Kajian Rahasia Hari 2

KAJIAN RAHASIA HARI

(Bagian 2)

PASARAN

Pasaran berasal dari kata dasar “pasar”, mendapat akhiran –an. Pasaran adalah sirklus mingguan yang berjumlah 5 hari. Yaitu Legi, Paing, Pon, Wage dan Kliwon. Disebut pasaran karena sistem ini lazim dipakai untuk membagi hari buka pasar (tempat jual beli) yang berada di 5 titik tempat.

Pada jaman dahulu salah satu sistem pemerataan perekonomian rakyat diatur dengan pembagian tempat jual beli (pasar). Yang berjumlah 5 titik tempat mengikuti arah mata angin (Timur, Selatan, Barat, Utara dan Tengah). Pasar Legi berada di Timur, Pasar Pahing berada di Selatan, Pasar Pon di Barat, Pasar Wage di Utara dan Pasar Kliwon berada di pusat / tengah kota. Pasar ini buka secara bergantian, mengikuti sirklus pasaran (pancawara) tersebut.

Sedangkan dalam masyarakat Melayu Islam, tempat jual beli (pasar) disebut pekan. Dan hari pasar memakai sirklus mingguan yang berjumlah 7 hari (Senin, Selasa dst). Misalnya ada Pasar Minggu, Pasar Senen dan seterusnya. Oleh sebab itu seminggu (7 hari) dalam  bahasa Melayu disebut juga sepekan (pekan=pasar).

Dengan demikian tidaklah aneh bila penamaan hari dan pasaran seperti Senin Kliwon, Selasa Legi dan seterusnya itu hanya dikenal di Jawa saja.

Menurut kepercayaan Jawa, hitungan Pasaran yang berjumlah lima itu sejalan dengan ajaran “Sedulur papat, kalima pancer”. Empat saudara, kelimanya pusat. Ajaran ini mengandung pengertian bahwa setiap diri manusia mempunyai empat saudara. Disebut saudara sebab keberadaannya ada sejak manusia masih dalam kandungan ibu. Pancer adalah diri kita (ke-aku-an atau Ego). Juga berkaitan dengan 4 unsur anasir pembentuk raga atau jasad yaitu tanah, air, api dan udara.

Hubungan pasaran, empat unsur dan Sedulur 4 itu adalah sebagai berikut :

Pasaran Legi bertempat di Timur, Anasir (elemen) Udara, memancarkan sinar (aura) putih.
Pasaran Paing bertempat di Selatan, anasir Api, memancarkan sinar merah.
Pasaran Pon bertempat di Barat, anasir Air, memancarkan sinar kuning.
Pasaran Wage bertempat di Utara, anasir Tanah, memancarkan sinar hitam.
Pasaran Kliwon tempatnya di pusat atau di tengah, anasir Eter, memancarkan sinar manca warna.

HUB PASARAN, MATA ANGIN, ELEMEN, WARNA
WAGE
UTARA
TANAH
HITAM
PON
BARAT
AIR
KUNING
KLIWON
PANCER
ETER
MANCA WARNA
LEGI
TIMUR
UDARA
PUTIH
PAHING
SELATAN
API
MERAH

NEPTU

Neptu adalah nilai angka yang disematkan pada tiap-tiap hari dan pasaran. Neptu singkatan (jarwo dhosok) dari “geneping wetu” (penggenap keluarnya sebuah uraian), karena neptu memang digunakan untuk mewakili suatu hal dalam sebuah perhitungan (petungan).

Neptu Hari

  • Minggu neptu 5
  • Senin neptu 4
  • Selasa neptu 3
  • Rabu neptu 7
  • Kamis neptu 8
  • Jumat neptu 6
  • Sabtu neptu 9

Jumlah NEPTU HARI = 42

Bila diperhatikan dari urutan angka Neptu maka akan didapat bahwa hari JUMAT berada pada posisi tengah (PANCER). Sedangkan dalam sirklus Pasaran, KLIWON adalah PANCER.

Neptu Pasaran

  • Kliwon neptu 8
  • Legi neptu 5
  • Pahing neptu 9
  • Pon neptu 7
  • Wage neptu 4

Jumlah NEPTU PASARAN = 33

Jika neptu hari dan pasaran dijumlahkan : 42 +33 = 75.

Angka 75 ini bila dipecah :

7 = merupakan jumlah hari yang ada (7 hari)
5 = jadi jumlah pasaran 5.

Sedangkan bila kedua angka tersebut dijumlahkan maka akan ketemu jumlah bulan. 7 + 5 = 12 menjadi jumlah bulan dalam 1 tahun.

Penggabungan sirklus Hari dan Pasaran ini akan membentuk sirklus hari yang totalnya jumlahnya 35 hari. Para sesepuh Jawa banyak menggunakan neptu ini untuk berbagai macam perhitungan (petungan) nasib dan karakter.

Karakteristik HARI dan PASARAN

Menurut para sesepuh dan pinisepuh Jawa, setiap Hari dan Pasaran memiliki karakteristik tersendiri yang dipercayai berpengaruh kepada baik dan buruknya segala hal yang akan dikerjakan saat hari dan pasaran itu.

Karakteristik Hari, Pasaran dan Neptu

Arti Watak Hari dan Pasaran :

  • Lakune geni gedhe : watak baik, menggambarkan sumber kekuatan
  • Sri Kombang : watak baik, menggambarkan kemasyuran
  • Sri Agung : watak baik, menggambarkan kemuliaan
  • Gigis Wunu : watak kurang baik, menggambarkan kerugian
  • Pathol : watak buruk, menggambarkan penyakit
  • Peso : watak buruk, menggambarkan bahaya

Para sesepuh dan pinisepuh ilmu kasepuhan Jawa juga memakai karakteristik Hari dan Pasaran ini guna menentukan hari untuk mengawali suatu ritual ilmu ghaib. Bila kita mencermati hari ritual ilmu Aji kesaktian Jawa (Aji Panglimunan, Aji Brajamusti dll) akan didapati hampir semua ritual diawali pada hari yang berkarakter baik atau memakai dasar hitungan neptu. Ya, para sesepuh memang tidak sembarangan dalam memberikan tuntunan ilmu.

Jika dilihat dari tabel diatas, JUMAT LEGI adalah saat yang terbaik, karena menggambarkan sumber kekuatan (lakune geni gedhe). Itulah sebabnya masyarakat Jawa Timur, lebih memuliakan Jumat LEGI untuk keperluan mencari kesaktian. Salah satu contohnya pengijazahan Hizib Maghrobi. Dan memang Hizib ini lebih banyak berkembang di Jawa Timur.

Nah, sekarang anda mengerti alasan mengapa Hizib Maghrobi diijazahkan pada malam Jumat Legi. Jelas sekali Hizib Maghrobi adalah amalan ilmu hikmah yang berasal dari wilayah pesantren di Jawa Timur. Inilah gunanya memurnikan ajaran para Mahaguru. Agar kita dan beserta anak cucu kelak tetap bisa menelusuri asal-usul dan berbagai hal yang berkaitan dengan ilmu hikmah yang bersangkutan.

Lalu mengapa orang Jawa Tengah & Yogyakarta lebih memuliakan JUMAT KLIWON untuk mencari daya linuwih / kesaktian?

Selain hari Jumat Kliwon memiliki karakteristik baik, menggambarkan Kemasyuran (Sri Kombang). Hari Jumat sesuai angka neptu berada di Tengah (pancer). Sedangkan Pasaran letak Kliwon juga berada di tengah (pancer). Maka Jumat Kliwon adalah lambang dari diri pribadi sebagai Pancer. Sesungguhnya daya linuwih sejati memang bias dari pengenalan diri pribadi. Ingsun Sejati, Sedulur Sejati, Guru Sejati dan Sukma Sejati semuanya ada dalam diri manusia.

Begitu pula dengan hari Selasa Kliwon atau hari Anggara Kasih (Jawa Kuno) memiliki karakteristik yang baik, Sri Rahayu, melambangkan kemuliaan. Namun biasanya ritual pada hari-hari tersebut tidak dijalani dalam sehari saja, tetapi selama beberapa hari. Dengan memakai hitungan Neptu yang memiliki makna keutamaan (daya lebih).

Hari 3 NEPTU 40

Sebagaimana telah diuraiakan di atas, bahwa Hari dan Pasaran memiliki nilai angka yang disebut Neptu. Dalam khasanah ilmu kesaktian Jawa banyak amalan ritual ilmu yang mempergunakan puasa selama 40 hari. Dan bila ritual ini dirasa berat atau bersifat mendesak, misalnya keburu untuk segera digunakan. Maka para sesepuh Jawa memakai hitungan NEPTU hari dan Pasaran yang bila dijumlahkan hasilnya 40. Maka didapatlah 3 hari berturut-turut yang nilainya setara dengan 40 hari. Yaitu :

  • Selasa Kliwon + Rabu Legi + Kamis Pahing.
  • Rabu Pon + Kamis Wage + Jumat Kliwon.
  • Kamis Wage + Jumat Kliwon + Sabtu Legi.
  • Jumat Pahing + Sabtu Pon + Minggu Wage.
  • Sabtu Kliwon + Minggu Legi + Senin Pahing.

Untuk lebih jelasnya perhatikan keterangan sebagai berikut :

Jumlah Neptu Selasa (3) + Kliwon (8) = 11
Jumlah Neptu Rabu (7) + Legi (5) = 12
Jumlah Neptu Kamis (8) + Pahing (9) = 17
Jika NEPTU 3 hari berturut-turut tersebut dijumlahkan: 11 + 12 + 17 = 40

Jadi menurut para pinisepuh apabila ada amalan ilmu yang memakai ritual puasa 40 hari, dapat diringkas dengan cukup dijalankan 3 hari berturut-turut saja. Dengan syarat 3 hari tersebut memiliki jumlah Neptu 40.

***

Ki UmarJogja
rasasejati.wordpress.com

Responses

  1. salam pamuji rahayu,

    akhirnya diwedar setelah ditunggu sekian lama. monggo dipun lanjut diwedar kajian yg lainnya. nuwun

  2. Wah, bnyak ilmu yg saya dapat. Pertanyaan2 yg slama ini brnaung dikepala saya akhirnya trjawab sudah… Ayah saya sring dminta cri hari2 bæk. Saya nggak ngrti apa2 tp akhirnya tau jg dri sni… Nuwun, salam sejahtera

  3. Salam ki,wah singkat padat komplit ki.NUWUN

    • Salam pamuji rahayu,

      Kpd Yth para sedulur sedoyo : Semoga bermanfaat.
      Hehehe..Sebenarnya penjabarannya memang panjang, dan mengarah ke horoskop Jawa. Sengaja saya ringkas saja, disesuaikan dengan hal yang berkaitan ritual ilmu saja.

      Nuwun,

  4. Assalam’km wr wb..mhon ijin ngamalin asma sirr & ilmu aura yusuf..skalian mo tanya ki,yg baik puasanya dimulai hari apa ya? Sy lhr tgl 17 april 1976 weton sabtu…trimakasih ki wasalaw wrwb

  5. Asslmkm ki,, sekedar tanya.. jika pasaran memiliki letak atau posisi dalam arah mata angin mis, pasaran pon letaknya di barat. saya mw nanya apa nama hari juga memiliki letak atau posisi mata angin. Mis; hari senin berada di timur,, dsb. Nuwun

  6. Assalammu alaikum, alhamdulillah lanjutan kajian tentang hari sudah diwedar. Saya yang miskin ilmu ini selalu menunggu kajian-kajian lainnya untuk menambah pemahaman dan keyakinan. Nuwun, Ki.

    • Wa alaikum salam wrwb

      Semoga ada manfaatnya.
      InsyaAllah, mohon doa restunya.

      Nuwun,

  7. Assalamu’alaikum, Ki klo lahir jumat pon kurang bagus donk Ki? … 😦
    Mohon penjelasan Ki …
    Nwn. Wassalam

    • Wa alaikum salam wrwb

      Cocok berprofesi sebagai pedagang dan makelar.

      Nuwun,

  8. Assalamu’alaikum Ki
    Ki, saya kan transfernya selasa pahing jatuhnya pathol alias watak buruk menggambarkan penyakit. jadi gimana Ki baiknya? …
    Nwn. Wassalam:)

  9. Assalamu’alaikum Ki
    Ki, saya kan transfernya bank 30 november, selasa pahing jatuhnya pathol alias watak buruk menggambarkan penyakit. jadi gimana Ki baiknya? …
    Nwn. Wassalam:)

  10. Assalamu’alaikum Ki
    seperti pesan K Umar, tiap ilmu bersinergi. saya lihat tabel diatas bagusnya amalan 3 hari berturut turut dimulai rabu wage-kamis kliwon-jumat legi = 11+16+11 = 38, klo kombinasi yang lain mesti ada salah satu (Gigis wunu, pathol ataw peso) dari ketiga hari berturut turut tsb. . … nunggu sebulan lagi ASRnya. (Januari 2011). Ki, amalan bukan saya tunggu2 waktu pelaksanaannya, namun saya juga kerja di bandung, pinginnya kerjakan amalan ASR di Masjid Cipta Rasa Kasepuhan-Cirebon, perlu libur tiga hari ke cirebon pada waktu yang dimaksud diatas. Akhirnya saya coba mengerti kesibukan Ki Umar juga :),
    Nwn Ki Umar. Wassalam.

    • Wa alaikum salam wrwb

      Kalau dalam dunia tarekat ada yang namanya keadaan “tajried” dan “sebab”. Jadi bila anda masih ditakdirkan dalam kondisi “sebab” artinya masih harus menjalankan rutinitas keduniawian (bekerja) maka jangan dipaksakan untuk masuk keadaan “tajried” (mengurung diri untuk riyadhoh).

      Biarkan Allah yang menentukan kebaikan waktu ritual anda, maaf, sebab anda terlalu keburu nafsu.

      Nuwun,

  11. Assalamu’alaikum Ki …

    • Wa alaikum salam wrwb

      • Aslm,ki saya mau tanya,saya lahir selasa pahing,pekerjaan apa saja yang cocok buat saya ki?tolong bls ki?

  12. Ki … kemana aj. gk ad balasan ??? … dah lama banget gk pernah balas sedikitpun.

  13. saya tanya berkali kali, 5 kali gk ad balasan. klo yang lain ada balasan. sekiranya dianggap tidak berguna lagi setiap pertanyaan dari saya, ya kasih tau ki sebelumnya. biar gk sia-sia begini. Nwn.

  14. Assalamu’alaikum Ki
    maksud saya tr saya tanya sebulan sekali aj tapi dijawab ya Ki 🙂
    Mohon maaf lahir batin Ki Umar
    Wassalam.

  15. Assalamu’alaikum Ki
    Ki, saya kan transfernya selasa pahing jatuhnya pathol alias watak buruk menggambarkan penyakit. jadi gimana Ki baiknya? …
    Nwn. Wassalam:)

    • Wa alaikum salam wrwb

      Coba lihat lagi anda menerima ijazah-nya kapan?! Kami gelarkan acara DOA pengijazahan dihari Rabu Pon, Kamis Wage, Jumat Kliwon, 3 hari Neptu 40!!
      Kini ikhtiar siapa yang sia-sia jadinya??

      Nuwun,

  16. Assalamu’alaikum Ki …
    Ya Nafsu nya ad Ki, cuman keburu buru, bis saya klo ditinggal lama lama suka jadi gk jelas. dah gitu saya benar juga kata Ki, saya inget Jumat Kliwon (Ijazahnya). maksud saya klo memang ad maslah dengan waktu hari transfer ya saya Insya Allah di ulang lg transfernya. mohon maaf Ki dikejar hari Jumat legi dan dana yang tersedia. tp klo tidak ad dengan waktu transfer ya Alhamdulillah. Jadi gmn Ki? … :). Wassalam

  17. bener juga yang Ki bilang, sebab saya masih banyak masalah, curhat neh Ki, dikeluarga ruwet warisan dalam kondisi ortu saki struk dua duanya, klo pandangan saya mah, legowo aj bagi yang dah mapan kehidupannya. tp kenyataannya sebaliknya. dia yang pegang dan cenderung menguasai. saya juga ditentang nikah am janda yang saya suka, kerjaan saya juga berkaitan dengan yang ngasuh kerja yaitu kaka saya yang berseberangan baik warisan atawpun jodoh saya. jadi duit bwt nikah dari ortu, duit buat masuk kerja ditempat lainnya, emas buat seserahannya ditahan dia. dari tiga masalah itu, saya berharap silaturahmi dengan Ki dapet ilmu dengan seizin Allah ada jalan keluarnya. Jadi saya mohon maaf klo dah berkata kurang berkenan, karena saya sedih klo lama tak komunikasi dengan ki berkaitan seluruhnya diatas. terus cari wakru izin cuti selama tiga hari untuk ASR dicirebon juga agaknya belum tentu bisa dilakukan.saya senang, saya menaruh kepaercayaan akan Ki Umar. ya gitulah Ki, saya masih labil. Mohon petunjuk dari Ki Umar?! Htr Nwn.Wassalam

    • Salam pamuji rahayu,

      Mari kita awali semuanya dengan kesabaran. Semoga kita semua senantiasa dalam bimbinganNYA.

      Nuwun,

      • Terima Kasih Ki Umar atas pengertian dan petunjuknya, ya memang saya harus lebih sabar … semoga semakin hari semakin membaik. htr Nuhun teriring do’a sesama, Aaamiiin. Mtr Nwn. Wassalam 🙂

  18. Assalamu’alaikum
    Punten Ki Umar … Ki ada yang salah tangkap dari Ki Umar, maksud saya itu bukan kerjaan Ki yang sia-sia. Tapi sia2 saja klo pertanyaan saya gk dimenej dengan baik. karenanya saya bermaksud ada keteraturan waktu dalam pertannyaan saya, diantaranya sebulan sekali .. menurut Ki Umar gimana??
    Nwn. Wassalam:)

  19. assalamualaikum ki,saya mau nanya…
    saya lahir 28 desember 19886 ( minggu wage ).saya dulu waktu kecil sering dikatain bawa sial sama bapak saya,dan dulu sempat mau diadopsi ke eyang saya sebgai tolaknya,dgn alasan apa saya juga kurang tau…
    setelah saya melihat blog ini,saya sedikit mengrti dgn mksd bapak saya ngomong spti itu,krna setelah saya lihat,tgl kelahiran saya sepertinya jatuh di (gigis wunu ) dan itu brarti tidak bgtu baik ya ki…??
    emang bener ya ki apa yang dimksud bapak saya,kalo saya mlihat di pasaran begitu adanya….
    mohon petunjuknya ki….
    terimakasih sebelumnya….

    wass….

    • Wa alaikum salam wrwb

      Hmm..menurut pandangan saya, malah sebaliknya. Keberuntungan anda dimasa mendatang tidak begitu buruk. Hanya saja anda kurang dalam bakat keahlian / ketrampilan. Bila anda mau berusaha lebih keras lagi dalam kemampuan diri niscaya anda bisa lebih sukses lagi.

      Tetap semangat dan jangan mudah menyerah.

      Nuwun

  20. Terimakasih atas artikel yang mencerahkan ini. Saya tertarik untuk memahami filosofi dibalik penempatan angka neptu tertentu untuk pasaran tertentu. Maksud saya, apa asal mula atau filosofi kenapa kliwon dapat angka neptu 8 dst?

    Terimakasih sebelumnya.

  21. terima kasih ki atas nasehatnya ki….
    salam sejahtera untuk ki umar dan keluarga

  22. Ass.Wr.Wb…Ki sy mohon ijin utk mengamalkan ilmu neptu hari. Dn jika brkenan sy mohon aki utk menjelaskan khasiat dn arti dr Kliwon,Legi,Pahing,Pon,Wage. trima ksh ats penjelasn aki. Slm hortmat sy. Wslm.

  23. ass.wr.wb
    saya ditakdirkan lahir hari jumat paing,apakah berarti watak,rejeki,dan kehidupan saya buruk dan selalu dalam bahaya?Adakah cara untuk perbaikannya apabila saya dalam kondisi seperti itu? Nuwun.wassalam

    • Wa alaikum salam wrwb

      – Tidak demikian cara memahami kajian diatas.

      – Saya berkeyaninan selalu ada solusi dari setiap permasalahan hidup manusia.

      Nuwun,

  24. Ass.Wr.Wb.. Slm ta’dzim utk ki umar,smoga sehat slu. Ki sy mau tanya bagaimana cara mengetahui hitungan larangan bulan. Mohon pnjelasannya. Dgn mengucapkan bismillahirrohmaanirrohiim sy mohon ijin kpd ki umar utk mngamalkan hitungan Hari. Hatur Nuhun.. Wslm..

    • Wa alaikum salam wrwb

      Saya lebih menyakini adanya larangan dalam tanggal dan bulan adalah oleh sebab karena sejarah kejadian naas seorang tokoh atau kaum. Maka para leluhur memberi rambu-rambu pada tanggal atau bulan tersebut agar kita (sebagai anak cucu) lebih berhati-hati.

      Misalnya tanggal 5 Jumadilawal, menurut leluhur & kitab primbon merupakan hari buruk / hari larangan untuk menggelar hajat pernikahan. Pada umumnya orang mengangapnya tahayul. Padahal sebenarnya itu ada latarbelakangnya, yaitu tanggal tersebut adalah hari Bencana besar, hari dimana runtuhnya kaum Nabi Nuh as, diazab Tuhan, ditenggelamkan dengan banjir besar. Oleh sebab itu tentu tidak cocok bila dipilih untuk menggelar acara hajat pernikahan, lebih tepat dipilih sebagai hari untuk bermuhasabah kepada Tuhan. Dalam petuah leluhur ini kita dapati ada sebuah kearifan.

      Untuk menentukan hari / tanggal / bulan / tahun yang baik untuk suatu keperluan (SAAT BAIK) memang ada rumus matematikanya (menurut leluhur Jawa). Dikenal dengan istilah “Ilmu Petungan”. Hal ini banyak diulas di kitab-kitab Primbon. Atau didunia barat dikenal ilmu Horoscop. Tetapi saya pribadi memiliki cara tersendiri, bukan dengan hitungan rumus matematika (jumlah-kurang-bagi) tetapi dari pendekatan Metafisika.

      Yaitu melalui deteksi diri pribadi. Untuk mempelajarinya harus menyadari dulu tentang Misteri Jagad Besar & Jagad Kecil (“Manunggaling Bawana Ageng lan Bawana Alit”). Ulasan singkat tentang ini bisa disimak di halaman “Manusia & Alam Semesta”. Dari pemahaman itu kemudian kita akan benar-benar menyadari bahwa manusia adalah bagian dari alam. Bila sudah mencapai tingkat ini maka akan terbuka pintu dimensi pemahaman baru, muncul 5 cahaya dengan warna yang berbeda. Setiap cahaya merupakan pancaran inti kehidupan alam semesta termasuk manusia. Sebab memang manusia bagian dari alam. Apa yang ada di alam semesta ada dalam diri manusia, begitu pula sebaliknya. Disini terjadi hubungan timbal balik. Ketika hubungan timbal balik ini selaras maka efek yang ditimbulkan adalah terjadi kenyamanan, kemakmuran, kejayaan atau keberuntungan. Saat itulah disebut sebagai SAAT BAIK (bisa berupa jam, hari, tanggal, bulan atau tahun). Itulah metode yang sampai saat ini saya gunakan.

      Ulasan artikel Kajian Hari diatas sampai tahap ini (Kajian Hari 2) masih dalam tahap sebagai wawasan saja. Agar kita mengerti rahasia dibalik petuah para Guru & leluhur. Langkah selanjutnya Kajian Hari 3 adalah mulai mengenal Rahasia Alam itu sendiri. Untuk pengenalan rahasia Diri Pribadi sudah dibangun dari lelaku amalan-amalan ilmu yang meliputi wirid doa-mantra, puasa terutama Meditasi. Tapi tampaknya para sedulur disini masih sibuk mencari “khasiat” ya?? Hehehe…

      Nuwun

      • penasaran dengan kajian hari ke-3 ..:)

  25. Ki Umar, salam ta’dzim.

    Saya mengerti sekarang bagaimana harus membaca ASR atau HM yang 3 hari itu. Termasuk mengamalkan apapun ngelmu/wirid kita. Juga saya akan memulai lagi Ilmu Sholawat Nuuridz-Dzaat yang diminta ulang lagi oleh Ki Umar.

    Subhanallaah. Banyak petuah Ki Umar yang belum saya baca di blog ini saja. Ki Umar, terima kasih sekali lagi.

    Ki Umar, mohon berkenan diwedar sedikit Asma Suryani, saya hanya di-ijazahi dulu oleh Kyai saya 10 tahun lebih yang lalu, dan saya tidak tahu kegunaan secara ‘menyeluruh’ … Saya ingin sekali Ki Umar membabar ini, karena saya suka sekali tulisan Ki Umar yang begitu DINGIN / Cool.

    Semua hal dibabarkan oleh Ki Umar dengan sejuk dan menyejukkan. Sedikit tapi mengenyangkan. Ibarat nasi & lauk, mengenyangkan walaupun tidak harus 1 piring. Alhamdulillaaah.

    Wassalam,
    Satrioaji

  26. Assalamu ‘alaikum wr. wb

    ki Umar saya sudah kirimkan data diri saya dan data diri pasangan saya ke email rasa sejati untuk melengkapi data diri yg ki UMar minta.
    mohon dicek.

    teriring do’a untuk kesehatan dan kebahagiaan ki Umar sekeluarga.
    Alfatehah …sent..

    Wassalamu ‘alaikum wr.wb

  27. Assalamu ‘alaikum wr.wrb

    sudah saya kirim lagi ki data diri nya.

    Nuwun,

  28. Assalamu’alaikum Wr,Wb
    Semoga ki umar tetap sehat selalu dan dlm lindungan اَللّهُ swt,Ki umar kalau saya berpuasa naptu 40 yang dimulai Rabu pon apakah selasa sorenya saya sudah mulai puasanya.? Dan berbuka hari rabu jam brp? Mohon penjelasannya Ki,maafkan saya yang masih belum mengerti,terima kasih

    • Wa alaikum salam wrwb

      – Lebih baik mulai Selasa Sore itu anda mulai melakukan pengekangan hawa nafsu, untuk puasa orang awam malam itu masih diperbolehkan makan-minum.
      – Buka puasa seperti biasanya, selepas magrib.

      Semoga bisa dimengerti/

  29. Assalamu’alaikum Wr’Wb
    Ki saya bangga banyak pengetahuan dari para leluhur Ɣǥ sudah pelajari,Ki saya pernah mendengar seseorang berpuasa menggunakan neptu pasaran 40 seperti layaknya puasa ramadhan,tetapi tidak dimulai sore harinya diwaktu maghrib dan berbuka maghrib berikutnya yaitu 24 Jam,apakah puasa neptu 40 bisa dengan cara seperti puasa ramadhan dengan sahur jam3 pagi dan berbuka maghribnya
    Terima kasih atas perhatiannya
    Wassalamu’alaikum Wr’Wb

    • Wa alaikum salam wrwb

      Bisa saja. Tetapi inti ajaran puasa (menjaga hawanafsu) tetap dilakukan mulai dari Maghrib hingga maghrib hari berikutnya. Itu baru terhitung 1 hari 1 malam.

      Nuwun,

  30. Punten ki umar numpang nyimak +ngovi tur nuwun

  31. assalamualaikum wr wb
    KI umar saya mau tanya jika kita tonton acara tv dan juga kata orang2 yang mengatakan bahwa malam jumat kliwon itu menyeramkan.terlebih dengan acara2 di tv tiap malam jumat tentang uji nyali/keberanian .dan kebetulan malam ini malam jumat kliwon…… apakah benar begitu KI ? Mohon penjelasannya
    terima kasih

    • Wa alaikum salam wrwb

      Hehehe.. tentu saja tidak demikian. Adanya ghaib bukan untuk menakut-nakuti, seperti yang banyak disiarkan di TV (saya rasa itu contoh yang kurang mendidik). Jadi jangan mudah percaya dengan acara TV semacam itu.

      Jumat Kliwon justru dianggap malam yang cukup baik dalam pandangan filosofi Jawa, sebagaimana pembahasan dalam artikel Kajian hari ini. Karakter hari Jumat Kliwon melambangkan kemasyuran.

      Mungkin karena Jumat Kliwon adalah bagian dari rangkaian 3 hari neptu 40, maka banyak digunakan oleh para pencari kesaktian untuk melakukan ritual-ritual ilmu ghaib, maka seolah-olah malam Jumat Kliwon terasa jadi sangat kental aura mistisnya.

      Nuwun,

  32. assalamualaikum ki Umar,,,nderek ngangsu kawruh……kalau saya weton kamis wage,mungkinki Umar ada saran?matur suwun

  33. Assalkm,ki saya mau tanya,dikajian ki umar byk sekali keilmuan yang di ijazahkan dengan memakai puasa naptu 40,ada sebagian orang memulai puasa maghrib ke maghrib lagi,dan ada yang memulainya pukul 24.00 mlm,kira-kira dimana ki unar yang paling baik untuk puasa naptu 40,terima ksh

    • Yang sesuai dengan kadar kemampuan anda, lalu berniatlah untuk segera “melakoni” / menjalankannya.

  34. salam sejahtra saya mau tanya maksud dari puasa rabu malam jumat legi itu gmn trimakasih sebelumnya

    • Puasa rabu malam Jumat legi??
      Mungkin yang dimaksud adalah mencari daya Jumat Legi dengan puasa 3 hari yang dimulai pada hari Rabu-nya.

      Nuwun

  35. assalamu’alaikum ki umar . saya ingin tanya ? saya pernah menelan rajah aura metafisika dan pk susuk berlian, banyak orang bilang klo saya tu aneh , saya bingung . apakah ada khodam dlm diri saya, atas jawabannya saya haturkan terima kasih banyak wassalam

    tgl lahir saya 25 agustus 1983 ki terima kasih

  36. Asalamualaikum ki umar toek pengijazasahan nya aq baru jadi pewaris minggu kemarin sedang kan aq transfer kamis pahing,sdangkan uraian di atas kurang bgtu baik,insya ALLAH rabu p0n,kamis wage dan jumat kliwon ini pengijazahan,mungkin aq juga kan puasa ki di hari tersebut smoga tali kebatinan antar ki umar dan aq tersampaikan dan m0h0n pencerahannya dr ki umar..
    Akhirul kallam wassalammualaikum wr.wb
    hatur nuhun ki umar
    (rama)sm0ga ALLAH mengijabah doa aq ki…AMIN

    • InsyaAllah, semoga ikhtiar anda senantiasa membuahkan berkah & manfaat. Aamiin

  37. assallamu allaikum wr.wb.
    Ki sya mau tnyaa,ada 2 prtanyaan,
    1.weton minggu pahing itu cocoknya krja apa?dan rejeki gmna?
    2.weton jumat kliwon itu cocoknya krj apa?dan rejeki nya gmna?
    Mhon ki umar brkenan mnjawab.
    nuwun.

    • Mohon maaf, saya tidak memakai weton untuk hal semacam itu.

  38. trimaksih banyak atas kawruhnya…..

    yang masih mengganjal dan jadi pertanyaan adalah darimanakah angka2 neptu hari dan angka2 neptu pasaran itu didapat?
    misalkan kliwon=8, jum’at=6. angka 8 dan angka 6 itu dulunya didapat dari mana?

    • Salam

      Angka neptu hanya diambil angka besar, sedangkan 1,2,3 dan penjumlahannya (6) tidak dipakai.

      Nuwun

  39. assallamualaikum wr.wb

    salam sejahtera buat ki umar jogja dan keluarga’y semoga selalu ada dalam perlindungan ALLAH SWT…

    Aminn….

    saya senang nemuin blog ini…
    Kalo boleh saya mau ikut nderes (mengamalkan) ya ki… Mohon idzin untuk mengamalkan ilmu-ilmu yang ki umar jogja tulis di blog ini…

    Wasalam

    terima kasih.

  40. assmlakium ki? Sy bingung dengan diri sy bahkan sy tdk tau persis hari apa sy lahir kalau tanggal lahirnya 13 oktober 1975 kira2 lahir sy hari apa dan wetonnya apa?

    • Weton 13 Okt 1975 jatuh pada hari Senin Kliwon

  41. sebenarnya angka neptu hari dan pasaran bagaimana diperolehiutd

  42. ass.
    mf guru mw tanya…cara mengetahui weton gmna cranya guru…

  43. assalamu’alaiku ki,,semoga Ki umar sekeluarga selalu dlm lindungan ALLOH ta’ala,, Ki umar,,yg pengen sy tanyakan gmn cara ngejalanin puasa neptu yg 3 hr itu,,maksud nya apakah dr sblm magrib smpe magrib berikut nya bru blh berbuka atw kah langsung nyambung 3 hari 3 mlm bru blh buka puasa nya,dan apa kah ada pantangan atw sesuatu yg bs membatalkan puasa kita,,,matur sembahnuwun Ki sblm nya buat jawaban Ki Umar.

  44. assalamualaikum..
    maaf sekedar berkomentar sedikit, kenapa Ki Guru Umar tidak tampil saja di tayangan televisi2 gtu yah, padahal dari segi pemberian penjelasan,penghayatan2 nya dsb banyak yang membuat saya juga insyaAllah yang lainnya merasa tergugah,terhanyut, merasa lebih tenang di hati, dsb gtu … 🙂
    lain dengan para ustad2 atau da’i2 yg suka ada televisi seperti biasanya 🙂

  45. Asalamualaikum wr.wb yang terhormat ki umar jogja sm0ga selalu sehat beserta keluarga AMIN dan tak lupa send Al-alfatiah buat ki umar khususnya dan para sedulur RS,oia ki umar sebentar lagi menjelang tahun baru islam adakah acara / kegiatan untuk menyambut hari 1 muharram itu ki umar bila ada tolong khabari kami sekiranya ada kegiatan doa / apapun kegiatan itu untuk menyambut tahun baru itu ki umar.m0h0n bimbingan nya ki umar untuk tahun depan aq sudah 2 blan menjalani tarekat dari RS walaupun blum begitu sempurna namun m0tt0 aq “jangan berhenti sebelum terbukti” tapi alhamdulillah dengan pembuka hijab,ASMA SIRR,sholawat annurid’dzat,laqod ja’akum,dan kalimatuz izz setiap hari aq dawamkan dan aq resapi semakin hari semakin mantap dengan ASMA2 nya,sudah mulai terbuka apa yang aq ucapkan terkadang terjadi ki umar dan terkadang meleset namun tak membuat hati kecil terus aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,namun ada HAJAT YG paling utama ki umar m0h0n kiranya dengan keterbatasan waktu ki umar mau menengok emailku ki umar,di email tersebut sudah aq jelaskan ki umar tentang HAJAT KU itu…aq tggu giliran ki umar membaca emailku,sabar dan sabar ,m0h0n maaf ki umar bilamana aq ada kata2 dan ucapan yang salah dalam mengungkapkan isi hatiku di blog RS ini ki umar….sm0ga aq slalu dapat bimbingan dan mentoring kebatinan dari ki umar AMIN AMIN AMIN
    AKHIRUL KALLAM WASSALAMMUALAIKUM WR.WB KI umar maaf mengganggu kesibukan ki umar

  46. assalamualaikum.wr.wb
    nuwun sewu ki,saya lahir hari jum’at pon sekitar jam 22.00.
    di perhitungan jawa kalau jum’at pon jam 22.00 masih m,asuk hari jum;at atau sdh masuk hari sabtu wage ki?
    wassalammualaikum.wr.wb

  47. Assalamu’alaikum, Wr,Wb

    Salam Hormat dan sejahtera utk Ki Umar Jogja. Salam persaudaraan utk seluruh keluarga besar RasaSejati.
    Mhn di jabarkan Ki, ttg yg dimaksud Gigis Wunu? Apakah yg hrs dilakukan utk menghilangkan hal yg tdk baik bagi org yg terlahir pd hari Sabtu Kliwon (Gigis Wunu) dimksd? Mhn penjabaran dan ulasannya. Terima kasih

    Wassalamu’alaikum, Wr,Wb

  48. Asalamualaikum ki umar dan sedulur RS selamat tahun baru 1 muharram sm0ga di tahun ini doa kita smua di ijabah oleh maha GUSTI ALLAH dan tak lupa send Al-fatiah bwat ki umar khususnya dan umumnya bwat para sedulur RS Amin

  49. Assalammualaikum wr.wb, semoga Allah SWT terus mencurah kan rahmat kepada guru sekeluarga, aamiin
    guru, sy punya usaha walet udah 1thn, namun masih nihil, ada yg mengatakan tanah rumah unsur api, harus dinetralkan, kapan hari yg baik untuk prosesi ritual penetralan tanah, dan prospek usaha walet ini cocok kah dgn sy sy guru, sy pusing dgn teknik para konsultan walet, pada ga terbukti, sy pernah coba mencari solusi dgn asma sirr, namun ga dapet2 guru, mgkin diri ini msh bnyak dosa he he he, mohon bantuan nya guru, trims,

  50. keren

  51. Assalammualaikum wr.wb,salam hangat dan salam sejahtera kagem Ki Umar Jogja.
    Kulo ajeng tanglet juweh tata cara poso weton, kulo Setiya saking Purworejo, weton kulo setu wage.
    Lan kulo ajeng tanglet wacaan niat poso weton?
    numun…

  52. assalamualaikum wr wb,

    Halo ki Umar, saya (33 tahun) lahir pada tanggal yg jatuh di jumat wage..ternyata, dr catatan ibu saya lahir j6.30 malam, bagaimana ini??…kapan saya harus puasa weton-nya..?, kemarin padahal uda puasa weton di jumat wage…mohon sarannya.

    Terimakasih.

  53. aslakm.
    Mw nanya ki,
    klo kelahiran tgl 12 april 1990
    wktu lahirnya jm 3 an dini hari
    wetonnya kpan ya??

  54. terima kasih ki umar,
    senang sekali rasanya pertanyaan saya ini dijawab ki umar,
    saya pernah mengirim email k rasa sejati tpi blum dblas,
    munkin memang ksibukan ki umar. Tpi sy senang pertnyaan ini djwb ki umar.

  55. Trimakasih mudah2an sangat bermanfaan dan berguna bagi anak bangsa yg tlah terjebak dgn peradaban budaya asing

  56. Mohon Ma’af Ki mau tanya WETONnya ???
    Masehi : 25 September 1960
    Jawa : 3 Ba’da Mulud 1892
    Hijriyah : 3 Rabi Al-Thani 1380
    Hari : undefined (undefined) Wage (4)
    Neptu : NaN
    Sudah Masuk
    undefined (undefined) undefined (undefined)

    WETONnya???????
    TerimaKasih Banyak Ki

  57. ki mohon maaf untuk senen pon bagus ga dalam dunia bisnis / usaha? Mksh ki guru!

  58. ass.ki bagaimana mensiasati weton yg tidak baik supaya supaya tidak membawa *petaka* ?mksh ki

  59. trimakasih situs anda sangat membatu

  60. memang smua it ad hbunganya dngan arti kelahiran hidup di dunia. Nderek ngansu kaweroh. Suwon sedoyo mawon. Salam paseduluran

  61. assalamualaikum, saya mau bertanya. nama saya ika purwanti tanggal lahir 19 september 1989, apa weton saya, senin wage, apa selasa kliwon? karena kata orang tua saya, saya wetonya senin wage, tapi, setelah saya cek di komputer, weton saya ternyata selasa kliwon. menurut bapak, mana yang benar? terus calon saya wetonnya sabtu pahing, apa kami cocok? terimah kasih atas waktunya.

  62. ass..ki,mau bertanya buat k 3 anakku :1.eka rizky 1-10-1997 / rabu wage / tanah-sinar hitam 2. dwiky 24-7-2000 / senin legi / udara / putih / aura 3. ananda 6-1-2004 / api – merah, klu lht d karakteristik sri agung,peso,pathol.nah gimana itu ki,yg cocok buat k 3 anakku usaha apa ? anak yg no.2 / dwiky,apa prospek bgs dihobby olah raga ini,trm ksh ki

  63. Ass. Ki. bagai mana kalo lahir pada jum’at pahing pd tabel diatas jth pd peso, nah klo puasa neptunya dimulai pada hr ini kurang baik ya Ki…. nuwun

  64. ass wr wb ki umar jogja,salam kenal sekalian kulo nyuwun ijin nderek ngasu kaweruh,semua yang dari dulu jadi uneg2 saya kawedar diblok rasa sejati, saya punya primbon kalau kita lelaku mulai hari rebo pon,kamis wage,jumat kliwon,sabtu legi, kados dene nglokoni wolung puluh dinten,kados pundi cara petungan ipun,meniko ingkang taksih dados uneg2 kulo,menawi wonten kata2 kirang mernani ing pengalih ki umar kulo matur gung ing pangar sami,katur nembah suwun

  65. Mau nanya ki,maksud dari wisnubrata apa ya ki.nuwun

  66. Assalammualikum Ki Umar,saya mau bertanya apakah kalau kita menjalankan puasa mutih di hari 3 Neptu 40 ini , itu juga sama artinya dgn menjalankan puasa mutih 40 hari ?

    • Salam

      Secara hitungan nominal sama. Namun secara efek ruhani akan memberi hasil yang berbeda. Ajaran 3 hari neptu 40 ini dimaksudkan untuk mensikapi kondisi & situasi yang sulit untuk dilakukan bila menuruti pakem ilmu. Contohnya bagi kaum hawa yang setiap bulannya ada sirklus haid maka tidak mungkin bisa menjalankan puasa 40 hari. Atau ilmu keburu akan digunakan, misalnya dalam kondisi perang. Atau memang karena kemampuan badan yang tidak kuat untuk menjalankan puasa selama 40 hari. Oleh para sesepuh & pinisepuh Jawa lalu diberi solusi dengan memakai ajaran puasa 3 hari neptu 40.

      Semoga dapat dimengerti

  67. Assalamualaikum ki,
    nyuwun pirso ki umar, sak drgipun nyuwun pangapunten. Apakah weton berpengaruh pd kerejekian ki??? Sy mggu legi, istri mggu pahing, anak mggu pahing. Usaha dagang ki, tp kyknya susah berkembg ki, rejeki spt terhalang. Mhn pencerahannya ki. Matur sembah nuwun.
    Wasalamualaikum wrwb.

  68. inilah yang saya tunggu tunggu,ulasan putera jawa yang dikemas dalam bahasa sekarang….teriring doa semoga ki umar mendapat pahala yang berlipat dari Alloh SWt…amin

  69. Salamualaikum

    terimakasih dengan penjelasan Ki Umar sehingga memeberi inspirasi pada saya. Namun timbul pertanyaan pada saya. Apakah itu berarti sesuai dengan perhitungan neptu 40 tersebut bisa kita semua yang berguru ilmu di sini terapkan untuk berilmu diluar hari selasa – rabu – kamis?

    mohon penjelasannya agar jadi masukan bagi kita semua.
    Salamualaikum.

  70. ki saya lahir selasa legi neptu 8..plus minus nya apa ki,trus baik nya apa yg saya lakukan.maksh ki umar.

  71. asslamualaikum…kajian yg sangat bermanfaat,maturnuwun sanget ki…nuwun izin nyimak,,wassalam,sejahtera.

  72. assalamu’alaikum Ki…..
    Tlg Ki dijelaskan arti dan kegunaan ayat :
    Laa tudriqul abshshoru…
    wahuwa yudriqul abshshoro…
    wahuwa latifulkhobiir…
    nuwon sanget,,,

  73. mantap pokok’e..
    Monggo dilanjut

  74. Assalamu”alaikum… salam kenal ki.. saya lahir 26 feb 1980 jam 2 malam, hari pasaran masuk rabu pon, sy pernah bertanya kpd paranormal bahwa sy apes d setiap hari rabu, dan sy akui masalah2 yg sy hadapi kejadiannya memang setiap hari rabu, gmn menurut ki Umar? syukron katsir…

  75. ass. mohon pencerahaan saya minggu pon istri saya kamis pon, bagaimana mengatasi persoalan hidup saya.saya sudah menikah 8 th dan karuniai 2 anak.kalau boleh dan diperkenanan mohon dimelalui email saya.wss.

  76. assalamulaikum,,,,ki umara
    nama saya siswoyo.. dari tegal jawa tengah
    aku mo tanya ki,, hari baik untuk beli peralatan memancing hari apa ki,,,
    dan doa memancing biar dapet ikan yang lumayan gede,, doa nya apa ki,,,
    mohon penjelasan nya,,,dari ki UMAR,,,
    terima kasih

  77. Assalamu’alaikum Wr.Wb,Ki anak saya perempuan, wetonnya Jum’at legi udah dilamar orang yang mempunyai weton selasa wage…. dan sebagai orangtuanya saya terima, gimana Ki apakah baik? jika kurang baik/buruk mohon petunjuknyasolusinya terima kasih wassalamu’alaikum Wr. Wb, semoga Allah senantiasa memberi umur panjang, dan kesehatan kepada Ki Umar…. Alfatehah…..

  78. nyuwun sewu ki’ ajeng tanglet kulo gadah anak lanang nembe jm 17,50 wib, kulo jenengi ,dafa nakkla adinata,wancine jm 17,50wib pripon,nuwon ki

  79. Assalam mualaikum W.r W.b

    Mohon ijin untuk minta pencerahan dari ki Umar.
    Salam hormat’

    Nama saya Hani wahyu wijaya’
    Ki Saya pernah mendapat pengalaman dari mengamalkan Surat Alfatihah.
    Ketika saya mau menunaikan salat Isya menuju Masjid saya berjalan dengan kepala menunduk menatap tanah, tiba-tiba langkah saya terhenti karena ada sekilas cahaya biru yang minyilaukan membetang dibumi. lalu saya lihat keatas langit sepertinya cahaya itu dari bintang yg melintas diangkasa.

    karena takjubnya saya dengan cahaya itu sayapun tidak bisa berkata-kata.
    yang saya ingat didalam hati Hanya mengucap Subhanallahi,walhamdulillahi,walailahaillalahu,allahuakbar.
    kemudian didalam hati pula saya bermunanjat kepada Allah.
    ya Allah jika memang itu adalah kuasamu Yang Engkau tukjukan Kepadaku.
    hamba mohon perlihatkanlah kembali cahaya itu.
    dan seketika itu pula cahaya itu kembali yg pada awalnya dari timur kebarat.
    sekarang ke arah sebaliknya, namun cahaya itu tidak sampai membentang di bumi seperti pada awalnya.

    kemudian sesampainya saya di masjid saya langsung menunaikan Shalat isya. tiba-tiba pada saat rakaat terakhir saya merasa ada seorang yg kiai yg datang dan menunaikan shalat disamping kiri saya dan dengan jelas pula ia mengucapkan takbir.
    setelah saya mengucap salam terakhir dan berdoa. ternyata Kiayi tersebut menghilang entah kemana.

    kemudian dihari-hari berikutnya saya merasa ada yg berbeda dengan diri saya ki. saya sering menagis ketika saya memandang apa pun yg saya lihat.
    meskipun itu sedang mengendarai sepeda motor perasaan sedih selalu hadir membuat air mata ini selalu tertumpah. hati inipun selalu berdzikir,Bertasbih,bertahmid dengan sendiri nya.

    Yg membuat saya bingung terkadang ketika saya sedang merasa kesulitan tiba-tiba ada suara yg mengajari saya do’a. kemudian saya baca doa tersebut seketika itu juga bulu kuduk saya merinding dan tubuh ini serasa ringan.

    saya harap ki umar dapat menerangkan kepada saya atas peristiwa yg saya alami ini.

    Mohon pencerahannya ki terimakasih sebelum nya.
    Wassalam mualaikum Wr.Wb.

  80. Saya belakangan ini trtarik menelaah sifat n watak teman2 d ktr, dan setelah baca weton mrk n d hubung2kan dg tulisan tsb d atas …kok ya bnyk cocoknya… Trm ksh atas tambahan ilmu krn skrg sy jd maklum dg ayah sy alm yg lebih kejawen dan sng memuja Semar. Utk diketahui sy lahir 5 maret 1964 dan melihat tlsn d atas sy trmsk sri agung. Mdh2n hal tsb dpt sy ambil hikmahnya, dan dpt menyesuaikannya, bukan hanya sekedar ramalan sj dan mjdkn sikap n watak sy sprt tsb d atas. Sekali lg trima ksh.

    • Salam

      Baik atau buruknya sebuah petuah dari leluhur kita terhadap hari & tanggal itu menjadi bahan renungan. Semua ada hikmahnya. Kebenaran & kecocokan sebuah petuah itu tergantung dari pandangan pribadi masing-masing. Ada yang dapat melihat dan ada yang tidak dapat melihatnya. Bagi yang dapat menyadarinya ini dapat dimanfaatkan menjadi sugesti yang positif bagi perkembangan dirinya. Kita bersyukur tumbuh dimasyarakat yang memiliki budaya adiluhung.

      Nuwun

  81. assalamu’alaikum…ki.nuwun ijin nya nyimak dan mempelajari pitungan/naptu.trimakasih banget.blog ini sangat bermanfaat.maturnuwun sanget…

  82. jika meninggal dunia hari jum’at, 23 agustus 2012, maka 40 harinya jatuh pada hari dan tanggal berapa?

  83. Assalamualaikum ki…semoga sihat selalu…saya orang maaysia saya nak tanya sikit pasal legi,pahing,pon,wage,kliwon apa maksud dia saya tak berapa paham adakah pagi petang siang malam atau lain…saya memang berminat nak belajar pekara2 ilmu ghaib…boleh tak ki bagi tau saya hari kelahiran weton…saya lahir 25/10/1987…terima kasih banyak-banyak salam kenal

  84. Assalmualaikum ki, sy lahir senen pon, jika dikaitkan dengan elemen warna, pon itu kuning. Yang jadi pertanyaan apakah kuning ini menjadi warna hoki saya?

  85. untuk jumat pon dan kamis kliwon bagaimana

  86. saya liat jumat pon kategori gigis wunu itu apa mksudnya dan apa bisa untuk di ruwat atau netralisir, dan saya pernah baca artikel bahwa jumat pon kategori mati. bagaimana solusi untuk menghilangkan apa bisa dengan puasa weton


Silahkan Bertanya & Berdiskusi dengan Sopan :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: