tirakat pantang wohing damen dan selesai pada hari minggu kliwon, itu bertepatan dengan neton saya,,
    mohon do’a dan restu ki umar semogga tirakat saya ini dapat ridho dari Allah SWT dan bisa tercapai semua niat baik saya ki…matur suwun dumateng ki umar,atas ijazah yang telah diberikan secara ikhlas…
    untuk kebaikan ki umar alfatihah….send…amin…

  53. Yth. Ki Umar semoga selalu dlm lindungan Allah SWT
    Mohon pencerahan untuk waktu pelaksanaan pantang nasi ( berapa lama waktu nglakoninya ) ? misal sepasar, selapan atau berapa bulan ?
    Matur Nuwun sak derengipun.

  54. assalamu’alaikum, ki umar, smg Allah senantiasa memberikan keberkahanNya, Amiin. Ki saya nanya, pd riual tarik rezeki kan tidak boleh tidur sebelum tengah malam, jika siangnya tidur bagaimana ki, apa bisa ?

  55. Assalamu’alaikum
    nanya ni, pantang nasi apakah siangnya puasa seperti puasa romadhon? Makasih

  56. Mas rahmat nabila klo anda tdk makan nasi krn mo diet tuh ini perkara yg mubah tp klo anda tdk makan krn mengamalkan ibadah yg tdk ada tuntunan dlm agama maka ini otomatis melanggar syariat agama islam sebab perkara/ibadah yg diada2kan itu sesat.

  57. Dukun umar,adakah nabi puasa nasi,gandum ?jawabannya tidak.lalu bersumber dr mana ritual puasa nasi tsb ? Nurut sy dr agama hindu,di lestarikan jg oleh penganut kejawen.lalu nrt anda bolehkan sebagai umat islam menjalankan ibadah ala hindu ?…..sungguh suatu kesesatan.

  58. Assalamualaikum wm wb….bagaimana cara untuk mendapat izin/sertpikat untuk mengamalkan ritual ini, terima kasih.
    Amalan wm wb…

  59. Assalamualaikum, Apa boleh berjimak dengan istri saat menjalankan puasa ini.. Mturnuwun…


Silahkan Bertanya & Berdiskusi dengan Sopan :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: