Definisi ILMU HIZIB

Dalam dunia tasawuf (tarekat sufi), zikir itu bermacam-macam bentuknya. Ada yang berupa zikir Latifah (lembut), ada yang berupa Ratib dan Hizib.

Ratib adalah suatu bentuk zikir yang disusun oleh seorang Guru tarekat sufi untuk dibaca pada waktu-waktu tertentu oleh seseorang atau secara berjamaah sesuai dengan aturan yang telah ditentukan oleh Guru tarekat sufi. Ratib biasanya diamalkan untuk umum, artinya zikir Ratib boleh diwirid (dibaca berulang-ulang) dan diamalkan oleh siapa saja, para khalayak umum, baik para pengikut tarekat atau bukan.
Selain Ratib ada juga zikir yang hanya boleh diamalkan oleh pengikut tarekat sufi yang disebut sebagai Hizib.

Pengertian HIZIB
Hizib berasal dari bahasa Arab: HIZBUN. Yang artinya: kelompok, golongan, partai, jenis, wirid, senjata. Dan dalam hal ini arti yang cocok adalah jenis wirid.
Hizib adalah himpunan ayat-ayat Al-Qur’an dan untaian kalimat zikir, Asma Allah (ismul a’azham) dan do’a yang disusun untuk diamalkan dengan membacanya atau diwiridkan (diucapkan berulang-ulang) sebagai salah satu bentuk ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT (Taqarrub Ilallah).
Jadi kandungan dari sebuah Hizib selain berisi pujian mengagungkan Asma Allah SWT dan shalawat Nabi juga mengandung doa untuk memohon pertolongan kepada Allah. Hizib juga mengandung banyak rahasia (sirr) yang sulit dipahami oleh orang awam, seperti kutipan beberapa ayat Al Quran yang terkadang isinya seperti tidak terkait dengan lafal rangkaian doa sebelumnya. Para ahli Hizib berpendapat bahwa dalam hal ini yang terkait adalah asbabun nuzul-nya.

Hizib yang Haq (benar) secara langsung atau tidak, akan bersumber dari ayat-ayat Al Quran, dalil hadist Nabi SAW dan doa-doa yang baik. Sedangkan Hizib yang bertentangan dengan nash (Al Quran dan Hadist) baik dalam lafal hizib maupun fungsi dari hizib, maka hizib tersebut sesat.

Ada beberapa macam Hizib yang diragukan kebenarannya, karena lafal atau penggunaannya yang tidak sejalan dengan ajaran agama. Contohnya hizib-hizib sihir untuk menyakiti manusia, untuk berbuat hina/nista dan berbagai macam Hizib yang tidak menganjurkan pengamalnya untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Karomah HIZIB

Penyusun Hizib biasanya adalah tokoh pengasas, pelopor atau pemimpin aliran tasawuf / tarekat sufi yang disebut sebagai seorang Mursyid. Maka ilmu HIZIB ini banyak diamalkan oleh para pengikut tasawuf.

Bagi sebagian orang pengikut tasawuf percaya bahwa dalam suatu Hizib terkandung rahasia-rahasia ghoib yang berhasil diungkapkan oleh sang mursyid (penyusun Hizib tersebut). Kesucian dan kesalehan seorang Mursyid hingga diberi karunia oleh Allah untuk menyingkap rahasia ilahi, yang tidak setiap manusia diberi pengetahuan tentang hal ghoib ini, maka tak sedikit para pengikut tawasuf yang kemudian mengkultuskan sang Mursyid sebagai salah satu Wali Allah (kekasih Allah).

Karena keterikatannya dengan sang wali tersebut, Hizib dianggap memiliki khowas. Para Wali Allah adalah orang yang sangat dekat dengan Allah swt. Berkaitan dengan hal tersebut orang yang mengamalkan hizib bisa berwasilah melalui wali kekasih Allah yang dimaksud, sehingga dipercaya oleh sebagian besar pengikut tasawuf bahwa khowas dari sang wali akan timbul melalui hizib yang dibacanya.( Wallahu a’lam)

Macam-macam HIZIB

Beberapa contoh Hizib:
Hizib Bahr, dikarang oleh As-sayyid asy-Sayiakh Abil Hasan Asy-Syadzili, Pengasas Tarekat Syadziliyah. Dalam hizib ini termaktub doa (fadilah/khasiat) untuk melancarkan berbagai macam usaha dan kerejekian.
Hizib Nashar. Oleh As-sayyid asy-Sayiakh Abil Hasan Asy-Syadzili, (Tarekat Syadziliyah). Dalam hizib ini terkandung doa untuk segala hajat, kerejekian dan keselamatan. Beberapa kyai menyebutkan karomah Hizib ini dapat digunakan untuk membebaskan orang yang terpenjara (teraniaya). Selain hizib tersebut tadi ada lagi Hizib Lathif, Hizib Ikhfa’, Hizib Falah.
Hizib Ghazali & Hizib Autad, (oleh Syeikh Imam Al Ghazali, Tarekat Ghazaliyyah). Dalam Hizib Autad ini terangkum zikir mengagungkan asma Allah yang diwirid setiap hari. Dalam berbagai kitab diterangkan zikir ini bermanfaat sangat banyak, salah satunya untuk melancarkan segala hajat keperluan.
Hizib Jaylani, Hizib Al-Hifzh, Hizib An-Nur (oleh Syeikh Abdul Qadir Jailani, Tarekat Qadiriyyah). Dalam Hizib Jaylani ini terkandung doa untuk keselamatan. Beberapa guru spiritual menerangkan bahwa Hizib ini juga berkhasiat dapat menumbuhkan kesaktian pada diri sang pengamalnya.
Hizib Wiqayah oleh Ibn Arabi
Hizib An-Nawawi oleh Al-Imam An-Nawawi
Hizib Barqi
Hizib Saefi
Hizib Munajat
Hizib Muroqobah wa Syuhud

Dan lain-lain.

Seyogyanya seseorang yang ingin mengamalkan Hizib terlebih dulu harus menerima ijin atau ijazah dari Guru tarekat tasawuf yang terkait dengan Hizib tersebut.

*

Ki UmarJogja
rasasejati.wordpress.com

Responses

  1. Asslm wr wb
    Wah blog yang bagus.
    Ki bisa tlg dijabarkan juga rapalan dari Hizib-hizib tersebut? Terimakasih

    • wa alaikum salam wr wb
      Terimakasih, saat ini saya juga sdg mengusahakannya.
      Semoga bisa bermanfaat bagi kita bersama.

  2. Maju terus ki, sukses kagem panjenengan. Matur nuwun sampun kersa pinarak gubuk cubluk wong alus. Mugi Gusti paring kanugrahan kita sedaya. Nuwun.

  3. Assalam Ki Umar Jogja,

    Jika ada Hizibnya, mohon di kongsikan dan di hantar ke email saya.

    Wassallam

    Sekian Terima kasih.

    • Wa alaikum salam.

      Ilmu Hizib sejatinya hanya bisa diturunkan oleh Guru / Mursyid dari Tarekat yang bersangkutan. Beliaulah yang paling berhak dan diberi Wewenang oleh pendahulunya untuk menurunkan segala ilmu tasawuf termasuk ilmu Hizib dari Tarekatnya.
      Jadi bila anda ingin mengamalkan HIZIB maka mintalah ijasah kepada Guru Tarekat yang bersangkutan. Nanti akan dijelaskan tentang tatacara yang sempurna sesuai dengan diri anda, dan dibimbing dengan baik dan benar. Termasuk silsilahnya / sanadnya (LINEAGE). Sehingga Hizib anda amalkan lebih berdayaguna dalam kehidupan anda.

      Jangan pernah mengamalkan Hizib secara sembarangan, dalam arti tanpa diijasahkan oleh yang mempunyai wewenang yaitu para Guru (Mursyid). Memang betul semua ilmu adalah milik Allah, ilmu bisa didapat dari siapa saja, namun sesungguhnya ilmu itu hanya dititipkan kepada hambaNYA yang pantas menerimanya. Lalu turun temurun diajarkan juga kepada orang yang pantas menerimanya. Untuk menilai pantas atau tidaknya diri kita menerima suatu ilmu dan Hizib, maka peran sang Guru sangat penting.

      Itulah sebabnya kenapa Hizib Nasr hanya diajarkan oleh nabi Muhammad SAW kepada Syekh Abil Hasan Asy-Syadzili, tidak kepada Syekh yang lain. Sedangkan para Syekh yang lain diberi anugerah Hizib yang lain pula oleh Allah SWT. Semua itu ada hikmah didalamnya.

      Mohon maaf, Saya belum mempunyai wewenang dan hak mengijasahkan amalan HIZIB yang tertulis diatas kepada pembaca sekalian. Jadi Hizib yang kami ijasahkan disini adalah Hizib umum, bukan dari Tarekat tertentu.

      Semoga bisa dimengerti.
      Nuwun,

      • mengapa nabi muhammad mengajarkan sesuatu hanya kepada syekh tertentu? apakah benar? sedangkan nabi muhammad adalah dilarang untuk menutupi suatu kebenaran. sungguh ilmu yg di turunkan oleh ALLAH itu untuk seluruh umat manusia… ALQURAN itu tiada lain hanyalah peringatan bagi manusia dan jin…

      • Salam

        Hal tersebut tidak menunjukan bahwa Nabi menutupi sesuatu kebenaran. Terbukti bahwa beliau mengajarkannya ilmu kepada siapa saja, tapi sesuai dengan maqom (derajat spiritual si penerimanya) mengajarkan kepada para sahabatnya, para Wali, para syech dan hamba-hamba Allah lainnya. Ilmu Allah itu maha luas, apa yang kita baca dalam Al Quran dan Hadist adalah intisari. Masih banyak ilmu tersimpan dalam diri Nabi, beliau pernah bersabda yang isinya adalah “bila Nabi saw adalah kota ilmu maka Ali ra adalah gerbangnya”.
        Sayyidina Ali k.w. berkata: “Wahai manusia, bertanyalah kepadaku sebelum kalian kehilangan aku. Sesungguhnya aku ini lebih mengetahui jalan-jalan langit daripada jalan-jalan bumi..” Banyak ilmu rahasia yang diajarkan Nabi saw kepada Ali ra. Oleh sebab itulah bagi kaum Sufi, sayyidina Ali dianggap sebagai imam ilmu al-hikmah dan futuwwah. Dari beliau bermunculan cabang-cabang tarekat (thoriqoh). Hampir seluruh pendiri tarekat Sufi, adalah keturunan beliau sesuai dengan catatan nasab yang resmi mereka miliki. Seperti pada tarekat Qadiriyah dengan pendirinya Syekh Abdul Qadir Jaelani, yang merupakan keturunan langsung dari Ali melalui anaknya Hasan bin Ali seperti yang tercantum dalam kitab manaqib Syekh Abdul Qadir Jilani.

        Selain ilmu yang diberikan melalui sanad seperti diatas, ada banyak kisah orang awam yang juga diberikan ilmu hikmah oleh Nabi saw melalui mimpi atas ijin Allah. Misalnya seorang hamba yang sedang terbelit kesulitan hidup lalu bermunajad kepada Allah, lalu dalam mimpinya ia ditemui oleh Rasulullah saw dan diberikan (diijazahi) amalan ilmu hikmah (doa) guna menyelesaikan masalah yang sedang menghimpit kehidupan si hamba tersebut. Hal seperti itu bukanlah suatu yang mustahil.

        Nuwun

  4. Ass.dulu saya pernh diijazai oleh tmn saya yg prnh mondok di At-taufik blitar(padepokan tenaga dlm alif qo’im) yaitu hijib khofi,klw blh tau apa faedah dr hjb tsb beserta penjelasanya.tmksh
    mg rahmat dan hidayah-NYA selalu menyertai anda.ws

    • Wa alaikum salam wrwb

      Setahu saya, hizib tersebut mengandung doa multifungsi, dari mulai keselamatan, kewibawaan, pengasihan, kemudahan urusan hingga membuka hijab keghoiban dll. Rapal doanya banyak menyertakan kharomah dan mukjizat para nabi: Musa, Daud, Sulaiman, Yusuf dan para malaikat muqorobin. Jika didapat dan diamalkan secara benar & dawam, hizib ini banyak manfaat yang bisa dirasakan.

      Nuwun,

  5. Ass.terima kasih sebanyak2nya buat ki umar yg telah memberikan jawaban dgn jls.
    Maaf,blh tau g gmn cara mengamalkannya dgn baik ,soalnya kata tmnku cuma di suruh baca .mg ki umar slalu diberi kesehatan dlm mengemban tugas ini.amin..
    Mksh .ws

    • Wa alaikum salam wrwb,

      Nuwunsewu,
      Mengamalkan Hizib yang baik itu adalah yang didapat langsung dari ijin sang Guru atau Mursyid. Saya tidak akan bertindak lancang mendahului hak dan wewenang beliau, sebab saya belum pernah mengamalkan apalagi dapat ijasah hizib tersebut. Jadi tidak pantas bila saya memberikan tuntunan ilmunya.
      Saran saya, sebaiknya datang langsung ke Guru besarnya dan memohon ijasah dari beliau langsung. Belajar ilmu hizib jangan dari teman/saudara/kerabat/buku, kecuali telah mendapat hak dan wewenang dari sang Guru (Mursyid).

      Nuwun,

  6. salam kenal ki..aku pendatang baru .tak sengaja ku melihat artikel aki jadi ku tertarik.boleh ga aku ingin tau lebih banyak tentang hizib magrobi

    • Salam pamuji rahayu,

      Salam kenal kembali. Terimakasih telah berkunjung diblog Rasa Sejati. Apa yang saya tahu tentang Hizib Maghrobi telah saya tuliskan dalam artikel disini. Monggo, jika ingin menambahi pengetahuan tentang ilmu ini.

      Nuwun,

  7. alhamdulilah belum ki,tapi artikel aki saja sudah sangat brarti bagi sy yg fakir lagi doif.mhn mf ki sy agak trtarik dgn hizib magrobi yg aki paparkn jg sy ingin tau lebih jauh dn lebih dlm jikalau aki sudi membingbing sy yg bodoh ini ki ?..

    • Simak jawabannya di halaman “hizib Maghrobi”

      Nuwun,

  8. assalam….
    mu tanya cara puasa asma samawat yang 7 hari. sama seperti puasa romadhon atau ada ketentuan lain?

    • Wa alaikum salam wrwb

      Apakah yang anda maksud Sholawat Annurit dzat? Ritual puasanya cukup 3 hari. Puasa seperti puasa Ramadhan. Boleh makan sahur dan berbuka dengan makanan apa saja selama halal. Walaupun demikian tapi saya menyarankan untuk mengurangi porsi makan, minum dan tidur. Begitulah puasanya para pelaku ilmu hikmah.

      Nuwun,

  9. sy rs bkn ki.. yg dimksud dia mgkin asma samawat yg bnyinya: “Ya Samroyiila bihaqqi…”

    • Setahu saya memakai puasa 7 hari seperti puasa Ramadhan.

      Nuwun,

  10. assalamu alaikum ki,,

    mohon diposting dong untuk hizb nashr asyadzili beserta terjemahnya dalam bahasa indonesia. ditunggu ya, maturnuwun

    • Wa alaikum salam wrwb

      Mohon maaf, saya tidak mengamalkan Hizib tersebut sehingga saya tidak layak untuk mengijazahkannya. Monggo, silahkan mencari Guru yang mengamalkan Hizib tersebut untuk minta ijazahnya.

      Nuwun,

    • askum ka’ fikri , ma’af sblumx aku mw tax bgaimana hukumnya mnggti puasa kdho’ d jama’ dg puasa wajib,,,,,,,????

  11. Assallamualaikum wr. wb

    ki sya mau tanya.. ki klo misalkn mengamalkn/mendawamkan setiap hari suatu hizib tanpa izajah.. apakah hizib tersebut tetap tdak berfungsi ki,??

    sebelumnya trima kasih ki UmarJogja..

    • Wa alaikum salam wrwb

      Tidak demikian. Hanya saja amalan anda kurang memberkahi kehidupan. Sebab mekanisme Pengijazahan suatu amalan ilmu hikmah adalah melimpahkan doa dan khasiat yang pernah terjadi pada sang Guru kepada diri sang murid yang diberi ijazah ilmu.

      Nuwun,

  12. sekedar inpo: zikir termasuk hizb itu adalah suatu doa ,dan doa adalah ibadah ghoiru muqoyyad (tidak terikat syarat seperti ibadah wajib sholat lima waktu) penghambaan kepada Allah Tuhan Subhanahu Wataala. Namun ada batasan dalam zikir,hizb atau doa tersebut tidak ada ucapan syirik kpd Allah. maksiat dan berlebihh2an. Maksud berlebih2an dg wajar ada hadits Nabi mengatakan : Iyyakum wal ghuluwwa fi ddin fa Inna qod halaka man qoblakun Alghuluwwa fi Ddin (Jauhilah oleh kamu berlebih2an dalam beragama sesungguhnya telah celaka orang sebelum kamu karena mereka berlebih2an dalam agama/ibadah). Jika amal hizb itu melewati unsur diatas maka bisa amal muhdats menjurus bidah ke dholalah menyesatkan . Semoga Allah memberi petunjuk kpd kita semua ..Wallahu Anglamu bishshowab.

  13. Seyogyanya kita mengamalkan hizb yg i contohkan dlm Al-Quran atau hadits2 Nabi tidak sangat panjang ,terbuka tdk perlu izin ijazah mursyid dan tidak banyak syarat2 yang bisa dikatogorakian berlebih2an. Karena contoh doa dari AlQuran dan hadits Nabi pasti dijamin autontik keberkahan dan kebaikannya. Karena semua kebaikan dan kemudhoratan yg kita dapatkan itu atas izin dari Allah oleh karena itu untuk mencari kebaikan dan menjauhi kemudhorotan eyogya mengikuti tuntunan Allah dan Rasulnya , sehingga dalam beribadah selamat dan sampai keridhoan Allah Taala. Wallahu Anglama bishhshowab.

  14. Perlu ditanyakan ada keterangan :bahwa hizb nashr hanya diajarkan nabi kpd syekh Abu Hasan Asysayazili pendiri thoriqoh Saziliah . Apa betul inpo apa syekh tersebut hidup di zaman ketemu Nabi .? atau inpo hizb katanya si syekh mimpi ketemu Nabi lalu d ijazahi hizb itu karena banyak inpo para syekh menerimaajaran hizb dari nabi lewat mimpi dan katanya bertemu dg Nabi ketika bermimpi sama bertemu dg hidup dan Nabi tdk bisa diserupai syetan jadi itu otentik. Subhanallah Agama Islam ini sudah sempurna termasuk misi Nabi. Jadi klu ada inpo dapat ajaran Nabi lewat mimpi perlu dipertanyakan keshohehannya. Sebab kalau ajaran ibadah lewat mimpi maka ajaran Islam bisa rusak keautentiknya Nauzubillah min zalik

    • mohon maaf kepada mas ikbal sebelum nya… Ilmu allah itu seluas langit dan bumi…bahkan manusia paling pandai sejagadpun di banding ilmu allah perbandingan nya 1 tetes dengan 7 samudra di dunia bahkan di tambah lagi 1000 semudra bahkan lebih( bi alfi alfi) itulah Ilmu allah.. jadi menurut hemat saya anda perlu lebih banyak belajar lagi…tentang suatu keilmuan yang ada.. mungkin usia anda di kalkikan 10 pun tidak akan mampu menebus ilmu allah yang sangat luas. jadi anda masih sangat hijau menilai susuatu,karena ghaib bukan logika dan ilmu pasti, tetapi ilmu Yakin!, ilmu rasa, apakah anda tau Muhammad pernah di elah dadanya oleh jibril kemudian dibersihkan???? tidak khan, tapi anda yakin? apakah anda hanya merasa manusia terkaya adalah bill gates, padahal Manusia bernama sulaimanlah yeng di berikan sepertiga alam dunia oleeh allah jd, hati hati comentar nya….

  15. Salam pamuji rahayu,

    @yth.Iqbal: Andai saja anda mengedepankan prasangka baik, niscaya lebih banyak ilmu Allah yang dilimpahkan kepada anda.

    Saya enggan menjawabnya.

    Nuwun,

  16. hizib2 itu adalah sarana utk mendekatkan diri kepada Allah Swt. rangkaian doa para shalihin utk memuji dan memuja Allah Penguasa alam semesta. pengalaman sy sendiri slm mengamalkan hizib menjadi ringan beribadah, tenang menjalani hidup, tidak silau dunia. Allah selalu menyeru org yg beriman(yg benar2 percaya). keimanan mengalahkan logika.

    • Semoga amalan ilmu yang anda amalkan semakin memberkahi kehidupan anda sekeluarga.

      Nuwun

  17. Maaf ki, di halaman supranatural g’da hizib basmallah ki, klo boleh tolong diposting ki. Matur nuwun……,,

    • Salam,

      Hizib Basmalah hanya kami turunkan kepada para Pewaris saja.

      Nuwun

  18. ki… untuk hizib imam nawawi dan hizb bahr syekh abi hasan assyadzili kok ga diijazahkan, dan jg rotibul haddadx

    • Salam,

      Saya tidak mengamalkan Hizib tersebut, jadi bagaimana saya bisa mengijazahkannya kepada anda?
      Mengijazahkan ilmu bukan sekedar membagi (share) ilmu, tetapi seorang pengijazah mempunyai tanggungjawab moral terhadap ilmu yang diijazahkannya.

      Nuwun,

  19. Assalamu’alaikum wr.wb
    Saya ingin bertanya kepada Ki Umar,jika mengamalkan hizib2 tersebut apakah bisa mengakibatkan orang menjadi stres dan sebagainya apa tidak ki…??terimakasih sebelumnya ki.
    Wassalamu’alaikum wr.wb….

    • Wa alaikum salam wrwb

      Iya. Konsekuensi ghaib selalu ada dalam amalan ilmu keghaiban. Maka perlu niat yang benar, cara yang benar dan dibimbing oleh guru yang benar pula.

      Semoga hidayahNYA selalu tercurah kepada kita semua.

  20. rahayu ki umar….

    mungkin ini pertanyaan bodoh, jangan ditertawakan ya ki.
    1.dari sekian banyak hizib, apakah ada hizib yang dibuat oleh seorang mursyid hanya untuk/spesial mengobati orang sakit secara fisik (pengobatan)? kalau ada hizib apakah itu.
    2. Syekh Sultan Murahidin Gusti Amat, siapa sesungguhnya dia ki? adakah ki umar mengetahui tentang beliau sejarah singkatnya? saya tanya ke mbah google kok nggak nemu-nemu.he..he..
    matur nuwun jawabanipun ki,

    salam,

    • Salam karahayon

      1. Selain dengan ilmu-ilmu terapy yang sudah tertulis di blog ini, saya biasanya memakai ASMA MAHARAJA I dan II warisan kanjeng Nabi Khidir as.

      2. Itu menjadi PR bagi anda semua. Ilmu ghaib tidak terasa berkesan lagi apabila kami selalu pengijazah yang mewedar semuanya. Kami sudah mengijazahkan amalannya, sudah kami wedar Kajiannya, selebihnya kalian yang mencari tahu sendiri. Selamat berlajar 🙂

      Nuwun,

      • Hmmm.. Asma Maharaja??? Para murid menunggu kajian asma tsb Guru… 🙂

  21. aslmkm ki ,apakah orang yg ingin mngamal hizib itu trlbh dhlu di bersihkan dulu jiwa dan raganya?
    terimakasih

  22. ass,,ki mw tnya ap itu hizib syeh abdul qodir,,ap bsa d amalkan?trima ksih wasslm

    • Wa alaikum salam wrwb

      Sepengetahuan saya ada banyak macam hizib yang terdapat di Tarekat Qadiriyyah (Syech Abdul Qodir Jaylani). Manakah yang anda maksud?
      Setiap hizib boleh diamalkan, asal mengerti tatacaranya dan dibimbing oleh guru spiritual yang menguasainya.

      Nuwun

  23. assalmalaikum tuan..
    sekedar berkenalan buat kali ini..

    • Wa alaikum salam wrwb

      Salam kenal kembali. Terimakasih telah singgah di blog RasaSejati.

      Nuwun

  24. Salamun qoulammirrobbirrohim ki Umar…
    Hanya ingin bertanya, bila pemilik hizb bahr (Hizb lautan) bertarung dengan pemilik ilmu hizb barqi (hizb halilintar), siapa kira2 yg akan menang???
    nuwun.
    Wasl….

    • Wa alaikum salam

      Tergantung dari tingkat penguasaan ilmu masing-masing.

      • Wah, koq ada pertarungan hizb segala … memang top pertanyaannya. Pertanyaan extrim kadang memberikan kita pelajaran yang baik. Dan jawaban Ki Umar sangat baik & bijaksana.

        Salam,
        Satrioaji

  25. assalammuualaikumm,tiada niatan jahat dlm mengamalkan hizib,bilapun sampai ada anda akan merasakan kenikmatan tiada tara,semua terasa seprti milik anda,smoga anda hidup dlm kehidupan fana…dan hancur = geeennndeeennggg.bilapun km sampai cinta itu hizib,bila sampai terbuka ijab agung.smoga,kan ku doakan km slalu membawa berkah/kesejahtera’an dunia & akhirat……….
    …………………………….
    …………………………….
    wassalaammuualaiikummm

  26. assalamu’alaikum wr wb
    ki,,sya ingin bertanya,apakah benar ada hizib nabi yusuf as.

  27. ass.wb.slam kenal ki,

  28. assalamu’alaikum ki
    saya mau tanya ,selain hizib yg td sudah d sebutkan itu bkan kah ada lg beberapa hizib lain seperti hizib yusuf ,hizib sulaeman ,hizib al-fatihah dll.
    tolong ajari saya dan tolong ijazahkan saya siih ki

    • wa alaikum salam wrwb

      Ya, masih ada banyak lagi Hizib yang lain, sebab hampir disetiap Tarekat selalu ada amalan Hizib.

      Untuk ijazah, silahkan cari guru yang sudah mengamalkannya.

      Nuwun

  29. salam atas engkau

    ki saya mau nanya.

    apakah ada manfaatnya apabila saya mengamalkan hizib seperti doa rutin misalnya membaca 7 kali setiap malam dengan rutin tanpa mengikuti ritual seperti puasa dll…? sebab klo dilihat dari artinya biasanya hizib2 mempunyai arti seperti doa hanyasaja karakternya biasanya keras/memaksa… nah bukankah doa itu bersipat umum setiap org boleh berdoa tanpa syarat2 puasa dll…

    • Salam

      Tatacara amalan itu terkait dengan Ijazah. Maka snda harus mengerti dulu arti IJAZAH dalam ilmu hikmah.

      Jika memang Guru anda memberi ijazah tatacara mengamalkannya cukup diwirid saja (tanpa puasa) maka amalkanlah demikian. Jika anda merangkai cara sendiri, maka dikhawatirkan malah dapat membahayakan / menyesatkan / mengundang khodam JIN. Kalau menurut saya lebih baik berkonsultasi kepada Guru pengijazahnya saja.

      Nuwun

  30. KI SAYA PERNAH MEMILIKI BERBAGAI AMALAN HIZB TAPI SAMPE SEKARANG AKU LUM BISA MERASAKAN………

  31. assalamu’alaikum ki umar jogja
    saya mau tanya nih,,izib iqbal itu pengarangnya siapa????dan bermanfaat buat apa saja????? dan knp klo diamalkan lebih dari yang guru sampaikn ko cobaannya gede banget,,,,,sampe tlapak tangan mengeluarkn energi panas trus ….

  32. Wa alaikum salam wrwb

    Kpd Yth : @Ali.M & @Berzanzi : bukankah lebih baik bila anda menanyakan kepada guru anda selaku pemberi ijazahnya?

    • asslmkm…knl pak sadbolangit..tdk..kiumar…saya teman main..tenaga…ayayyaok

  33. saya asli jatim….udah..lama…dijogja..ki umar…nuwun..yo..ok..by,nyoman safiii

  34. Apa kah hizib itu berupa amalan ? Tlg di jls kan. Trimksh..

  35. APA HUKUMNYA KALAU BUKAN SYIRIK

    • Jangan hanya menghakimi, berikan argumen / pendapat anda. Kami membuka blog ini sebagai wahana diskusi, bukan sekedar menghujat / menghakimi / menvofis sesat, bid’ah, syirik.

      Nuwun

  36. assalamualaikum ki….ki bagaimana cara nya spaya saya menjadi salah 1 di antara sekian pewaris ilmu ini ki…..saya ingin sekali ki,jadi pewarisnya…….

    • Silahkan simak keterangannya di halaman IJAZAH RESMI

  37. bgaimana pndalaman yg dmaksud zikir nafas,zikir darah,zikir dada yg mrupakan pmbuka tiful ma’nawiyah??Panji Anom Putra Anjani Lombok

    • Salam

      Jangan sampai keliru, ma’nawiyah tidak hanya dicapai dengan zikir nafas, darah dan dada. Pengamalan syariat jangan sampai dilalaikan.
      Zikir nafas, darah dan dada yang berpusat dari bacaan “Laa ilaaha illaalaah” yang dipersingkat menjadi “Allah”, lalu diambil huruf Alifnya menjadi “Lahu” (Dialah Tuhan), lalu diambil Lam-nya menjadi “HU” (Dia (Tuhan)). Meskipun dipotong-potong kata Allah akan tetap bermakna Dialah Tuhan Azza wa Jallah. Bila diawali dengan “YAA” (Wahai Dzat) dan dilanjutkan “HU” (DIA Tuhan) dilakukan seiringi dengan tarikan dan hembusan nafas itu dinamakan zikir nafas. Zikir ini merupakan zikir tauhid yang biasa diamalkan kaum sufi. Bila dilakukan terus menerus tanpa henti mengikuti detak jantung maka itulah yang dinamakan zikir batin, atau dalam ilmu kasepuhan Jawa disebut sebagai Salat Daim yang diajarkan Kanjeng Sunan Kalijaga dan Eyang Syech Siti Jenar.
      Bila semua zikir itu dilakukan dengan konsisten memang akan menjadi lantaran terbukanya pemahaman sifat-sifat ma’ani (Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayyat, Sama’, Bashar, dan Kalam)

      Nuwun

  38. ki yang saya tau hijib itu keras reaksinya jika diamalkan malah mungkin bs jd gila. Mohon pencerahannya ki.

  39. Tulisan Anda Kami muat di Istigfar Adalah solusi

  40. Asslam…ma2f sblumny sy ingin brtanya .sy mendpatkn amalan hizb dri seseorang tp bukan gru mursyid dn sya jg blum prnah ikut bai’at dri thariqah di tmpat sya,apkah sy bleh mengamalkan hizb trsbut .trmaksh ..

  41. ass.slm knl……..ki amalan untuk mencari mursyid sejati bgamana caranya….dan sbnrnya kita smua kan d sruh mencari gru waliyan mursida…tu bgamn mnrut ki umar sndri…..trima ksih….

    • Salam

      Mau melangkahkan kaki untuk bersilaturahim dengan para alim ulama, sesepuh dan pinisepuh, insyaAllah kelak dipertemukan dengan sang guru spiritual sejati yang kamil mukamil.

      Nuwun

  42. assalamu alaik ki
    nafa,analloh bi hadzal blog lana wa lakum
    wa jami,u kulli insanin fiddini waddunya wal akhirot
    salam ukhuwwah ya akhil kirom ki umar ……

  43. saya perna mengamal kan bcaan gax tau apa nama nya pokok nya ada yusufaala
    sya jga prna mimpi didatangi seseorang yg mengajak sya brtmu kyai di majalengka
    saya aja di sumatra tpi saya di pluk trus smpai di htan dan ada sbuah gubuk yg d dlm nya ada bnyak kyai lg kumpul kta nya
    jadi apa ya ki maksud nya.
    sya ngamali ilmu thu cma curi2 dngar he he
    dan saya jga di kasi amalan turun tmurun dri nenek
    raja bunga nama nya
    apa tu ki
    tks

  44. owh ya ki
    sya memang mrasakan khasiat nya
    saya jga aneh
    tpi kaum ibu2 kbnykan n merata yg kna imbas nya amalan yusuf saya ini aneh

  45. he he iya ki
    ntah lah atau slah merapal atw gmana q gx tw jga
    aku jga gx percya amat ki mhgkin tampang ku yg imut kali yg bwt ibu2 gemes n pngen pnya anak spt sya
    ha ha ha
    sya jga kurang percya ki ma mantra 2
    kta guru ngji saya bismilah it lbih berat bobot nya dri pda bumi ini
    awali sesuath dngan bismilah
    gthu. . . . .
    he he skdr berbg pngalaman ki. iseng2 mrapal mantra cwe skdr ya tadi iseng doank bkan ng!sengi orang loh ki cma sbgai plepas rasa pnasaran sja
    tpi dngan inti saya cma milik allah asmaul husna
    ya halim ya alim ya aliy ya azhim
    tks ki
    wasalam wr. wb
    smga shat slalu bwt ki umar jogja n keluarga

  46. Y saya jga pngaml bebrapa hizb(bahr,nasr,ikhfa,nawawi,ghozali) dari seorang kiai d Kebumen(kh Makhfudz Mubarok purwsri puring dan kiai Munir) 5 th sya istqomah,tpi 3th trakhr tdk rutin.ap tdk ad madlart.?

    • Lebih baik tanyakan kepada Guru anda tersebut

  47. ki sy mau izajah ijib tersebut tolong berikan doa-doa dan tatacaranya

  48. ass… maaf Ki. ..mempelajari hal” seperti itu….tidakkah mengandung syirik Ki…?? bagai mana dgn yg mendapatkn titisan perlukah di amalkan…..?? bagai mana dgn ilmu” pengobatan yg meminta balas jasa/imbalan tdkkh mengurangi nilai dn tujuan ilmu karomah itu sendiri Ki….?? mohon pencerahannya? ? wassalm….

  49. Assalmualaikum WR.WB ad seseorang yg tdk sy kenal bertamu ketetangga sy tp dia ketemu sy langsung nanya bahwa sy sedang terkena masalah,rumah tangga dll, orang tersebut mau menolong sy dg menyarankan khodam atau hizib, sy tidak mengerti apa orang tersebut benar mau menolong atau apa, sy takut tertip[u tp dia bilang dia mau menolong dan tdk meminta bayaran krn memang sy tdk pnya uang dan sedang terperuk dalam segala hal, keuangan,rumah tangga dll apa sy harus percaya org itu? tolong sy.. terima kasih..wassallam

    och yach maaf ki sblmnya orag tersebut menemukan sebotol minyak didepat rumah sy yg disimpan dipot bunga dan katanya itu kiriman/simpanaen orang yg mengerjai keluarga sy dg ilmu sihir dan mengancam keselamatan keluarga sy, sementara ini sy lebih banyak tahaajud dan wiridan utk melindungi keluarga sy krn hanya itu yg dpat sya lakukan, krn sy tdk mengerti hal2 mistik, haruskah sy percaya pd orang yg tdk sy kenal dan tiba2 dtg ke rumah tetangga sy dan dia tahu masalah sy.. tolong sy kie..terima kasih.

    • Wa alaikum salam wrwb

      Tak perlu dipercayai, tetap dawamkan amalan tahajud & wiridan itu saja.

  50. Nama saya : Dedi Iskandar
    Ttl. : Tangerang,06 Juni 1986
    Anak pertama dengan 1 adik.

    Mimpi aneh
    1. dari arah kulon trdapat pohon besar sebelah dunia seperti beringin rimbun dedaunan dgn kerlip cahaya sprti bintang,ternyata itu cahaya dari manusia dgn jubah2 putih berkilauan,

    2.Diajak 2 wanita kiri Dan kanan saya memegang lengan saya lalu diajak bertemu Ibu Ratu,seketemunya saya lngsung mncium tangannya (siapa ibu ratu itu?)berkebaya bersaung(bukan istana) diatas LAUT,

    3.Ditolong seekor Macan pUtih besar dgn bulu mnylimuti kulit tak seprti macan biasa,macan putih itu tebal bulunya kira2 1 helai panjangnya ±1 jengkal ,menolong saat saya hendak di sergap macan2 loreng biasa. Saat dia mengaum mereka yg lain trbirit2.(saya memanggilnya : Eyang Maung)

    APA maksudnya ? Sya lagi Cari makna mimpi itu…

  51. Assalamu’alaikum.saya mau Nanya Gimana ya supaya dpt ijazahnya thariqat syadziliah ini krn disini ga ada mursyid thariqat tersebut tolong jwbannya di kirim k nmr 085386301945

    • Maf skdr mmbntu..
      pengen ikt jamiyyah thoriqot dzadiliyyah y?
      Datang sj y ke kanzus sholawat t4 habib lutfi pekalongan pd hr jumat kliwon pg hr,,lngsung ijazah dsana..gt..

  52. bermanfaat sekali ki,memang hizib di ajarkan melalui mursyid pada thoriqoh jadi kepada para saudara2 yg ingin belajar,,bukan hanya berdasar tulisan ato bacaan untuk pelafalan..karena dikhawatirkan adanya pengaruh2 yg berniat tidak baik ato terkadang disebut khodam jin..Wallahu alam,,

  53. assalamu alaikum….ki umar yogya
    saya ingin bertobat dan saya sudah memulainya
    dalam 1 bulan ini,,minta tolong ki saya orang awam
    dgn islam,saya ingin lebih mengenal allah
    saya butuh pembimbing…..kiranya ki umar bsa membantu saya
    …..wassalam…..

  54. ass………….. ki tolong di share ke imael. jazakalllah…..

  55. Ass, nama saya Hendri Johari. saya sangat tertarik dengan Hijib Maghrobi tetapi saya tidak memiliki seorang pembimbing dan belum memiliki amalannya. sekiranya ki Umar mau mengajarinya dan memberikan amalannya, sangat senang hati. bagaimana dampak jika seseorang yang benar benar mau belajar tanpa seorang pembimbing. mohon petunjuk dari Ki Umar. hatur nuhun

  56. Asslmualaikum. : apa semua bacahan atau ayat_hizib itu beda-beda. seperti halnya saya di lombok dengan penerus Alm.Tuan Guru Maulanasykh ( Tuan Guru Pancor ).

  57. Ass. saat ini sy lagi nganggur tdk bekerja, tlg ki amalan apa yg cocok agar bisa bekerja kembali. wassl. Aden

  58. salam ki guru umar, sangat mendambakan jawaba tentang penerawangan diri saya, dan mohon nasehat guru, saya pewaris no.120621420 sekalian tanya kitab nya, matur suwun guru. alfatecah

  59. assalamuaalaikum ki Umar, saya ingin bertanya siapakah sheikh yang mengamalkan hizib barqi….?

  60. Ass. Apa kbr Ki? Ki mohon ana di terangkan mngenai “RASA”, kalo blh tau, 1.Apa itu RASA.
    2.Dari mana asalnya RASA.
    3.Di mana tempatnya RASA.
    4.Kalau manusia sudah mati, kemana itu si RASA.
    Terimakasih atas keterangannya Ki, smg brmanfaat buat sy khususnya, dan org yg suka mnuntut pngetahuan umumnya.
    Wsslm,
    Nur Kholis Muria.

  61. ass,maaf saya mau tanya Ki, saya pernah dipanggil tetangga disuruh syareati orang tuanya yang sudah tua sekali ,anaknya bertanya gimana orang tua saya apa punya ilmu atau bagai mana.(asnawiyah bin hasan ) nuwon solusi suwun saak derenge Ki

  62. Assalamu’alaikum Ki,
    saya mau nanya , kalau hizib nashar itu kegiatan rutinitas yang dibaca sehari-hari dipesantren (Nurul Jadid – Paiton Probolinggo) setiap habis sholat magrib, apakah itu sudah dinamakan diijazahkan sama guru/mursyid?
    Wassalamu’alaikum Ki,

  63. Apakah hizib itu haram pak ustad, dan apakah hizib pengasihan nabi yusuf juga haram, dgan tujuan ingin di cintai di masrakat umum sehingga menjalin hubungan silaturahmi yg baik, dan ingin di cintai seseorg yg kita cintai…
    Mhon penjelasannya pak ustad..

  64. Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Mau tanya Ki apakah boleh cara memperoleh hizib dengan mengganti mahar?

  65. Assalamualaikum ki umar.sya mau tanya hizib barqi setelah puasa pakai syukuran apa tidak

    • Wa Alaikum salam wrwb.
      Sebaiknya memakai syukuran. Agar ilmu lebih berkah dan bermanfaat.


Silahkan Bertanya & Berdiskusi dengan Sopan :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: