Oleh: Ki Umar Jogja | 18 Oktober 2017

Pekerjaan yang cocok

Pekerjaan Apa yang Cocok bagi saya..?

Assalamualaikum Ki Guru. Nyuwun dawuh panjenengan, tentang pekerjaan saya. Selama ini saya jualan sayur lalapan, hampir 5 tahun.
Tapi tidak berkembang, belakangan ini malah harga-harga bahan pokok semakin melonjak naik, membuat saya semakin kesulitan. Hasil jualan hampir pas-pasan untuk biaya hidup dan membayar karyawan, tidak bisa menabung, jadinya terasa seperti mengalami sengkolo urip karena terasa berat dalam bekerja. Tapi memang ada saja untuk membayar kewajiban dan hutang.
Saya ingin berganti haluan berjualan mie pedas dan mengembangkan kopi,
Saya lahir hari Rabu Pon. Kedai warung saya menghadap Timur. Sebelum pindah ke warung yang sekarang, beberapa tahun lalu warung saya menghadap utara. Terasa lumintu dulu hasilnya bisa menabung.
Ki Guru apakah usaha kuliner ini tidak cocok bagi saya, jikalau tidak cocok saya harus bekerja apa? 🙏🙏🙏
Pangapunten atas pertanyaan saya ini. Maturnuwun.

Jawab :
Wa alaikum salam wrwb.
Semoga limpahan karunia, rejeki dan kasihsayang Allah senantiasa tercurah kepada panjenengan sekeluarga.

Sebelum menjawab pertanyaan ada beberapa hal yang perlu saya tekankan kepada anda semua para sedulur yang berkonsultasi.

Pertama, saya sangat percaya bahwa setiap manusia yang dilahirkan telah membawa blue print (garis takdir) yang akan dilalui dalam kehidupannya selama di dunia. Rejeki, jodoh, bencana dan kematian telah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa. Dengan segenap kekuatan jasmani, daya ruhani dan kecerdasan akal manusia hanya sebatas berikhtiar, dan pada akhirnya Tuhan yang menentukan hasilnya.

Dengan berkonsultasi kepada saya, itu berarti anda akan menerima jawaban solusi dari sudut pandang spiritual, supranatural dan metafisika. Bukan dari sudut pandang ilmu ekonomi, marketing ataupun bisnis (itu diluar kapasitas saya) dan anda harus menyadari hal itu.

Saya percaya bahwa waktu kelahiran manusia, baik itu jam, hari, tanggal, bulan, tahun ataupun musim merupakan hal yang istimewa. Dari padanya saya bisa menjadikannya sebagai bahan untuk melakukan pendeteksian alur kehidupan seseorang. Melalui metode ilmu Hikmah (batin), Ilmu Titen (ilmu Alam / Pranata Mangsa) dan ilmu 5 unsur. Pendektesian tidak bisa instan / cepat, seringkali untuk mendeteksi 1 orang saja saya membutuhkan waktu berjam-jam. Itulah mengapa saya tidak buka praktek penerawangan nasib semacam ini (nanti saya tidak dapat bekerja cari nafkah, hanya duduk berjam-jam dalam meditasi penerawangan!)

Panjenengan lahir di mangsa Kapitu wuku Tolu, yaitu musim penghujan. Dimana unsur air menjadi sesuatu yang akan sangat berpengaruh dalam kehidupan anda, baik dari segi kenyamanan hati, hobi, bahkan rejeki. Bila saat ini berniat ingin menjalankan usaha kopi (minuman) saya rasa itu pilihan yang bagus.

Dari pandangan batin, melaksanakan Mandi Ruwat secara berkala sangat baik bagi anda. Terutama saat hari Weton. Tatacara sesuai dengan ijazah yang sudah saya berikan. Ritual sederhana ini akan membersihkan setiap sengkala jika dilaksanakan dengan penuh penghayatan dan penghargaan. Sekalilagi, AIR memiliki pengaruh besar dalam kehidupan anda.

Hari kelahiran menunjukan bahwa anda tipe orang yang teguh, keras dalam kemauan sehingga seringkali suka menyelesaikan pekerjaan sendiri. Lebih suka langsung bertindak (action) daripada banyak mikir. Sedikit bicara banyak bekerja. Agak sulit dalam beradaptasi dengan hal yang baru, tapi sifat dasar anda yang pantang menyerah akan menjadi penyemangat. Saya mengutarakan hal ini, agar dapat dijadikan bahan intropeksi diri agar nantinya dapat menempatkan diri (patrap) dengan tepat, bahkan menjadi bahan acuan untuk mengenali pekerjaan yang cocok sesuai karakter diri.

Saya tidak akan menjawab pekerjaan apa yang cocok bagi anda, sebab pernah terjadi jawaban dari pertanyaan semacam itu malah dijadikan “bumerang” untuk saya. Silahkan tentukan dan putuskan saja sendiri, doa saya selalu mengiringi setiap pilihan anda.

Pada intinya karakter anda seperti Baja, keras dan kaku tapi disuatu kondisi dapat luluh cair, mudah patah semangat, melankolis bahkan romantis dengan ekstrem. Mungkin saat ini, begitulah kondisi diri anda beberapa bulan terakhir ini yaitu musim panas (unsur Api). Jika anda percaya fengshui, tahun 2017 ini adalah tahun Api! Lho koq pas?Tapi nanti ketika nanti bertemu dengan suatu masa yang mengandung dominan “unsur tanah dan logam” anda akan kuat kembali. Saat itu “unsur Air” akan menjadi ladang keberuntungan (rejeki) bagi panjenengan. Dan itu ada / terjadi di jangka waktu yang berunsur “Kayu”. Ini adalah ungkapan chandra / sanepan – Jawa, jangan dipahami secara materi. Secara gamblang, bulan-bulan di awal tahun Masehi adalah masa kebaikan / keberuntungan bagi anda (banyak mengandung unsur Air). Hal ini senada dengan petuah para leluhur dalam Kitab Pranata Mangsa, masa jaya bagi mangsa Kapitu ada di bulan Januari dan Februari. Lho pas lagi?! Hehe…

Penerawangan jangka panjang: insyaAllah ada perubahan membaik mulai tahun 2018 sampai 6 tahun mendatang, merupakan masa-masa yang baik, nyaman dan berpeluang membawa banyak rejeki bagi anda. Gunakan sebaik-baiknya, jangan lewatkan setiap peluang yang ada. Tapi tetap gunakan nalar akal sehat dalam mengambil keputusan.

Dari Wuku terlihat masa jaya kelak ada dibelakang, bahwa perjuangan & kerjakeras tidak pernah mengkhianati hasil. Jadi tetaplah semangat dalam bekerja dan usaha. Karena itulah inti manfaat dari penerawangan seperti ini, sebagai penyemangat.

Mengenai arah hadap, anda hindari saja menghadap Barat dan Barat laut. Terbaik adalah Utara dan Timur.

Demikian jawaban saya, teriring doa untuk kesuksesan anda.

Nuwun

Ttd

Ki Umar Jogja


Responses

  1. Assalamualaikum Ki Umar,saya mohon petunjuk Ki, untuk menghilangkan pesimisme dan rasa takut kepada manusia” apa amalannya ya Ki? terimakasih sebelumnya,semoga Ki Umar berkenan. Wassalamualaikum

    • Wa alaikum salam wrwb,

      Khusus untuk panjenengan amalannya perbanyak puasa, kurangi makan dan tidur. Agar nafsu lebih terkontrol. Nanti bila jiwa raga semakin bersih, niacaya hilang rasa takut kepada sesama makhluk.

  2. Luar Biasa Pembabaran Ki Guru Umar,.. Semoga Kangmas akan di mudahkan Rejekinya oleh Yang Maha Kuasa..

    • Leres kangmas pembabaran Bopo Guru sangat luar biasa 🙏

  3. Assalamualaikum Ki Umar.
    Mohon penjelasan “MAKAN DAN MINUM KARENA ALLOH BUKAN KARENA NAFSU”.
    Terimakasih sebelumnya.
    wassalamualaikum wr.wb

    • Mohon maaf bila saya lancang menjawab Ki Guru ..
      Makan dan minum karena Allah maksud nya, ” makan bila rasa lapar telah tiba dan berhenti makan sebelum kenyang, inti nya secukup nya saja yang penting bisa untuk bekerja dan beribadah.
      Sedangkan makan karena nafsu, ialah makan dengan bermacam2 hidangan, dan makan sampai kekenyangan .

  4. Ki,
    Saya ingin bertanya,
    Kenapa ya saya susah dapat jodoh?
    Setiap cowok yang saya suka dan dekat dengan saya mereka bs tiba2 menjauh.
    Terkadang saya bertanya2 apakah ini adalah karma saya?
    Mohon petunjuk Ki
    Terima kasih

    • Salam

      Adalah hal yang baik bila anda mengetahui tentang Karma. Perbanyak istighfar, insyaAllah lekas dikaruniai pendamping hidup.

      Jika perlu, lakukan Ruwat Diri untuk membersihkan diri jasmani & ruhani.

      Teiring doa untuk anda.

  5. KI saya mau bertanya, mengapa jalan rejeki saya ini rasanya sulit sekali , jalan hidup saya berat, kegagalan demi kegagalan senatiasa mewarnai perjalanan hidup saya. Bahkan pekerjaan yang sudah saya lakukan dengan benar sekalipun tetep saja ujung ujungnya saya dipecat. Sejak saya dikeluarkan tanpa kesalahan dari perusahaan itu 5 tahun yang lalu rasanya hidup saya lebih sulit dari sebelumnya. Usaha selalu gagal, pekerjaan gak punya, dagang merugi. Bingung saya ki, sampai harus nunggak uang sekolah, cicilan dan tanggungan lainnya. Padahal segala macam amalan dah saya jalani , segala macam ritual, do’a dah saya jalankan tetapi tetap saja kegagalan demi kegagalan melanda. Pintu rezeki saya rasanya sempit sekali , saya sering mimpi menuruni sesuatu dan sering setelah itu kami mengalami kesulitan.
    Saya minta tolong ki mungkin ada jalan bagi saya untuk membuka pintu rizki dan menyelesaikan segala kesulitan saya. Saya lahir rabu wage tanggal 21 maret 1973, sedangkan istri saya , selasa pon 30 des 1975, anak saya 28 Mei 2005
    Maturnuwun sebelumnya

    • Salam
      Saya membaca komentar anda penuh dengan aura negatif (putus-asa).

      Jika anda mampu memandang semua pengalaman itu dengan pikiran yang positif, dan ambil hikmahnya, maka itu bisa menjadi tanda bahwa anda punya bakat menjadi orang sukses & kaya.

      Jika anda tidak mampu mengambil pelajaran dan terus berpikiran negatif, itu tanda anda akan terus seperti itu, sial & rugi, unhappyness (tidak bahagia) bahkan seumur hidup.

      Dalam usaha Kegagalan itu hal yang biasa terjadi. Berani bangkit & pantang menyerah itu luarbiasa. Saya mengamati dari para orang sukses, mereka memiliki keuletan dalam dirinya.

      Rejeki itu sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Tugas kita hanya berusaha – berikhtiar lahir & batin (fisik, akal dan berdoa). Setiap amalan Wirid yang dibaca dengan istiqomah itu tidak sia-sia. Cepat atau lambat akan terasa juga khasiatnya. Hanya orang yang “mutung” (berhenti mengamalkan / tidak tekun) yang tidak mendapatkan apapun dari amalan ilmu wiridnya. Tidak ada ilmu hikmah yang lebih sakti daripada ilmu hikmah lainnya bila tidak diamalkan dengan tekun.

      Anda sudah memiliki Pengalaman dan Amalan, kurang apalagi?
      Bersyukurlah, semoga Gusti Allah menambahkan nikmat karuniaNYA kepada panjenengan sekeluarga.

      Demikian jawaban saya.
      Nuwun

  6. Sendiko dawuh Ki Guru…maturnuwun katah pembabaripun, mugi di ijabah Gusti Allah ta’ala. Al Fatihah…

  7. ki, saya ingin menjual rumah di medan posisinya, rumah strategis dan pinggir jalan, dan dijual dg harga murah, sudah banyak org pintar yang saya minta tolong tapi belum laku juga ki, padahal uang sya semakin menipis, tlg saya ki apa yg harus sy lakukan, kalau boleh saya ingin ngobrol langsung saya ki Umar

    • Salam.
      Saya telah mengijazahkan amalan untuk menjual tanah & property. Anda boleh mengamalkannya. Semoga lekas terjual.
      Nuwun.

  8. Assalamu alaikum wr wb
    Ki saya mau bertanya tentang jodoh,kalau kelahiran sabtu pon sama rabu legi cocok gak ki kira2?
    Matur suwon sak derenge ki umar

    • Wa alaikum salam wrwb.
      Tidak sesederhana itu. Lebih baik tanamkan rasa optimis dalam hati dengan doa yang sungguh2 lalu berusahalah. Semoga bahagia selalu.

  9. Assalamu’alaikum wr wb
    Mohon sarannya ki Umar jika berkenan.
    Sejak rumah saya direnov, pintu diganti gebyok kudus(ada pentokan dibawah pintu) sama ada tangga / undangan dikit pas didpn pintu ( masukin motor saja tdk bisa).
    Sejak itu rezeki jd seret. Suami yg udh kerja enak tiba2 keluar. Kini harus mulai dari bawah ( gaji kecil). Dan saya harus jualan dipasar untuk nambahin. Tapi lg sepi jg. Jadi mo saya pindah kerumah jualannya krn tekor buat sewa pasar.
    Haruskah merubah pintu? Mohon saran.
    Sama mohon izin mengamalkan amalan kerezekian di blogspot ini
    Terimakasih
    Wassalamualaikum

  10. Assalamu’alaikum.Wr.Wb.
    Salam Santun dan ta’dzim sy utk ki umar. Nama Sy M.Endriyansyah asal sy dr bogor jawa barat. Sy ingin sekali konsultasi dgn ki umar lewat WA atau tlp,krn dari dulu sy ingin sekali ijazah langsung ke ki umar,namun terhalang dgn biaya,sy mohon doa semoga sy di berikan keleluasan rezeki utk bs silaturahim ke ki umar,krn sy ingin sekali ijazah langsung menjadi pewaris ilmu hikmah di rasa sejati. Terima kasih atas doa dan bimbingannya. Wassalamu’alaikum.Wr.Wb..


Silahkan Bertanya & Berdiskusi dengan Sopan :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: