Oleh: Ki Umar Jogja | 27 Februari 2018

Klarifikasi tentang artikel copy-paste

Dunia Maya Penuh Copy-paste & para Plagiat

Assalamu alaikum wrwb,

Salam pamuji rahayu katur para sedulur sedaya,

Beberapa hari yang lalu (20 Februari 2018) di artikel Kajian Asma Sirr ada seseorang yang berkomentar mengatakan bahwa artikel (asma sirr ini) adalah copy-paste dari blog lain!

Maka saya hendak mengklarifikasi mengenai hal tersebut. Agar anda para pembaca mengetahui yang siapa yang sebenarnya si Plagiat.

Perlu anda ketahui bahwa blog Rasa Sejati ini saya buat pada tahun 2009. Setiap tulisan yang ada di blog ini adalah hasil pemikiran saya pribadi. Dan setiap selesai menulis saya cantumkan nama saya dan alamat blog rasa sejati dibawah artikel. Tujuannya agar para pembaca tahu, dan saya pun bisa mempertanggungjawabkannya. Namun ada juga beberapa artikel yang saya salin dari tulisan orang lain, maka saya cantumkan nama si penulis itu dibawah artikelnya (bukan nama saya – sebab itu bukan hasil tulisan saya). Jika tidak tercantum sama sekali, itu artinya saya tidak dapat menemukan lagi sumbernya.

Saya adalah seorang lulusan akademisi (Teknik Mesin), bahkan dulu pernah 6 tahun mengajar di sebuah perguruan tinggi di Yogyakarta, oleh karena ini saya tahu, paham dan sadar akan aturan karya tulis. Menjiplak, Plagiat (copy-paste tulisan orang lain lalu dikatakan tulisannya sendiri) adalah tindakan yang memalukan bagi para penulis. Jika anda seorang mahasiswa, sarjana atau penulis pasti sadar betapa memalukan dikatakan sebagai seorang plagiat. Maka saya sangat menjaga harga diri saya dari hal semacam itu. Sebab tujuan saya membuat BLOG adalah untuk menulis buah pikiran pribadi, bukan sekedar copy paste dari tulisan orang lain, buku/kitab lain, ataupun web lain.

Mengapa artikel disini ada yang sama persis dengan yang ada di blog / web lain?

Untuk mengetahui keaslian (originalitas) artikel, anda para pembaca dapat melihat tanggal publikasi artikel tersebut. Coba anda bandingkan dengan blog / web lain, siapa yang lebih dulu mempublikasikannya? Kedua, lihat kolom komentar dibawahnya, tanggal-tahun berapa diskusi di kolom komentar itu? Bandingkan dengan blog/web lainnya. Dua syarat itu harus ada. Maka akan anda dapati setiap artikel di blog Rasa Sejati ini adalah yang kali pertama. Sebab sungguh artikel di blog ini asli-original tulisan saya sendiri (Ki Umar Jogja)!

Ketiga, apabila tanggal-tahun bisa dimodifikasi dengan cara tertentu (ilmunya bloger), yang saya tidak tahu, maka para pembaca bisa bertanya, konsultasi, mengetest si penulis artikel tersebut. Sebab seorang penulis yang asli, akan paham betul dengan apa yang ia tulis.

Saya begitu kaget, ketika mengetahui banyak tulisan-tulisan saya serta image (gambar rasa sejati) yang telah dicopy paste oleh orang lain (blog / web lain) tapi tidak menyertakan nama saya atau blog rasasejati sebagai sumbernya. Bahkan ada bloger yang tidak punya adab sopan-santun, berbuat hal yang memalukan yaitu berbuat plagiat, dengan mengganti nama saya dengan namanya sendiri, seolah-olah itu hasil tulisannya sendiri. Padahal ia hanya mengcopy paste tulisan saya. Adapula blogger yang menghapus watermark “blog rasasejati” di gambar / image / foto editing Rasa Sejati lalu menggantinya dengan nama blog dia.

Sebenarnya saya telah mengetahui tindakan para plagiat ini sejak lama (2011) tetapi selama itu saya hanya diam. Tapi kini, ketika seorang penulis yang asli malah dikatakan mengcopy-paste tulisan orang lain, saya merasa harus membuat sebuah klarifikasi.

Saya telah mendedikasikan waktu, tenaga, buah pikiran (tulisan, kajian, menjawab setiap pertanyaan dan komentar) dan kesediaan memberikan ijazah amaliyah ilmu hikmah (Wirid) untuk anda para pembaca blog Rasa Sejati ini. Ketika mengetahui tulisan-tulisan saya diklaim oleh orang lain / blog lain, sejujurnya hal itulah yang membuat saya menjadi malas untuk menulis lagi.

Tanpa merasa diri paling benar, dan tidak pula bermaksud menggurui. Setiap tulisan di blog ini merupakan opini pribadi saya sendiri, tidak mewakili pendapat semua spiritualis / paranormal / para Guru ilmu hikmah. Apabila anda para pembaca merasa setuju dengan setiap tulisan saya, dan ingin menyimpan (save), atau menyalin atau mengcopy untuk disimpan sebagai arsip pribadi, saya persilahkan. Tidak ada larangan. Dan apabila anda ingin mengshare, mengcopy untuk diposting ke blog / web anda pribadi, maka seyogyanya anda mencantumkan nama penulisnya / sumber pengambilannya (blog rasasejati). Agar tidak timbul fitnah seperti kejadian ini dimasa mendatang. Bukankah fitnah itu hal yang keji? Besar dosa dan karmanya?

Apakah para plagiat itu percaya Karma?? Entahlah.. tapi yang pasti Gusti Allah mboten sare (tidak tidur) sing salah mesti seleh, sopo sing bener ora bakal keblinger.

Keaslian artikel blog Rasa Sejati dapat dipertanggungjawabkan, sebab sudah banyak pembaca yang pernah singgah di blog ini, ratusan ribu jumlahnya. Dengan total kunjungan kini (2018) lebih dari 2 juta orang dan blog ini telah dilihat lebih dari 4,3 juta kali (lihat statistik di bawah blog ini). Anda pun bisa baca di kolom komentar, sudah ribuan orang mengambil ijazah amalan ilmu hikmah di blog Rasa Sejati.

Sekali lagi: blog ini sudah dibaca 4,3 JUTA kali, Dikunjungi lebih dari 2 JUTA orang, Ribuan orang pernah mengambil ijazah disini!! Mereka dan para Pewaris menjadi saksi akan keaslian isi blog Rasa Sejati.

Tahukah anda, menulis sebuah pemikiran itu tidaklah mudah, apalagi bab kajian ilmu-hikmah seperti ini. Nyatanya tidak semua blogger bisa melakukannya. Yang banyak malah blog-blog bercopy-paste.

Apabila selama membaca isi blog Rasa Sejati ini anda merasa mendapatkan manfaat, pencerahan, atau ilmu, mari bersama-sama menjaga originilitas tulisan-tulisan ini. Silahkan ditinggalkan sepatah kata di kolom komentar, entah itu berupa salam, atau pertanyaan. Jangan lupa klik SUBSCRIBE di bawah blog ini, maka setiap ada tulisan baru anda akan langsung mendapat notifikasi (pemberitahuan) melalui email yang anda daftarkan. Dan jangan lupa Sertakan nama penulis, jika anda hendak menyalin / mengcopy-paste tulisan-tulisan disini.

Semoga gusti Allah senantiasa memberi kita petunjuk kepada kebenaran!

Nuwun,

Ki Umar Jogja

rasasejati.wordpress.com @27 Februari 2018

 


Responses

  1. salam Rahayu Wilujeng ki Umar Jogja
    Memang benar apa yang ki Umar Sampaikan

    Semoga dan semoga Amin

  2. Aamiinn,,,,,,
    Terimakasih ki guru karena telah banyak meluangkan waktu,tenaga dan pikiranya untuk membimbing kami baik pewaris atau non pewaris….
    Salam rahayu….

    • Aamiin…
      🙏

  3. Salak takdzim Ki Guru… Semoga para pembaca hasil copy paste selama ini di tempat lain tsb bisa sampai di Rasa Sejati, agar bisa mengerti dan memahami, belajar dan mendapatkan pangestu atau ijin dari Ki Guru langsung.
    Supaya barokah ilmunya terasa bukan malah mendapat karma ilmu, yg menyulitkan kehidupan para pelaku ijasah abal – abal.

  4. Salam Ki Guru..

    Semoga Allah SWT menyadarkan mereka “para plagiator” untuk kembali ke jalan yang terpuji. Hargailah hasil karya seseorang, bersikaplah sportif dan bertanggung jawab. Akan lebih baik lagi bila bisa bergabung dengan Sanggar Rasa Sejati Ki Umar Yogya..

    Terima kasih..

  5. السلام علیکم

    Ki Umar yang saya hormati ,, dulu saya sudah pernah minta izin mengamalkan Asma Sirr ini bahkan pernah puasa 3 hari. Tp berhubung karena ki Umar dulu pernah mundur karena alasan sesuatu,maka saya tinggalkan juga amalan ini,,kini saya mohon izin lagi untuk mengamalkannya.teruma kasih..

  6. Semoga ki Umar jogja senantiasa dilindungi Allah Swt dlm segala aktifitas.. Aamiin

  7. waalaikum salam wr wb..
    sy percaya blog RASA SEJATI ki Umar Jogja yg tulis n buat,krn sy dr thn 2011 mnmukn n mlht2 blog ini,,

    smg Allah SWT senantiasa merahmati Ki Umar Jogja n ilmu2 hikmah yg Aki wariskn..tmbh berkah n manfaat bagi aki khususnya n bagi para pembaca,pengamal umumnya..aamiin

  8. walaikum salam wr wb

    sy percaya blog Rasa Sejati Ki Umar Jogja yg tulis n buat,

    smg Allah SWT selalu merahmati Ki Umar Jogja n klwrg..aamiin
    smg ilmu2 hikmah yg Aki wariskn ini..tmbh berkah n bermaanfaat bwt Aki khususnya n bwt para pembaca,pengamal umumnya..aamiin

  9. Blog yang sangat bagus dan berkuwalitas

  10. Saya mula mengikuti blog Rasa Sejati mulai 2010 dan telah menjadi pewaris Rasa Sejati pada 2011. Memang diakui begitu banyak sekali yang menciplak atau plagiat hasil karya Ki Umar dari Blog Rasa Sejati terutama dalam kajian asma sir…sekali pandang sudah tahu diambil dari Blog Rasa Sejati…pewaris2 yang terdahulu sudah pasti maklum.

    • Terimakasih atas support-nya.

      • Sama-sama. Semoga Ki Umar sentiasa dalam rahmat Allah swt. selamanya…aamiin.

  11. Salam ki Umar,. Saya sangat yakin dan percaya konten/ kajian ilmu yang ada disini hasil dari pemikiran ki Umar krn saya sdh mengikuti blog ini sejak 2011 dan meyakinkan diri sebagai pewaris ilmu Rasa sejati. Smg segala kebaikannya menjadi ladang amal dan diberi ganjaran yg melimpah
    Aamiin YRA

  12. Asslama’ualaikum wr. wb.
    Ki… saya Muhtadi dari Lampung salam kenal..
    saya mau nanya.. apakah boleh dan di ijinkan jika saya mengamalkan laku yang ada di artikel ki umar…
    Jika boleh matur sembah nuwon..
    Jazakallah khairan katsiran…

    • Wa alaikum salam wrwb
      Silahkan diamalkan. Semoga berkah dan bermanfaat.

  13. Saya membaca Asma Sirr di blog Rasa Sejati tahun 2010. Waktu itu saya belum menemukan sepotong kalimat Asma Sirr pun di internet. Setiap browsing ttg Asma Sirr, blog Rasa Sejati-lah yg muncul paling atas. Di blog Rasa Sejati, selain ada halaman Asma Sirr dan khasiat serta testimoni pengamal juga ada kajian lengkap ttg makna dan rahasia Asma Sirr di halaman lain.

    Tpi beberapa tahun kemudian blog Rasa Sejati sepertinya tdk diaktifkan slma beberapa thn. Setelah itu saya browsing lgi ttg kalimat Asma Sirr dan saya menemukan bnyk sekali hasil copy-paste tulisan Ki Umar di blog Rasa Sejati ttg Asma Sirr dan kajian Asma Sirr olh blog2 lain bahkan ada yg ditawarkan dgn mahar dgn jumlah tertentu dan pengisian energi.

    Sayapun dlu sempat mengamalkan Asma Sirr ini sampai beberapa bulan, tpi kmudian berhenti dan sekarang ini mulai mengamalkan lgi. Terima kasih Ki Umar atas ijazahnya.

    • Salam.
      Terimakasih atas segala dukungannya. Semoga blog ini bermanfaat bagi para pembaca, khususnya bagi anda sekeluarga.

  14. asalamualaikum..pak mau tanya anak saya laki2 lahir jumat pon tgl 22 juli 2016..namanya mohammad fathir assegaf.. kenapa kerjaanya nangis aja nangisnya tanpa sebab.. sering x di ganguain makhluk halus tiap saya tanyain ke orang pinter.. asli saya orang jawa, istri orang banten tapi ini posisi di banten pak.. tolong pak pencerahanya.. kenapa anak saya ini

  15. Semoga selalu berkah ki umar…Aamiiin


Silahkan Bertanya & Berdiskusi dengan Sopan :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: