Oleh: Ki Umar Jogja | 11 Januari 2019

Ebook RasaSejati dilain perguruan

Assalamu alaikum wr.wb. Sakderengipun kawulo nyuwun pangapunten ki, niki saking kawulo Pacitan ada yang saya mau tanyakan. Saya pernah memahari ilmu Asma Sunge Rajeh dan Asma Maha Rajeh dari padepokan Wahyu Agung asuhan mbah Partok. Saya tidak datang langsung tapi melalui kiriman untuk buku panduan (ebook) dan garam Asma’nya. Setelah buku (ebook) sampai saya baca itu dari Ki Umar (Rasa Sejati).

Apakah saya sah/boleh mengamalkan semua yang ada dalam buku itu walaupun saya tidak ketemu langsung Ki Umar dan tidak memaharinya kepada Ki Umar??

Nuwun. Wassalamu alaikum wr.wb

Jawab :

Wa Alaikum salam wrwb.
Salam kenal kembali. Mugi panjenengan tansah pinaringan keselamatan, kesehatan & nikmat iman Islam.
Untuk kesekian kalinya saya membuat klarifikasi / keterangan mengenai kejadian semacam ini. Dalam tulisan ini selain menjawab pertanyaan anda, juga saya tambahkan beberapa keterangan yang berkaitan dengan hal ini.

Apakah Mbah Partok anggota Pewaris Sanggar MAYA RASASEJATI??
Sejak saya mendirikan Sanggar Maya Rasa Sejati (tahun 2009) banyak orang telah menimba ilmu disini, baik secara ijazah umum (nonpewaris) maupun Ijazah Khusus Anggota (Pewaris). Ada yang datang langsung, ada yang belajar jarak-jauh (online). Anggota Pewaris terdiri dari berbagai kalangan & profesi, ada yang seorang pelajar/mahasiswa, pegawai, pedagang, Polisi, Herbalis, dan bahkan paranormal. Termasuk didalamnya ialah sdr.Dani Akbar alias Mbah Partok.

Dengan berbagai maksud / tujuan mereka yang berbeda-beda. Ada yang serius hendak belajar / mewarisi ilmu dan ada pula yang hanya ingin mengambil ilmu untuk dikoleksi bahkan dikomersilkan (dimaharkan). Itu urusan & tanggungjawab mereka masing-masing. Sedangkan saya pribadi tidak pernah mengajarkan untuk memaharkan ilmu.

Adapun biaya masuk keanggotaan di Sanggar ini harap dipahami sebagai biaya bimbingan selama para pewaris belajar di Sanggar Maya RasaSejati, bukan sebagai Mahar Ilmu. Saya tidak pernah menawarkan: Asma’ ini mahar sekian, Asma’ itu mahar sekian. Selama ini semua ijazah amalan ilmu Wirid saya berikan secara gratis – tidak ada Mahar ilmu.

(Dulu Kurikulum 2009  biaya bimbingan belajar di Sanggar Maya RASASEJATI sebesar Rp. 350.000,- Sekarang kurikulum 2016 sudah berbeda. Mbah Partok mendaftar jadi anggota tahun 2012, tgl 9 Agustus. Saya belum pernah bertemu dengannya, ia hanya mendaftar menjadi anggota Pewaris, lalu menerima ebook dan begitu saja, sampai saat ini belum pernah komunikasi dengan saya. Berbeda dengan para anggota Pewaris yang lain, terutama para Pewaris yang telah mengikuti acara Pengukuhan Pewaris (Harkat), saya mengenal baik mereka, sebab sering berdiskusi di grup WA, berkonsultasi (bimbingan) dan pernah bertatap muka di acara Harkat)

Bimbingan spiritual dibutuhkan sebab apa yang anda pelajari disini bukanlah ilmu instan, (sejatinya tidak ada yang namanya ilmu instan), ilmu itu didapat dengan belajar (lelaku), perlu proses dan bimbingan seorang Guru (orang yang ahlinya).
Para Alim mengatakan, “barangsiapa yang belajar ilmu hikmah tanpa Guru, maka sesungguhnya ia telah mengambil setan (hawa nafsu) sebagai Gurunya“.

ikatan Pewaris - foto2

Ilmu Wirid yang saya Ijazahkan.
Anggota yang berniat belajar ilmu hikmah, saya ijazahkan amalan-amalan ilmu Wirid untuk diamalkan, yang saat itu memakai Kurikulum 2009. Ada amalan ijazah umum (tertera di ebook) dan 10 amalan Wirid Khusus, termasuk ilmu Asma Sunge Rajeh & Asma Maharaja.

ebook ilmu rasa sejati 2009

Bolehkah anggota Pewaris mengijazahkan amalan ilmu wirid RASASEJATI kepada orang lain?
Setiap anggota Pewaris memang saya berikan kewenangan boleh mengijazahkan ilmu-ilmu yang pernah saya wariskan tersebut kepada siapa saja yang ia kehendaki. Dan itu saya sarankan, agar ilmu bermanfaat bagi sesama. Lagipula anggota Pewaris ada yang telah buka praktek sebagai spiritualis/paranormal / punya padepokan. Silahkan diijazahkan kepada murid-murid anda. Tapi tentu ada adab dan syaratnya. Yang itu mudah sekali.

Yaitu pertama, ijazahkanlah dengan adab yang baik. Termasuk didalam hal adab ini, janganlah plagiat / copy paste isi Blog Rasa Sejati untuk disalin di blog/channel milikmu, lalu kamu ganti nama saya dengan namamu! Begitupula jika engkau telah mendirikan Padepokan sendiri (diluar Sanggar Maya RasaSejati) seyogyanya tulislah kitab amalan padepokanmu sendiri, jangan begitusaja pakai ebook berlogo Rasa Sejati. Sebab hal itu malah jadi menggelikan dan membingungkan murid-muridmu. Khan lucu bila Universitas UGM koq memakai buku panduan berlogo Universitas ITB, umpamanya.

harkat2017-015aHormati & apresiasi karya orang lain.
Saya menulis / mengetik ebook Rasa Sejati ratusan halaman tersebut selama berhari-hari. Dengan niat tulus membuat buku panduan bagi para pewaris yang sedang menimba ilmu di Sanggar MAYA RASASEJATI. Maka janganlah kalian komersilkan/dijual. Saya sedih mengetahui ebook saya dijual oleh oknum diluarsana. Begitupula dengan setiap huruf yang saya ketik di blog ini. Saya persilahkan anda menyimpan / save / copy / salin artikel & lembar ijazah ilmu dari blog ini, tapi sertakan sumbernya dan jangan ganti nama saya dengan namamu seolah-olah itu tulisan hasil pemikiranmu.

Bila anda berpikir saya mendapat imbalan menulis di blog wordpress ini, anda keliru. Ada banyak iklan di wordpress ini, semua itu masuk kantong WordPress. Kami para pemakai platfon WordPress tidak menerima bayaran sepeserpun. Terkecuali beralih ke paket profesional berbayar, tampilan Blog di WordPress bisa bebas iklan, tapi tetap penulis tidak dibayar. Berbeda dengan Youtube, buat Content video bisa dapat imbalan uang dari iklan. Berhentilah mencari keuntungan dari hasil reupload karya orang lain!

prosesi ijazah ilmu hikmah

Syarat mengijazahkan ilmu yang kedua adalah amalan ilmu Wirid tersebut telah diamalkan dengan baik. Dan saya selalu mewanti-wanti, jangan mengijazahkan amalan ilmu Wirid ini kepada siapapun jika anda sendiri belum atau bahkan tidak pernah mengamalkannya. Sebab bukan keberkahan yang akan anda dapatkan tetapi murka Allah. Sebagaimana dalam firmanNYA : “Wahai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Sangat besar kebencian disisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan” (QS. Ash Shaff 2-3).

“Mengapa kamu menyuruh orang lain mengerjakan kebaktian, sedang kamu melupakan kewajibanmu sendiri..” (QS. Al Baqarah 44).

Merasa mendapat keuntungan (materi & ketenaran; dipuji jadi seorang Guru Besar) tapi hakekatnya sedang dalam azab kemurkaan Allah. Na udzubillah..

Dan yang paling afdhol, sebagai seorang pengijazah haruslah paham & mengerti ilmu-ilmu yang hendak diijazahkan itu. Agar bisa menjawab setiap pertanyaan (membimbing) para murid anda. Bahasa lainnya: telah “menguasai” ilmu tersebut (taraf profesional / expert). Untuk bisa mencapai taraf tersebut, diantaranya adalah ilmu haruslah diamalkan dengan tekun / Istiqomah, sampai terwujud Nurul Ghaibiyyah yang menyelimuti diri. Cahaya Ghaib inilah yang ditransfer seorang Guru kepada muridnya.

NURUL GHAIBIYYAH
Nurul Ghaibiyyah (Cahaya yang bersifat ghaib) inilah saripati amalan ilmu-ilmu Wirid yang selama ini kita amalkan. (Ini salahsatu materi ilmu yang saya ajarkan kepada para santri Sanggar Maya Rasa Sejati). Dari pengalaman & pengamatan saya selama menekuni dunia spiritual (lebih dari 15 tahun), Nurul Ghaibiyyah paling cepat terbentuk setelah dawam lebih dari 21 hari atau 40 hari. Itu paling cepat, dan ini hanya terjadi kepada orang-orang yang berbakat saja. Sedangkan saya pribadi, seringkali butuh waktu lebih dari itu. Bahkan Kurikulum Ilmu terbaru (2016) saya membutuhkan waktu 1000 hari (3 tahun) sebelum mengijazahkannya kepada pewaris.
Pada tahun 2012 sampai tahun 2015 saya OFF dari kegiatan blog Sanggar Maya Rasa Sejati, sebab saya saat itu saya menyadari ada kekurangan dalam kurikulum ilmu Rasa Sejati tahun 2009 yang harus segera disempurnakan. Akhirnya saya memutuskan untuk “menyepi” dari kegiatan Blog, selama 3 tahun. Dan awal 2016 mulai menerapkan Kurikulum Ilmu Rasa Sejati yang terbaru, yang dipakai sampai saat ini (2019).

nurul ghaibiyyah

Jika anda sekarang bertanya: Apakah saya boleh mengamalkan semua yang ada dalam buku/ebook itu walaupun saya tidak ketemu langsung Ki Umar dan tidak memaharinya kepada Ki Umar??
Jawaban saya, tentu saja Boleh. Itu sudah menjadi hak anda sebab sudah dimaharkan oleh mbah Partok kepada anda. Tapi saya TIDAK berkenan bila diminta membimbing jalan spiritual anda selama mengamalkan keilmuan tersebut. Sebab sudah berbeda tatacara. Orang yang memberi ijazah & memaharkan ilmu kepada anda itulah yang seharusnya membimbing anda. 
Lagipula saat ini kami sudah tidak lagi memakai Kurikulum ilmu tersebut. Seumpama anda adalah anggota pewaris Sanggar MAYA RASASEJATI, niscaya saya akan membimbing anda ke kurikulum terbaru 2016. Tanpa dikenakan Mahar apapun. Inilah wujud keseriusan kami dalam membimbing anggota Pewaris. Agar mapan keilmuan spiritualnya.

Demikian jawaban saya. Semoga dapat dipahami.

Ki Umar Jogja, @2019


Responses

  1. Salam takdzim Ki Guru,
    Memang begitu banyak tulisan dan ijasah Ki Guru di copy paste, baik yg sudah di edit oleh orang lain untuk diaku aku sebagai hasil tulisan dan hasil olah pikir mereka dan bahkan banyak juga pleg sama persis seperti yang tertulis di sini,
    Sungguh kasihan para pembaca di selain blog Rasa Sejati ini yang berharap dan akan menuntut keilmuan Rasa Sejati jika tanpa doa restu ijabah Guru secara langsung…
    Apalagi jika sampai tertipu dengan memahari suatu keilmuan tanpa ada bimbingan,
    Semoga para pengijasah catutan di tempat lain sadar bahwasanya begitu besar tanggung jawab yg diemban dibandingkan hanya materi atau ketenaran yg didapat.
    Wabil khusus Ki Guru umar maturnuwun selalu membimbing kami, al fatehah…

  2. Assalaamu’alaikum Wr. Wb.
    Yang Terhormat dan dimuliakan Allah, Ki Umar.
    Saya pernah meniatkan untuk menjadi pewaris waris amalan doa rasa sejati, mohon diinformasikan syarat untuk menjadi pewaris berhubung saya pribadi tinggal di daerah Sumatera. Dalam kesempatan ini saya mohon izinnya untuk bisa mengamalkan wirid doa yang termasuk dalam “kategori umum” sebagaimana tertulis dalam e-book yang telah saya Download dari aplikasi Scribd beberapa waktu lalu.

  3. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh..
    Bismillahirrahmanirrahim..
    Salam kagem Ki Umar..salam kenal dari saya pengikut blog Ki Umar..Lyna Dwi Sutjiyowati
    Ki saya mohon bantuannya untuk di bimbing amalan melunasi hutang saya yg menumpuk 1thn terakhir ini..
    Semua dimulai memang kecerobohan saya terlalu percaya dgn seseorang…
    Awal THN 2018 lalu saya kena tipu ±75 JT..belum lagi uang saya sebagian jg di bawa oleh tmn saya hingga kini belum kembali..
    Sekiranya Do’a amalan apa yg bisa melunasi hutang hutang saya tersebut..
    Upaya lahiriyah sudah saya lakukan dgn kerja doubel..pagi -malam..
    Tp belum juga ada hasil yg max..Ki
    Akan tetapi tetap saya Istiqomah..
    Seandainya mmg Krn ujian kehilangan ini mmg sebagai ujian hidup saya .. saya mohon dibimbing untuk mendapatkan jalan keluar dari masalah ini kepada Allah SWT..
    Hidup saya terpuruk 1 THN kmrn
    .niat ingin membahagiakan ibu dgn mengenal seorang malah jadi petaka Ki,😔
    Kini saya terkena imbas kesana kemari ganti lubang tutup lubang..nafas terasa sesak..
    Dulu saya menikah 2003 bercerai 2009 jg Krn masalah ekonomi..hingga kdrt dan semua harta saya habis buat sewa pengacara..hingga saat ini saya belum menikah lagi Krn trauma ..awal 2018 mengenal seseorang dr medsos..malah kena tipu.. astaghfirullah Al adzim..
    Sungguh Ki saya sedih…
    Sisi lain saya harus menjadi tulang punggung anak saya yg sekolah jg mondok..sisi lain saya harus melunasi hutang hutang saya..
    Sungguh saya terpuruk Ki.
    Mohon pencerahannya..agar saya terbebas semua masalah ini..
    Dan bisa segera mendapatkan jodoh yg mampu membimbing jg sbgi imam yg baik buat keluarga saya kedepannya seperti harapan ibu dan anak saya

  4. Ki kalau berguru secara langsung prosedurnya gimana ki…

    Shomamudvayne@gmail.com

  5. Ki kalau berguru secara langsung prosedurnya gimana ki…
    Shomamudvayne@gmail.com

  6. assalamu alaikum Ki Umar,
    smoga Ki umar sehat selalu, blog ini dah lama of, dn baru skarang saya tau kalo blog ini sah aktif lg, saya hermawan pewaris kurikulum lama dari lampung

  7. Assalamualaikum ki
    bagaimana mahu belajar bersama dengan ki melalui online @ email
    iqmaster2409@yahoo.com

  8. Assmualaikum wr wb.. saya Dede Santana fari Tangerang, mohon maaf, ada prihal yang ingin sangat saya utarakan kepada Pak Kyai, sekiranya Pak Kyai berkenan memberikan pencerahan kepada sya yg miskin ilmu ini,

    1. Pengijazahan
    Di hampir setiap postingan amalan dari Pak Kyai sudah di ijazahkan secara umum bagi para pembaca, yang ingin saya tanyakan, dan pengijazahan khusus kepada para pewaris.. apa perbedaannya? Apakah tajrib nya? Ataukah ada perbedaan yang lain?

    Sejujurnya saya ingin menjadi pewaris, namun di karenakan saya belum mampu dalam soal keuangan..

    Mohon pencerahaan pak kyai..
    Terimakasih

    Wassalamua’alaikun.. 🙏

  9. no tlp yg bisa di hubungi

  10. Assalamualaikum guru ki umar..izinkan saya beramal dgn ilmu dr blog rasa sejati ini..terima kasih.


Silahkan Bertanya & Berdiskusi dengan Sopan :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: