Oleh: Ki Umar Jogja | 24 Agustus 2017

Bulan Terbaik untuk Riyadhoh

MEMILIH BULAN UNTUK RIYADHOH

*

Tanya : “Salam Ki Guru. Kapankah masa terbaik untuk memulai riyadhoh?”

Dalam setahun ada 4 bulan Haram yaitu bulan Rajab, Dzulqaidah, Dzulhijah, Muharam (Suro), setiap bulan tersebut memiliki keutamaan masing-masing.

Bulan Dzulhijah ini adalah salah satu dari 4 bulan Haram, yaitu haram untuk berperang / bermusuhan / bertikai / berkelahi. 10 hari diawal bulan Dzulhijah sangatlah istimewa, jika di bulan Ramadhan ada malam Lailatul qadar (satu malam yang lebih baik dari seribu bulan) maka 10 hari di awal bulan Dzulhijah ini setiap amal sholeh dicintai Allah swt, bahkan pahala sepadan berjihad.

Rasulullah saw bersabda : Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi saw menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.

Penuhilah awal bulan ini, sampai nanti tiba hari raya Qurban, dengan amal sholeh (Puasa, Wiridan, Sholat malam, Sedekah/Donasi, Membantu sesama, Mencukupi kebutuhan para saudara). Raih keutamaannya, sebab fadhilah masa ini tidak ada dibulan yang lain.

Dalam 4 bulan Haram, bagi masyarakat umum ini adalah masa yang aman, boleh pergi dan melakukan aktifitas kehidupan dengan hati tenang. Bagi kita para spiritualis bulan ini bagus untuk riyadhoh Babagan Hawa Sanga. Guna meningkatkan kualitas iman dan menguatkan jati diri Ingsun Sejati.

Pengertian Riyadhoh secara bahasa adalah latihan, pengertiannya meliputi :

1. Latihan sedikit MAKAN sampai mampu mengurangi gelora nafsu syahwat.
2. Latihan sedikit TIDUR sampai dapat menjernihkan kemauan dan keinginan.
3. Latihan sedikit BICARA hingga dapat selamat dari berbagai malapetaka.
4. Latihan TABAH menghadapi kenyataan pahit, hingga muncul kesabaran yang tinggi.

Ingat, jangan menganiaya diri / mendzalimi diri sendiri / berbuat maksiat ataupun permusuhan apalagi mengikarkan perang di bulan-bulan haram ini! Tiada bantuan ghaib / khodam malaikat bagimu para pengamal ilmu hikmah yang berniat jahat / permusuhan apalagi di bulan haram ini. Mereka sedang libur… 😁

Gunakanlah bulan Haram ini untuk banyak beramal sholeh dan riyadhoh babagan hawa sanga (mengendalikan 9 lubang hawa di badan, yang menjadi pintu keluar masuknya nafsu).

Bagi saya, bulan-bulan haram menjadi momen untuk merefresh amalan, men-charge-nya, mengaktivasi dan penyegelan. Oleh sebab itulah 4 bulan Haram menjadi bulan Riyadhoh.

Janganlah berangan-angan panjang, ingin cepat bisa ini-itu. Riyadhoh yang baik itu adalah yang penuh kemurnian sebagaimana makna dari Riyadhoh itu sendiri.

Jangan dirisaukan mengenai imbalan karunia, karomah, maunah atau daya linuwih (shakti), sehingga membuat tidak khusyuk dalam masa riyadhoh, bahkan menodai amalan riyadhoh sebab boleh jadi itu hanya keinginan2 hawa nafsu.

InsyaAllah, kelak Allah sendiri yang akan memberikan karunia itu, yang boleh jadi anugerah dariNYA itu lebih baik & lebih tinggi daripada apa-apa yang selama ini dijadikan angan-angan panjang.

—o0o—

Ki Umar Jogja

Rasasejati.wordpress.com


Responses

  1. Alhamdulillah Ki, atas reminder nya utk 4 bln yg diharamkan utk bertikai…
    Dan melakukan 4 (empat) hal utk meningkatkan kemampuan spiritual kita

  2. Alhamdulilah bisa baca-baca tulisan ki umar lagi, walau blm mengamalkanya,
    Ki sy mau masuk ke page konsultasi knp tidak bisa ya?dari link di email, apa yg dimaksud kolom komentar?
    Atau ada alamat email / yang lain ki untuk konsultasi,?
    Matur Nuwun

  3. Allahamdulillah ki bs masuk Email ki umar maklum gaptek

  4. izin nyimak

  5. Artikel yang cukup inspiratif memberi banyak pencerahan spiritual bagi mereka yanf mencari jalan menuju Tuhannya atas izin Allah Azza wa Jalla. Keren dan bermanfaat.


Silahkan Bertanya & Berdiskusi dengan Sopan :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: